999 +
0
20
0
Simak, 7 Cara Membersihkan Earphone yang Kotor
4 weeks 'ago'

Penggunaan earphone saat ini sudah lumrah digunakan oleh banyak orang. Bentuk dari earphone sendiri memiliki banyak modelnya. Mulai dari model kabel colokan sampai model wireless. Sayangnya, banyak orang yang sering mengabaikan kebersihan earphone itu sendiri. Sebab, earphone yang kotor akan berdampak buruk pada kesehatan telinga. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan telinga Anda, berikut beberapa cara membersihkan earphone yang mudah dilakukan.

1. Minyak Kayu Putih

Siapa yang menyangka kalau Minyak kayu putih dapat membersihkan earphone. Minyak kayu putih pada dasarnya dapat membersihkan berbagai macam benda terutama benda-benda yang berwarna putih. Misalnya saja cara membersihkan casing laptop yang lengketcara membersihkan keyboard laptop putih, atau cara membersihkan layar laptop dengan minyak kayu putih. Seperti yang telah kita ketahui bahwa earphone yang berwarna putih mudah kotor dan juga mudah menguning.

Untuk itu, Anda dapat bersihkan kabel memakai kayu putih karena cukup ampuh agar dapat mengangkat kotoran yang selalu menempel pada kabel. Meskipun dari sisi warna tidak akan secerah saat pertama kali membeli earphone, akan tetapi, hal ini dapat mengurangi bagian kotor pada earphone. Caranya sendiri cukup mudah, pertama siapkan kapas dan minyak kayu putih. Setelah itu, tuangkan minyak kayu putih ke dalam kapas secukupnya saja. Lakukan penggosokan pada kabel dan juga bagian earbud sampai benar-benar putih kembali. Setelah iu, keringkan earphone dan nantinya akan dapat digunakan kembali.

2. Pasta dan sikat gigi

Cara termudah lainnya adalah menggunakan pasta serta sikat gigi yang berada di kamar mandi. Sikat gigi ini sangat baik dilakukan untuk membersihkan lubang-lubang yang berada di dalam earphone milik Anda. Cara untuk memberihkan bagian lubang earphone adalah siapkan saja sikat giginya yang tidak terpakai. Kemudian sikatlah pada bagian luabng-lubangnya dengan memposisikan sikat gigi agak ke bagian bawah. Persiapkan juga selembar kertas sebagai alas agar nantinya dapat menampung berbagai kotoran yang jatuh.Pasta gigi pun dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan bagian kabel yang terasa kotor. Caranya adalah keluarkan pasta sedikit saja. Setelah itu, oleskan pada kabel dan gunakan sedikit air sehingga kabel dapat bersih kembali.

3. Baby oil

Apabila Anda tidak suka dengan bau menyengat dari minyak kayu putih, Anda bisa menggunakan cara lain, yakni menggunakan baby oil. Baby oil pun juga bisa menjadi alternatif yang pas. Caranya pun sama dengan cara pada kayu putih. Pertama tuangkan baby oil pada kapas secukupnya saja. Setelah itu, gosokan bagian kabel earphone serta erabud menggunakan kapas yang sudha ditetesi baby oil tadi. Keringkan earphone dan nantinya dapat digunakan kembali.

4. Desinfektan

Desinfektan merupakan cairan kimia yang dapat membubuh mikroorganisme di dalam benda mati. Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan campuran cairan desinfektan dengan air hangat. Ukurannya sendiri 30% desinfektan dan 70% air hangat. Siapkan juga kain semacam microfiber untuk dapat membersihkan earbud atau pada bagian kabel earphone. Pada saat membersihkannya nanti, pastikan Anda berhati-hati agar tidak ada air yang masuk ke dalam earbud.

5. Penghapus

Mungkin Anda cukup kaget dengan bagian ini, namun faktanya penghapus yang biasa digunakan untuk menghapus tulisan ini bisa juga digunakan untuk membersihkan kabel earphone dengan mudah. Caranya sendiri adalah gosokan kabel-kabel pada earphone sampai benar-benar bersih. Pastikan Anda menggunakan kertas untuk menampung kotoran-kotoran hasil dari penghapus tadi.

6. Cotton Buds

Cotton buds merupakan salah satu benda yang sering digunakan untuk membersihkan telinga dari berbagai kotoran. Ternyata cotton buds ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bagian sela-sela lubang headset. Caranya sendiri cukup mudah, pertama siapkan cotton buds dan sentuhlah pada lubang earphone secara pelan-pelan.

7. Pemutih

Cara lainnya adalah dengan cairan pemutih, Anda bisa menggunakan pemutih ini untuk membersihkan bagian-bagian earphone yang mulai menguning. Meskipun hasilnya tidak putih bersih seperti saat pertama kali beli, namun cari ini dapat membuat kabel menjadi lebih bersih.

Caranya sendiri adalah siapkan semprotan untuk menggunakan pemutih ini. masukan cairan pemutih pada semprotan yang sudah disiapkan tadi. Sebelumnya tutupi dulu bagian earbud menggunakan kain atau plastik agar cairan pemutih tidak masuk ke dalam earbud. Semprotkan secukupnya pada earbud lalu lap menggunakan kain hingga benar-benar bersih.

Itulah 7 cara membersihkan earphone yang mudah dilakukan. Perawatan terhadap earphone ini juga termasuk ke dalam bagian penting yang wajib dilakukan. Ada beberapa kasus yang menimpa beberapa orang seperti sakit telinga bahkan beberapa penyakit berbahaya lainnya hanya karena kurangnya kebersihan saat menggunakan earphone. Apabila earphone yang digunakan saat ini sudah benar-benar kotor dan tidak bisa dibersihkan lagi, sebaiknya Anda pertimbangkan tips memilih earphone sebelum membelinya. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
Lencana
Kongkow