999 +
0
60
0
8 Kondisi Tangan ini Jadi Pertanda Gangguan Kesehatan. Genggaman Erat, Tandanya Jantung Sehat
2 months 'ago'

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang biasa digunakan untuk beraktivitas. Saking seringnya digunakan, kita jadi nggak sadar kalau kondisi tangan ternyata menyimpan rahasia dalam tubuh kita. Yup, dari kondisi fisik tangan, kita bisa mengetahui beberapa masalah kesehatan yang terjadi dalam tubuh lo!

Berikut beberapa tanda kesehatan yang ditunjukkan melalui tangan. Pahami, supaya kamu lebih tahu cara memperlakukan tubuhmu nantinya.

1. Pergelangan tangan yang berubah warna menjadi ungu bisa jadi tanda yang menunjukkan bahwa sistem imun di tubuhmu sedang bereaksi

Bintil-bintil ungu dan gatal di pergelangan tangan ini disebabkan oleh adanya gejala dari peradangan yang biasa disebut dengan lichen planus. Meski tampak seperti penyakit menular, bintil ungu ini nggak seberbahaya itu kok! Kondisi ini justru wajar terjadi apalagi kalau kamu habis disuntik vaksin flu atau tengah mengonsumsi obat resep untuk tekanan darah tinggi, artritis, atau pereda nyeri.

2. Suka mengigit kuku merupakan suatu tanda bahwa seorang tersebut mengidap OCD

Bukan sekadar kebiasan jelek, suka mengigit kuku ternyata merupakan suatu tanda bahwa kamu mengidap kelainan OCD (Obsessive Compulsive Disorder) atau kelainan psikologis yang memengaruhi pikiran dan perilaku penderitanya. Kalau jari yang digigiti sudah sampai berdarah, baiknya segera hubungi dokter agar bisa ditangani, ya!

3. Kuku yang tipis dan berwarna pucat menjadi tanda bahwa kamu tengah mengalami anemia

Anemia merupakan penyakit akibat kekurangan zat besi yang membuat kuku menjadi pucat akibat kekurangan sel darah merah. Jika nggak diobati, kuku akan berbentuk lebih cekung dan tubuh pun jadi mudah lemas.

Tingkatkan asupan makanan yang kaya zat besi seperti bayam, daging merah, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Jangan lupa juga konsumsi suplemen penambah zat besi dan vitamin penambah darah, ya!

4. Kekurangan hormon tiroid yang kamu alami bisa dilihat dari kondisi kuku yang berubah warna. Biasanya, perubahan ini juga dibarengi dengan jari yang membengkak

Jika jari bengkak berlangsung seharian, kamu patut waspada, barangkali kamu kekurangan hormon tiroid. Proses metabolisme dalam tubuh pun juga akan menurun seiring berkurangan hormon tiroid. Akibatnya, tubuh mengalami pertambahan berat badan akibat kelebihan air.

Kalau kamu mengalami, lakukan pemeriksaan tiroid secara rutin dengan melakukan tes darah untuk mengukur tingkat Thyroid-Stimulating Hormone atau TSH.

5. Adanya garis atau titik hitam di bawah kuku juga bisa menjadi tanda bahwa kamu terserang kanker kulit melanoma

Kanker melanoma merupakan salah satu jenis kanker yang cukup ganas dan berbahaya. Kanker ini berkembang di melanosit yang merupakan sel pigmen dalam kulit yang berfungsi untuk menghasilkan melanin. Nah, melanin inilah yang membuat kulit terhindar dari bahaya sinar ultaviolet. Kalau melanin berkurang, kulit jadi rentan terserang penyakit salah satunya ialah kanker ini.

6. Jika kamu melihat ujung jarimu membesar nggak normal, itu tandanya ada masalah yang terjadi di pernapasanmu

Selain penebalan, biasanya terlihat juga pembulatan kuku sehingga jari-jari tampak lebih melengkuk ke bawah. Penyebabnya ialah sistem peredaran darah dari jantung dan paru-paru tengah mengalami gangguan. Akibatnya kadar oksigen pun menurun dan membuat bantalan jari di tangan dan kaki menebal.

Saat ini terjadi, kemungkinan kamu juga akan mengalami gejala sesak napas atau batuk kronis. Segera temui dokter untuk memeriksakan kondisi paru-paru dan jantungmu secara menyeluruh, ya!

7. Panjang jari juga dapat digunakan untuk mengukur risiko kanker yang akan menyerang tubuhmu

Peneliti mengungkap, panjang jari ini memengaruhi jumlah hormon testosteron dan estrogen di dalam tubuh. Jari manis yang lebih panjang bisa mengindikasikan paparan testosteron yang tinggi, sementara itu jari telunjuk yang lebih panjang menunjukkan paparan estrogen yang lebih tinggi.

Nah, estrogen sendiri merupakan bahan bakar kanker payudara, jadi jika seorang wanita memiliki jari telunjuk yang lebih panjang, bisa jadi risiko kanker payudaranya pun jadi lebih tinggi. Pada pria, testosteron yang lebih banyak terkait risiko kanker prostat yang lebih tinggi.

8. Bahkan kekuatan genggaman juga bisa mengindikasi penyakit yang ada di dalam tubuhmu

Kekuatan genggaman bisa menjadi indikasi seberapa sehat kondisi tubuhmu. Genggaman yang kuat dikaitkan dengan fungsi jantung yang baik ketika nggak dalam keadaan stres. Sebaliknya, genggaman tangan yang lemah bisa mengindikasikan adanya penyakit dalam tubuh.

Penelitian mengungkap, genggaman lemah memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Kekuatan tangan merupakan penanda kencangnya otot di kaki dan tangan dan juga bisa terkait dengan nutrisi tubuh secara keseluruhan.

Setelah melihat tanda-tanda kesehatan yang terjadi pada tubuhmu, kamu diwajibkan untuk melakukan pola hidup yang lebih sehat. Hal ini dilakukan agar sirkulasi darah dalam tubuh bisa mengalir lebih lancar. Nah, kalau darah lancar, tubuh jadi akan lebih sehat dan bugar sepanjang hari kan?

Follow Us On :
Lencana
Kongkow