999 +
0
24
0
Hal Sederhana Yang Bisa Menyelamatkan Nyawamu Saat Terseret Arus Ombak Pantai
2 weeks 'ago'


Tips tak hanyut di laut
Jangan sampai terseret arus ombak pantai, perhatikan hal-hal sederhana ini Arus ombak pantai khususnya di tempat wisata biasanya terlihat tenang dan tidak terlalu besar, sehingga dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Akan tetapi tidak jarang kasus orang terseret arus ombak hingga mengakibatkan meninggal dunia. Dibawah ini adalah hal sederhana tapi sangat penting untuk diketahui bagi kamu yang sering bermain di pantai.

Coba perhatikan panah yang menunjukkan bahwa ada celah gelombang ombak. Disitulah kamu akan tertarik ke laut jika berada di celah-celah gelombang. Sebaiknya hindari jika melihat arus seperti itu.

 Tips tak hanyut di laut
Arus Pecah | scijinks.gov
Jika memang kamu sudah terseret oleh arus, ini caranya agar bisa selamat:

1. Seharusnya kamu cek terlebih dahulu arus ombak pantai tersebut sebelum berenang.
2. Jika sudah terseret arus menuju laut, jangan panik. Jangan melawan arus ombak karena itu akan menghabiskan tenagamu, dan justru kamu tidak akan kuat berenang kembali menuju daratan.
3. Ikuti arus ombak, tunggu hingga agak tenang. Saat arus yang menyeretmu sudah mulai tenang, perlahan-lahan berenang ke arah kanan atau kiri dengan tidak lebih dari 90 meter.
4. Setelah itu berenanglah menuju daratan dengan mengikuti arus ombak yang menuju ke daratan.

 Tips bertahan diri saat terseret arus
Tips bertahan diri saat terseret arus | id.pinterest.com

Cara-cara di atas wajib banget untuk diketahui oleh siapa pun yang hendak main ke pantai. Meski laut terkesan tenang, namun tidak ada salahnya kita bersikap waspada. Selain itu, selalu ikuti aturan dan rambu-rambu di laut ya. Jangan melanggar peraturan yang sudah ada agar tak membawa celaka bagi diri sendiri. 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow