999 +
0
38
0
Selagi Masih Muda, Stop Lakukan 5 Hal Ini Biar Kelak Hidupmu Nggak Berjalan B Aja
1 month 'ago'

Biasanya para remaja
Berpikirnya sekali saja
Tanpa menghiraukan akibatnya
Wahai kawan para remaja
Waspadalah dalam melangkah
Agar tidak menyesal akhirnya

Begitulah sepenggal lirik yang ditulis Sang Raja Dangdut, Bang Haji Roma Irama. Rupanya lirik itu benar-benar menggambarkan cara berpikirnya para kawula muda. Suka grusa-grusu, egois, dan tak pandai menghitung akibat dari apa yang dilakukannya. Berikut ini 5 hal yang biasa dilakukan oleh anak muda. Kalian harus menghindarinya biar kalian nggak nyesel di kemudian hari. Cekidot:

1. Suka menunda-nunda pekerjaan

Pemalas

Pemalas via https://www.pexels.com

Menunda pekerjaan udah jadi penyakit kronis buat anak muda. Soalnya banyak banget godaan tiap kali kita mau ngerjain sesuatu. Tiba-tiba diajak jalan ke mall lah, diajak mabar ML lah, diajak doi makan-makan lah. Pokoknya pasti ada aja godaan yang datengin kita pas kita mau serius kerja.

Tau-tau kerjaan udah seabreg. Sedangkan waktu kita untuk beresinnya udah makin mepet. Hadeuh. Pokoknya jangan sampe deh kita suka nunda-nunda kerjaan kita. Prinsipnya, kerjakan apapun secara optimal pada waktu yang sudah ditentukan agar urusan lainnya bisa kita kerjakan dengan optimal juga. 

2. Kebanyakan tidur dan habiskan waktu dengan scrolling media sosial

Tidur terus~

Tidur terus~ via https://www.pexels.com

Tidur tuh emang enak sih, apalagi kalo abis kerja berat seharian, pastinya kita bakal tidur dengan pulas tuh malamnya. Tapi gimana kalo ada orang yang kerjaannya seharian cuma tidur? Udah bangun paginya telat, pas lagi sekolah atau kerja juga tidur, terus abis makan siang tidur lagi. Duuh, parah banget deh.

Padahal kan kita sehari cuma dikasih waktu 24 jam. Kalo sehari aja kita tidur 8 jam, berarti kita menghabiskan sepertiga hidup kita cuma buat tidur. Apalagi sambil malas-malasan dan scrolling media sosial~ Waw. Rugi gak sih? Mending cari kegiatan yang bermanfaat ya kan? Lebih-lebih kalo kegiatan kita itu bisa datengin duit buat kita. 

3. Takut mencoba

Google

Google via http://www.google.com

Semua orang pasti pengen sukses dan takut gagal. Tapi gimana jadinya kalo ada orang yang untuk mencoba sesuatu aja dia nggak berani? Hmm. Mana mungkin dia bisa sukses.

Untuk menuju kesuksesan, dalam hal apapun, kita harus berani untuk mencoba. Entah hasil akhirnya berhasil atau gagal, setidaknya kita sudah mencoba.

Thomas Alpha Edison aja pada akhirnya berhasil menemukan bola lampu setelah melewati 999x percobaan gagal. Andaikan Bang Thomas udah nggak mau mencoba, barangkali saat ini belum ada lampu sama sekali di kehidupan kita. 

4. Suka mengeluh dan menyalahkan sekitar

Menyalahkan keadaan

Menyalahkan keadaan via https://www.pexels.com

Salah adalah hal biasa. Tetapi menyalahkan adalah perbuatan yang nggak layak dimiliki anak muda. Sebagai manusia yang hidupnya di dunia belum begitu lama, sesekali membuat kesalahan adalah hal yang biasa bagi anak muda. Justru dengan menyadari kesalahan-kesalahan diri sendiri, anak muda akan belajar untuk bertanggung jawab dengan belajar untuk menjadi lebih dewasa.

Tetapi, kalo ada orang yang kerjaannya cuma bisa nyalahin orang lain, nyalahin lingkungan, nyalahin A, B, C dan lainnya, sambil merasa dirinya paling benar, maka orang yang seperti ini dijamin tidak akan pernah bisa berkembang. Jelas. Karena dia menganggap bahwa dunia dan seisinya adalah sumber kesalahan. Kalau kamu mencium bau busuk sedang orang lain tak menciumnya, barangkali yang busuk adalah dirimu sendiri.

5. Sering galau mikirin si dia

Galau terus deh~

Galau terus deh~ via https://www.pexels.com

“Nggak punya pacar rasanya hampa”

“Gue sering diejekin temen karena kalo kemana-mana gw selalu sendirian, gw pengen punya pacar”

Anak muda jaman sekarang lebih banyak dibikin galau karena urusan cinta-cintaan, iya, mungkin efek sinetron-sinetron yang isinya juga kisah sejenis.

Gimana anak muda mau produktif kalo yang dipikirinnya cuma cara biar bisa jalan bareng si doi, gimana biar keliat cantik di depan cowok-cowok yang nongkrong di pengkolan, gimana bisa keliatan gagah dengan upload foto profil sambil ngegym. Gitu-gitu aja.

Padahal ada banyak hal yang bisa diurusin demi masa depan yang cemerlang, misalnya mikirin dimana tempat kuliah yang bagus, kerja dimana, mau bikin proyek sosial macam mana, mau bagiin sembako ke daerah mana.

Ya guys, anak muda jaman sekarang ini harus banyak akal dan banyak kemauan. Jangan jadi generasi yang malesan dan gampang tergoyahkan sama urusan yang ga penting-penting amat.

Semoga kita semua bisa jadi pemuda yang asik dan produktif ya, guys.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow