Home » Kongkow » kongkow » Mengenal Budaya Indonesia

Mengenal Budaya Indonesia

- Sabtu, 14 September 2019 | 17:21 WIB
Mengenal Budaya Indonesia

 

Keragaman Budaya

Bicara soal budaya indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Keragamannya mulai dari agama, suku, etnis, tarian dan masih banyak lagi dan dari wilayah ke wilayah lainnya sudah berbeda adat istiadatnya. Hal ini juga yang sering menarik perhatian dunia. Wisatawan asing yang berkunjung ke indonesia pasti akan terkesan dengan keragaman budaya di indonesia ini.

Budaya di indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus kita jaga. Indonesia sendiri sudah terkenal akan keragaman budaya. Maka tidak heran jika warga negara asing justru banyak yang rela bersekolah kebudayaan indonesia dan menetap di indonesia. Kita sebagai warga negara indonesia harus bangga dan membantu untuk tetap melestarikannya.

Untuk menambah wawasan anda di bawah ini akan dijelaskan beberapa budaya di indonesia yang menjadi sorotan masyarakat warga negara asing. Perlu anda ketahui bahwa beberapa kebudayaan indonesia juga sudah diakui oleh UNESCO. Nah mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

1. Batik Indonesia

Budaya Indonesia

Batik merupakan hasil karya indonesia yang sekarang ini sudah mendunia. Banyak sekali artis-artis luar negeri yang memakai baju dengan motif batik untuk menghadiri acara-acara ternama. Selain itu batik juga sudah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri-khas motif yang berbeda-beda. Dan jenis batik sendiri sekarang juga sudah beragam mulai dari batik tulis dan batik cetak. Dulunya batik dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis. Namun sekarang sudah ada alat batik dengan menggunakan cetakan yang sering anda kenal dengan sebutan batik cetak.

2. Seni Budaya Wayang Kulit

Budaya Indonesia

Budaya indonesia yang kedua yang sudah diakui UNESCO dan banyak juga para turis tertarik mempelajarinya yaitu Wayang Kulit. Budaya yang berasal dari jawa khususnya jawa tengah ini sangat menarik. Wayang kulit merupakan budaya dari masyarakat jawa yang terdiri dari dalang, penyanyi atau sinden dan para pemain musik gamelan.

Selain sebagai budaya, wayang kulit juga pernah dijadikan media penyebaran islam di indonesia oleh salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kalijogo. Biasanya pertunjukan wayang kulit menceritakan merupakan cerita dari para kesatria-kesatria Perwayangan seperti Punokawan, Ramayana, Mahabharata.

3. Seni Musik Gamelan

Budaya Indonesia

Gamelan merupakan perkumpulan dari beberapa alat musik tradisional indonesia yang digunakan untuk mengiringi suatu pertunjukan. Seperti tari,tradisional, wayang dan masih banyak lagi. Gamelan ini terdiri dari alat musik seperti gong, gambang, angklung, saron.

Suara yang dihasilkan dari alat-alat ini akan menimbulkan suara yang sangat khas. Banyak juga warga negara asing yang juga belajar bermain gamelan. Bahkan di beberapa pertunjukan mereka juga ikut berperan di dalamnya. Nah kita sebagai warga negara indonesia seharusnya juga mempunyai semangat yang sama dengan mereka. Jangan sampai budaya ini luntur dan malah banyak warga negara asing yang menguasainya.

4. Alat Musik Angklung

Budaya Indonesia

Alat musik angklung merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Suara dari angklung ini sangat khas dan setiap ukuran angklung mempunyai hasil suara yang berbeda. Asal angklung ini dari jawa barat dan terbuat dari bambu.

Karena alat ini sangat menarik dan unik, alat ini hampir pernah dicuri oleh negara tetangga. Makannya sekarang sudah didaftarkan dan sudah diakui oleh UNESCO bahwa angklung ini merupakan warisan budaya yang berasal dari jawa barat indonesia. Alat ini juga digunakan untuk mengiringi beberapa pertunjukan seni tari seperti Reog.

Alat musik angklung menjadi salah satu budaya Indonesia yang wajib kita lestarikan. Angklung saat ini sudah dikenal sampai ke mancanegara karena memang unik dan khas sehingga banyak yang menyukai keindahan bunyi yang dihasilkan dari musik angklung ini.

5. Seni Tari Saman Aceh

Budaya Indonesia

Tari Saman merupakan tarian dari daerah Aceh yaitu Suku Gayo. Tari ini memperlihatkan gerakan dari para penarinya dengan gerakan yang sangat cepat dengan diiringi Syair khas aceh. Tarian ini biasanya digunakan dalam peristiwa atau acara penting.

Tari Saman sudah diakui juga oleh UNESCO.  Beberapa nama dari Tari Saman yaitu kirep, guncang, surang-saring-linggang yang berasal dari bahasa Suku Gayo. Sedangkan syair yang dinyanyikan berasal dari campuran bahasa Gayo dan arab.

Tarian ini didirikan oleh Syejh atau ulama daerah setempat yaitu Syekh Saman dari Suku Gayo. Itulah kenapa dijuluki Tari saman karena pendirinya juga bernama Saman. Masih ada tarian lain yang juga sangat indah jika ditampilkan dan juga sudah diakui oleh dunia seperti tari pendet, tari kecak dan masih banyak lagi.

6. Lagu Rasa Sayange Dan Lagu Jali-Jali

Budaya Indonesia

Betapa sangat kaya negara indonesia ini akan budayanya. Selain tarian dan alat musik yang sudah banyak diakui sebagai warisan dunia, lagu tradisional pun juga diakui UNESCO seperti lagu jali-jali dan rasa sayange. Lagu rasa sayange berasal dari Maluku yang merupakan ungkapan rasa sayang antara para masyarakat Maluku.

Lagu ini juga pernah diklaim dan diakui oleh negara tetangga. Namun negara kita berhasil memperthankannya. Ada juga lagu jali-jali yang merupakan lagu asal Betawi. Lagu ini merupakan sebuah peninggalan budaya yang perlu dilestarikan juga. Jangan sampai diklaim lagi oleh negara lain sebagai peninggalan budaya nenek moyang mereka.

7. Taman Nasional Komodo NTT

Budaya Indonesia

Komodo merupakan salah satu hewan langka yang berasal dari indonesia. Karena kesadaran akan menjaga dan melestarikannya maka dibuatlah taman khusus Komodo yaitu taman nasional Komodo yang berada di pulau Komodo nusa tenggara timur. Hewan ini berbentuk seperti kadal namun dalam ukuran yang sangat besar.

Untuk mengapresiasikan didirikannya taman ini maka UNESCO mengakuinya sebagai salah satu warisan dunia yang harus dijaga kelestariannya.  Selain taman Komodo ada juga Taman Ujung Kulon yang digunakan untuk melestarikan badak bercula satu yang berasal dari Ujung Kulon yang juga sudah diakui oleh UNESCO.

8. Senjata Keris

Budaya Indonesia

Keris merupakan alat atau senjata untuk duel dari jawa. Namun sekarang ini keris sudah jarang digunakan untuk berduel. Sekarang lebih digunakan untuk acara mantenan yang biasanya akan digunakan sebagai aksesoris oleh calon pengantin pria dengan diselipkan di belakang.

Senjata keris ini berbentuk runcing namun berlekok diujungnya. Banyak juga keris ini dijadikan barang antik dan jadi koleksi para seniman. Orang yang membuat keris mempunyai sebutan tersendiri yaitu empu. Sedangkan keris ini juga beragam tergantung asal keris tersebut. Meskipun asalnya dari jawa namun keris ini juga berkembang di Nusa Tenggara, Madura dan Sulawesi.

Demikian tadi merupakan beberapa peninggalan budaya indonesia yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Seperti yang sudah dijelaskan diatas beberapa budaya indonesia juga ada yang pernah diklaim oleh negara tetangga karena kita kurang menjaganya. Beberapa warisan tersebut seperti Angklung, Lagu Rasa sayange.

Nah untuk itu  kita harus menjaga dan melestarikannya. Jangan sampai kalah dengan warga negara asing yang sudah mulai tertarik untuk belajar budaya khas indonesia seperti, alat musik gamelan, pertunjukan wayang, dan lainnya. Selain kedelapan budaya diatas masih banyak lagi budaya indonesia yang harus dijaga kelestariannya. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya