Home » Kongkow » Kesehatan » Punya Benjolan di Pergelangan Tangan atau Kaki? Mungkin Itu Kista Ganglion

Punya Benjolan di Pergelangan Tangan atau Kaki? Mungkin Itu Kista Ganglion

- Rabu, 11 September 2019 | 18:18 WIB
Punya Benjolan di Pergelangan Tangan atau Kaki? Mungkin Itu Kista Ganglion

Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang memiliki benjolan di pergelangan tangan? Atau mungkin Anda sendiri yang punya benjolan tersebut. Itu namanya Kista Ganglion.

Sebetulnya tidak perlu takut jika Anda mengalaminya. Kista Ganglion merupakan benjolan, tapi bukan kanker yang tumbuh akibat adanya kebocoran pada jaringan di sekeliling sendi dan tendon. Teori ini dibuktikan dengan adanya cairan kental yang berada di bagian tersebut.

Umumnya benjolan ini berada di bagian pergelangan tangan dan kaki. Selain itu, adanya benjolan adalah karena adanya cairan yang muncul di penghubung antar otot dan tulang.

Bentuk kista ganglion bervariasi. Namun biasanya bentuknya bulat oval berukuran kecil. Hampir menyerupai biji kacang polong. Begitu sudah besar, kacang polong ini akan menyerupai biji salak dengan diameter hampir 2,5 centimeter (cm)

Meski tidak memicu rasa sakit yang hebat pada penderitanya, tapi keberadaan kista ganglion cukup mengganggu. Sehingga Anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan mudah dan nyaman..

Berikut informasi tentang kista ganglion seperti dihimpun dari berbagai sumber:

Gejalanya

Kista Ganglion
Gejala Kista Ganglion

1. Benjolan kista ada di pergelangan tangan dan kaki

Sebetulnya kista ganglion dapat timbul di bagian manapun. Memang sih mayoritas tumbuh di pergelangan tangan dan bagian tendon. Selain itu, kerap datang di bagian persendian lutut dan kaki.

2. Bentuk bulat dan ukuran kecil

Bentuk benjolan bulat oval. Isinya cairan kental. Biasanya berukuran sekitar 2,5 cm, bahkan lebih dari itu. Kista dapat tumbuh di persendian yang sering melakukan gerakan. Akibatnya kista kecil, lama kelamaan akan makin membesar.

3. Menimbulkan Nyeri dan Tidak Nyaman

Penderita kista ganglion akan merasakan nyeri, meskipun tidak setiap saat terjadi. Biasanya hanya pada keadaan tertentu saja memicu rasa nyeri.

Contohnya saat Anda mengarahkan telapak tangan ke atas atau ke bawah. Sendi akan bergerak. Ketika saraf terjepit, baru akan muncul nyeri. Bisa juga kesemutan, dan parahnya lagi mati rasa.

Penyebabnya

Kista Ganglion
Penyebab Kista Ganglion

Beberapa faktor penyebab kista ganglion, antara lain:

1. Peradangan tulang dan sendi

Aktivitas yang berlebihan sering memicu kista ganglion, terutama jika Anda punya masalah peradangan tulang dan sendi. Kista ganglion akan menyerang persendian jari di dekat kuku Anda.

2. Cidera pada persendian

Jika sebelumnya pernah mengalami cidera persendian, sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Pasalnya saat Anda memaksakan sendi yang cidera, bisa saja kista tumbuh.

3. Usia dan jenis kelamin

Penelitian menunjukkan bahwa kaum wanita lebih rentan terhadap kista ganglion. Berada pada rentang usia 20-40 tahun.

Cara Mengetahui Kista Ganglion

Kista Ganglion
Cara Mengetahui Kista Ganglion

Ada 3 cara untuk mengetahui kemunculan kista ganglion, antara lain via rontgen, Magnetic Resonance Imaging (MRI), dan USG.

1. Rontgen

Pemeriksaan dengan jalan mengambil gambar bagian dalam tubuh penderita ini bertujuan untuk memastikan jika benjolan tersebut adalah kista, dan bukan radang sendi maupun tumor tulang.

2. MRI

Pencitraan resonansi magnetik atau pemeriksaan untuk memastikan lebih jelas kalau benjolan tersebut adalah betul kista ganglion. Sebab terkadang kista yang masih sangat kecil sulit terdeteksi dengan alat lain, selain melakukan pemeriksaan MRI.

3. USG

Hampir sama dengan rontgen, pemeriksaan USG bertujuan untuk memeriksa apakah benjolan tersebut benar kista ganglion atau bukan.

Cara Mengatasi atau Mengobati Kista Ganglion

Kista Ganglion
Cara Mengobati Kista Ganglion

Ada beberapa cara untuk mengatasi dan mengobati kista ganglion, yakni:

  • Imobilisasi

Menonaktifkan persendian di daerah kista. Menggunakan pembidaian dan belat. Namun cara ini bisa melemahkan otot-otot di sekitar sendi. Jadi tidak terlalu disarankan.

  • Aspirasi

Aspirasi adalah pengambilan cairan yang ada di benjolan menggunakan jarum suntikan.

  • Operasi

Ini adalah cara terakhir untuk mengobati kista ganglion. Mengambil benjolan dengan cara operasi atau pembedahan.

Cari Artikel Lainnya