Home » Kongkow » kongkow » Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-an. Mau Bernostalgia ?

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-an. Mau Bernostalgia ?

- Jumat, 20 September 2019 | 15:30 WIB
Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-an. Mau Bernostalgia ?

Apakah kamu pernah bernostalgia ke masa kecil? Mulai dari nostalgia permainan-permainan sampai ke tontonan favorit kita saat kecil dulu.

Biasanya nostalgia budaya pop terjadi diusia 20 atau 30 tahun. Itulah sebabnya mengapa kita sering bernostalgia di masa 90-an dan 2000 awal. Sebagai generasi yang lahir di tahun 90an, kita seringkali menonton acara-acara tv atau kartun di tahun 2000-an untuk sekedar mengenang indahnya masa kecil.

Kartun yang sering kita lihat di televisi tahun 2000-an mungkin tidak seikonik kartun tahun 80-an dan 90-an, walau nyatanya banyak kartun dari '00-an yang terus menempel di ingatan kita.

Beberapa kartun ini begitu "jenius" dan beberapa tidak seharusnya menjadi tontonan anak-anak. Di Indonesia sendiri, kartun-kartun dari berbagai program TV luar negeri rajin ditayangkan oleh stasiun televisi setiap harinya.

Dari sekian banyak program TV, Nickelodeon menjadi salah satu program favorit anak-anak di tahun 2000-an. Berikut 10 kartun Nickelodeon favorit anak 2000-an.

1. Avatar: The Last Airbender

variety.com

Petualangan Aang dan kawan-kawannya ini memang selalu menemani para anak 2000-an di pagi hari. Ketika banyak kartun Amerika mengambil inspirasi visual dari anime lawas, Avatar justru menjadi kartun Amerika pertama yang bisa memadukan gaya anime (walau lebih condong ke gaya Amerika) dengan cerita yang kompleks.

Istilah Avatar sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Avatāra, yang berarti "turun". Dalam mitologi Hindu, para dewa memanifestasikan dirinya dengan turun menjelma ke dunia untuk mengembalikan keseimbangan di muka bumi setelah mengalami zaman kejahatan, dan mereka disebut Sang Avatar.

Avatar mendapat banyak pengaruh dari budaya Asia, hal ini bisa dilihat dari pakaian, seni bela diri, dan agama yang ada di kartun ini.

2. Fairly OddParents

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-anpolygon.com

Kartun yang bercerita tentang seorang bocah bernama Timmy Turner dan dua orang tua perinya, Cosmo dan Wanda, ini ternyata sangat populer di negara asalnya loh. Bahkan Fairy OddParents menjadi acara yang paling dinikmati di Amerika setelah SpongeBob SquarePants.

Total sudah 10 musim seri ini berjalan sejak episode pertamanya yang rilis tahun 2001. Dengan cerita yang mengocok perut di setiap episodenya, Fairy OddParents menjadi salah satu kartun favorit anak 2000-an.

3. Dora the Explorer

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-an

rojakdaily.com

Dora the Explorer adalah sebuah kartun animasi dari Amerika Serikat, dan disiarkan pertama kali pada tanggal 14 Agustus 2000. Kartun ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak perempuan bernama Dora yang suka berpetualang bersama sahabatnya yang bernama Boots.

Perkataan Dora seperti, "Katakan peta""apakah kalian melihat istana dibalik gunung itu?", atau "swiper jangan mencuri!" pasti selalu teringat di benak anak 2000-an.

4. CatDog

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-an

popsugar.com

CatDog diciptakan oleh Peter Hannan dan disiarkan pertama kali pada tanggal 4 April 2008 hingga 22 September 2011. CatDog menceritakan tentang kehidupan seekor kucing dan anjing yang mempunyai tubuh yang menyatu. Mereka hidup bersama di sebuah rumah yang berbentuk tulang dan ikan.

Selama mereka hidup bersama, kejadian unik sering terjadi pada kehidupan mereka dikarenakan kepribadian mereka yang berbeda. Hal-hal sepele seperti memilih jalan yang akan dilalui atau toko yang akan dimasuki bisa membuat mereka bertengkar dan menambah kelucuan dari sosok anjing dan kucing ini.

5. Danny Phantom

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-anamazon.com

Danny Phantom menceritakan kisah tentang seorang anak laki-laki bernama Danny yang tidak sengaja mendapatkan kekuatan hantu. Sejak saat itu Danny dikenal sebagai pahlawan pembasmi hantu, dan menjaga identitas pahlawan miliknya bersama dua temannya.

Bersama dengan keluarga pemburu hantunya yang "nyentrik", Danny Phantom berhasil menyajikan hiburan yang mengocok perut anak-anak di tahun 2000-an.

6. Jimmy Neutron

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-animdb.com

The Adventures of Jimmy Neutron: Boy Genius atau lebih kita kenal dengan Jimmy Neutron, menceritakan tentang anak SD yang memiliki kepintaran luar biasa. Bagaimana tidak, di umurnya yang terbilang masih kanak-kanak Jimmy bisa menciptakan barang-barang berteknologi canggih.

Bagi anak 2000-an, kisah keseharian Jimmy bersama teman-temannya di kota Retroville sudah menjadi tontonan sehari-hari selepas pulang sekolah atau hari libur.

7. Blues Clues

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-ansimplemost.com

Blues Clues adalah sebuah film yang disisipkan animasi di dalamnya, dan disiarkan pertama kali pada tanggal 8 September 1996 hinggal 2006 di TV Nickelodeon.

Film ini hampir mirip dengan film Dora the Explorer, yang membedakannya adalah Blues Clues adalah sebuah tayangan edukasi yang dibuat lebih interaktif kepada para penontonnya yang masih anak-anak. Mereka diajak membantu pemeran utama dan anjingnya yang berwarna biru, Blue, untuk menyelesaikan masalah dengan mencari-cari petunjuk, agar masalah cepat terselesaikan.

Tahukah kamu setelah Blues Clues tamat, pemeran Steve dalam film ini, Steve Burns, menjadi seorang musisi dan masih aktif bermusik sampai saat ini.

8. The Wild Thornberrys

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-anmtv.com

The Wild Thornberrys adalah kartun dari Amerika Serikat yang diproduksi oleh Klasky Csupo. Di Indonesia, film ini pertama kali ditayangkan di Lativi sebelum pindah tayang ke Global TV. The Wild Thornberrys menceritakan petualangan dari keluarga Thornberry yang suka menjelajalahi dunia dan benar-benar diadaptasi dari kehidupan alam liar.

Keluarga Thornberry terdiri dari Eliza, gadis kecil yang sangat mencintai lingkungan, yang dapat berkomunikasi dengan binatang lewat bahasa manusia. Nigel, ayah dari Eliza, selalu membuat film dokumenter tentang kehidupan alam liar di setiap perjalanannya. Marianne, ibu dari Eliza, berperan sebagai kameramen.

Debbie, kakak Eliza, berperan sebagai kakak pada umumnya, anak remaja yang mempunyai ketertarikan pada dunia fashion. Lalu ada Darwin, seekor simpanse peliharan keluarga Thornberry, dan yang terakhir adalah Donnie, seorang anak hutan yang dibesarkan oleh orang utan di hutan Kalimantan, yang kemudian diadopsi oleh keluarga Thornberry.

The Wild Thornberrys menunjukkan asyiknya menjelajahi dunia dan mendokumentasikannya, serta memberikan satu pelajaran penting, bahwa setiap manusia harus mencintai lingkungannya.

9. Rugrats

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-an

latimes.com

Rugrats adalah sebuah film kartun yang menceritakan petualangan kelompok anak-anak kecil bernama Tommy, Chuckie, Phil, Lil, Angelica, Susie, Dylan, Kimi dan seekor anjing bernama Spike.

Petualangan tersebut dibuat oleh imajinasi dari setiap anak kecil, sehingga terdapat beberapa petualangan yang berbeda sesuai dengan karakter si anak. Rugrats sering ditayangkan di Lativi pada awal tahun 2000-an, dan menjadi salah satu kartun dengan jumlah episode terbanyak.

Rugrats memperoleh lebih dari 20 penghargaan setelah tayang selama 13 tahun, termasuk 4 Emmy Awards, 6 Kids 'Choice Awards, dan bintang di Hollywood Walk of Fame.

10. Hey Arnold!

Selain Spongebob, Ini 10 Kartun Nickelodeon Favorit Anak 2000-antwitter.com/HeyArnoldMovie

Hey Arnold! adalah sebuah film kartun Amerika Serikat yang diciptakan oleh Craig Bartlett, dan pertama kali disiarkan pada tanggal 7 Oktober 1996 sampai dengan 8 Juni 2004. Film ini menceritakan tentang seorang seorang anak SD bernama Arnold yang tinggal bersama dengan nenek dan kakeknya disebuah kota yang besar.

Hey Arnold! menceritakan bagaimana kehidupan Arnold dikota besar dengan berbagai permasalahan yang harus ia hadapi bersama dengan teman-temannya.

Yuk, siapkan pop corn dan sofa yang nyaman untuk bernostalgia dengan 10 kartun nickelodeon di atas!

Cari Artikel Lainnya