999 +
0
33
0
5 Tips Pakai Earphone Agar Tak Ganggu Kesehatan Telinga
2 months 'ago'

Pasti banyak banget TemanBaik yang suka pakai earphone untuk dengarkan radio dan musik kesukaan, iya enggak? Penggunaan earphone yang praktis dan nyaman bikin orang-orang memilih menggunakannya untuk dengarkan lagu ketika bekerja, menemani di perjalanan, berolahraga dan lainnya.

Tapi kamu harus waspada loh , penggunaan earphone yang tidak benar bisa berakibat buruk pada kesehatan telinga. Biar kamu tetap aman dan nyaman saat pakai earphone tanpa mengganggu kesehatan telinga, terapkan beberapa tips berikut ya!

Jangan  Dengarkan dengan Volume Maksimal
Mendengarkan musik dengan volume terlalu kencang dapat berdampak buruk bagi pendengaran. Berdasarkan penelitian MRC Institute of Hearing Research, rata-rata volume normal penggunaan earphone sebesar 95-105 desibel. Lebih dari itu sudah jadi polusi suara yang bisa berbahaya bagi pendengaran.

Rutin Bersihkan Earphone
Benda yang jarang dibersihkan bisa jadi sarang bakteri untuk berkembang. Enggak mau dong pakai earphone yang banyak bakteri? Earphone yang kotor bisa berdampak buruk pada kesehatan telinga. Jadi mulai rutin membersihkan earphone kamu ya TemanBaik. 

BACA JUGA : 

7 Cara Tersehat Pakai Earphone Biar Gak Sakit Telinga dan Berdengung

5 Cara Mudah Merawat Earphone Agar Tidak Cepat Rusak

Terapkan Kebiasaan 60/60
Biasakan mendengarkan musik lewat earphone dengan trik 60/60, yakni tidak mendengarkan musik lebih dari 60 menit dalam sehari dan 60 persen dari volume maksimal. Kekuatan suara lebih dari 85 desibel atau setara dengan suara buldoser dapat mempengaruhi pendengaran. 

Jangan Pakai Lebih dari 8 Jam
Demi kesehatan telinga, jangan dengarkan musik dengan earphone selama 8 jam nonstop ya. Berikan waktu buat telinga kamu beristirahat. Kalau kamu memang terbiasa mendengarkan musik setiap saat, maka sebaiknya menggunakan speaker saja. 

Jangan Biasakan Pakai Sampai Tidur
TemanBaik juga tidak disarankan menggunakan earphone sampai ketiduran. Saat tertidur, telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone. Ada juga dugaan kalau mendengarkan lagu saat tidur dengan earphone membuat otak kurang maksimal beristirahat, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dikhawatirkan dapat merusak sel-sel pada otak. 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow