Home » Kongkow » kongkow » Mana yang Lebih Berbahaya, Saat Pesawat Lepas Landas atau Mendarat?

Mana yang Lebih Berbahaya, Saat Pesawat Lepas Landas atau Mendarat?

- Selasa, 17 September 2019 | 13:41 WIB
Mana yang Lebih Berbahaya, Saat Pesawat Lepas Landas atau Mendarat?

Sebuah pesawat mendarat di bandara internasional Ngurah Rai. Foto: Sonny Tumbelaka / AFP

Momen critical eleven atau sebelas menit paling kritis di dalam pesawat kerap mendebarkan. Bagaimana tidak, tiga menit setelah pesawat take off dan delapan menit sebelum landing menjadi waktu krusial karena bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.

Namun sebenarnya, mana yang lebih berbahaya, saat pesawat lepas landas atau landing?

Dilansir dari USA Today, John Cox, pensiunan pilot maskapai asal Amerika Serikat yang juga konsultan keselamatan penerbangan mengatakan bila keduanya sama-sama berbahaya.

Ilustrasi pesawat terbang Foto: Doc. Pixabay.com

“Lepas landas dan mendarat merupakan kondisi dimana pesawat berada lebih dekat dengan tanah, dengan kecepatan lebih lambat, namun lebih banyak manuver yang terjadi, dan ada lebih banyak pesawat di wilayah udara,” katanya 

Berdasarkan studi statistik, Boeing menganalisis penerbangan komersial kemudian dari hasil analisa tersebut menyimpulkan bahwa 16 persen kecelakaan terjadi saat lepas landas. Sementara 29 persen sisanya pendaratan.

Momen lepas landas sedikit lebih berbahaya karena pesawat terisi bahan bakar penuh dan mesin berada dalam kekuatan penuh. Maka dari itu, apabila kehilangan kontrol, pilot hanya memiliki sedikit pilihan.

Pesawat Boeing 737 400. Foto: Shutter Stock

Sedangkan saat mendarat memiliki risiko yang lebih rendah. Pasalnya, pesawat bisa menentukan pendaratan di tempat kosong dan pilot juga masih punya waktu untuk merencanakan sesuatu jika ada terjadi kesalahan.

Terlepas dari itu baik mendarat maupun lepas landas sama-sama berbahaya. Keduanya memiliki risiko besar dan tantangan tersendiri bagi para pilot.

Untuk itu, Cheryl Schwartz, pensiunan pramugari dari United Airlines mengatakan bila berada dalam penerbangan penting untuk mengetahui letak pintu darurat. Saat duduk di pesawat, jangan lupa untuk menghitung seberapa jauh jarak menuju emergency exit.

Pesawat Lion Air. Foto: AFP/Adek Berry

Dan walaupun critical eleven jadi momen krusial, kamera memang sengaja tidak dipasang di ujung landasan pacu. Sebab, hasil terbaik berasal dari Perekam Data Penerbangan Digital, alat tersebut dapat menentukan penyebab kecelakaan atau insiden yang mencakup data dari banyak sumber.

 

Cari Artikel Lainnya