999 +
0
8
0
Inspirasi Wisata di Kota Kelahiran BJ Habibie, Ada yang Instagramable & Eksotis
3 days 'ago'

Ada banyak kenangan yang ditinggalkan Presiden ketiga BJ Habibie untuk masyarakat. Salah satu kenangan yang bisa diceritakan tentang kota kecil kelahiran BJ Habibie, Parepare. Kota kecil di Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi tanah kelahiran BJ Habibie. Suami dari Hasri Ainun Besari ini memang dilahirkan di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936.

Meskipun kecil, kota dengan luas wilayah 99,33 km persegi ini memiliki beberapa destinasi wisata yang memesona. Kota berjuluk Bandar Madani ini memiliki banyak destinasi wisata yang cantik dan unik. Mulai dari wisata alam, cagar budaya, tempat bersejarah, tempat romantis, area bermain anak, hingga spot foto hits kekinian yang Instagramable. Lantas, apa saja keindahan destinasi wisata yang ada di kota kelahiran BJ Habibie ini?
Pantai Lumpue

Berada di Kecamatan Bacukiki Barat, Pantai Lumpue sering dijadikan pusat rekreasi oleh masyarakat Parepare. Lokasinya dekat dengan fasilitas umum, seperti masjid dan puskesmas. Pantai ini memiliki air laut yang bening dengan pasir pantai halus kecoklatan.

Lokasi ini dulunya hanya dipakai oleh orang-orang penting. Karena gencarnya promosi, akhirnya Lumpue yang semula untuk pemandian berubah menjadi wisata pantai di Sulawesi Selatan.

Kebun Raya Jompie

Kebun Raya Jompie dibangun sejak 1920. Mempunyai luas 13,5 hektare, hutan kota ini menawarkan rekereasi seperti kolam renang, area perkemahan, dan jalan setapak untuk wisatawan yang ingin menikmati hutan dan pepohonan dengan berjalan-jalan.

Selain hutan, terdapat juga kebun raya yang ditetapkan sebagai pusat koleksi dan konservasi tumbuhan kawasan pesisir Wallacea yang menonjolkan keanekaragaman tumbuhan obat, tumbuhan adat, dan ethobotani.

Terdapat beberapa fasilitas fisik di dalam kawasan ini, seperti kolam renang, 14 unit shelter (tempat istirahat), arena perkemahan (camping ground), gedung pertemuan, saluran drainase, dan jalan setapak yang menjangkau setiap sudut kawasan.

Jarak Kebun Raya Jompie dari pusat Kota Parepare sekitar 3,5 km. Lokasinya sangat strategis karena mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Monumen Cinta Habibie Ainun

Monumen yang diresmikan pada 12 Mei 2015 ini merupakan kado ulang tahun pernikahan dari Wali Kota Parepare Taufan Pawe kepada BJ Habibie. Objek wisata ini dibangun sebagai bentuk apresiasi terhadap cinta BJ Habibie kepada istrinya, Ainun.

Monumen Cinta Habibie Ainun menjadi destinasi wisata paling menarik di Parepare. Jika Anda ingin mengunjungi monumen ini, lokasinya ada di Lapangan Andi Makkasau, Jalan Karaeng Burane, Mallusetasi, Ujung, Kota Parepare. Monumen ini menjadi spot Instagramable di Parepare.

Pantai Tonrangeng

Objek wisata menarik lainnya di Parepare adalah Pantai Tonrangeng. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan. Anda akan disuguhi pasir putih nan cantik, serta susunan terumbu karang yang memukau. Melakukan aktivitas snorkeling menjadi agenda wajib saat berkunjung ke Pantai Tonrangeng. Pasir putih dan terumbu karang yang indah membuat pantai ini terlihat eksotis.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow