Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Salah Mengirimkan Surat Lamaran Kerja. Duh, Banyak Typo-nya!

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Salah Mengirimkan Surat Lamaran Kerja. Duh, Banyak Typo-nya!

- Sabtu, 21 September 2019 | 05:21 WIB
5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Salah Mengirimkan Surat Lamaran Kerja. Duh, Banyak Typo-nya!

Demi mendapatkan pekerjaan idaman, semua hal perlu dipersiapkan dengan matang, termasuk surat lamaran dan CV. Seiring perkembangan zaman, surat lamaran pun kini bisa dikirimkan melalui email. Namun terkadang hal ini justru bikin seseorang teledor dan salah mengirimkan dokumennya.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika salah mengirimkan dokumen? Nggak perlu panik, beberapa hal berikut bisa kamu lakukan jika terlanjur melakukan kesalahan saat mengirimkan surat lamaran. Namun, bukan berarti kamu boleh terus teledor dan melakukan kesalahan yang sama terus-menerus, ya!

1. Saat menemukan kesalahan dalam mengirimkan lamaran kerja, usahakan untuk tetap tenang dan nggak panik

Biasanya ketika melakukan kesalahan, orang jadi mudah panik dan stres. Padahal harusnya nggak perlu begitu. Kamu diharapkan untuk tetap tenang supaya bisa berpikir jernih dan melakukan pembaharuan segera. Tenang, semua orang pernah melakukan kesalahan kok.

2. Jika dirasa sudah cukup tenang, periksa kembali surat lamaranmu dengan lebih hati-hati

Ini wajib dilakukan untuk mengetahui letak kesalahan yang kamu lakukan. Kalau tahu salahnya di mana, kan jadi tahu juga harus seperti apa setelahnya. Nggak perlu buru-buru, periksa kembali dengan pelan dan hati-hati, agar nggak ditemukan kesalahan lagi setelahnya.

3. Kalau kamu hanya menemukan kesalahan kecil seperti salah ketik, abaikan saja

Jika kamu hanya menemukan kesalahan kecil seperti salah ketik di kalimat, abaikan saja. Bisa jadi perekrut juga nggak melihat kesalahan yang kamu lakukan kok. Memang, perekrut nggak menyukai surat lamaran yang salah ketika saat pertama kali membaca. Namun, jika kamu mampu menunjukkan pengalaman kerja dan keterampilan yang baik, bisa jadi perektur akan mengabaikan salah ketik di surat lamaranmu.

4. Namun, jika kamu menemukan kesalahan yang cukup besar seperti belum mengisi alamat atau posisi yang dilamar, kirim kembali surat lamaranmu

Tapi, jika kesalahan yang kamu lakukan cukup fatal, wajib hukumnya untuk membuat surat pembaharuan lamaran kembali. Ini dilakukan supaya perekrut tetap memahami apa yang kamu maksud dari surat lamaranmu. Dengan mengirimkan kembali surat lamaran, kamu juga akan merasa lebih lega nantinya karena kesalahanmu sudah diperbaiki.

5. Saat mengirimkan kembali surat lamaran, usahakan untuk melakukan pengecekan ulang. Jika ada lampiran yang belum kamu lampirkan, kirimkan kembali beserta pembaruan surat lamaran ini

Saat mengirimkan kembali surat lamaran, usahakan untuk mencantumkan permintaan maaf juga di email-nya. Segera perbarui dokumen lamaranmu yang salah, agar saat perekrut melakukan pengecekan, kamu sudah mengirimkan dokumen yang baru.

Sekarang, nggak perlu panik jika kamu salah mengirimkan surat lamaran kerja. Kuncinya, tetaplah tenang agar kamu bisa memperbaiki kesalahan yang dilakukan. Cara di atas bisa kamu coba, jika ingin terlihat lebih sopan dan profesional saat melamar pekerjaan. 

Cari Artikel Lainnya