Home » Kongkow » Tips & Trik » 8 TIPS MENJADI SISWA BERPRESTASI DI SEKOLAH

8 TIPS MENJADI SISWA BERPRESTASI DI SEKOLAH

- Rabu, 28 Agustus 2019 | 12:31 WIB
8 TIPS MENJADI SISWA BERPRESTASI DI SEKOLAH

Siswa Berprestasi

Menjadi siswa yang memiliki prestasi akademik yang bagus tentu menjadi keinginan semua orang. Namun dalam praktiknya, hal ini tidak mudah diwujudkan oleh. Tolok ukur siswa berprestasi biasanya dilihat dari hasil belajar siswa yang memuaskan, misalnya dengan mendapatkan nilai yang bagus atau meraih ranking di sekolah. Tolok ukur lainnya bisa juga dengan berprestasi di bidang tertentu, seperti olahraga dan seni.

Bagi Anda yang ingin menjadi siswa berprestasi di sekolah, bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini:

Mampu Belajar Secara Efektif

Siswa Berprestasi

pixabay.com

Bagi Anda yang ingin berprestasi, perlu menguasai skill belajar secara efektif. Jika Anda mampu menguasai cara belajar efektif, memudahkan Anda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab Anda sudah tahu bagaimana cara untuk menguasai sebuah materi pembelajaran dengan cepat. Walhasil, saat ujian maupun ulangan, Anda pun dapat menyelesaikan soal dengan baik.

Aktif Dalam Belajar

 Siswa Berprestasi

pixabay.com

Keaktifan dalam belajar biasanya ditandai dengan aktivitas siswa yang suka atau sering menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Selain itu, siswa juga secara aktif bertanya pada guru mengenai hal yang belum dipahami. Bersikap aktif sangat penting agar Anda bisa cepat mengetahui materi pelajaran. Dengan sikap aktif, Anda pun akan selalu tergerak untuk mencari-tahu sebuah materi hingga tuntas.

Rajin Mengerjakan Tugas dan PR

Siswa Berprestasi

pixabay.com

Ketika Anda ingin menjadi siswa berprestasi, Anda harus rajin mengerjakan tugas dan juga PR (pekerjaan rumah) yang diberikan oleh guru. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi nilai tambahan dari nilai-nilai ulangan dan juga ujian. Rajin dan tepat waktu mengerjakan tugas bisa menjadi poin plus penilaian guru.

Memiliki Motivasi yang Tinggi

Siswa Berprestasi

pixabay.com

Menjadi siswa berprestasi tentu saja tidak datang dengan sendirinya, karena perlu dorongan dan motivasi tinggi. Oleh karena itu, penting agar Anda selalu memiliki motivasi yang kuat. Motivasi tersebut akan menggerakkan Anda untuk meraih prestasi tinggi. Anda pun akan berusaha keras untuk mewujudkannya.

Mampu Mengatur Waktu dengan Baik

Siswa Berprestasi

pixabay.com

Untuk bisa meraih prestasi, Anda harus pandai mengatur waktu dengan baik. Sebagai siswa tentu kegiatan Anda tidak hanya belajar. Namun ada kegiatan lainnya seperti bermain, bersosialisasi, hingga membantu orang tua. Dengan pandai mengatur waktu, semua kegiatan Anda bisa terselesaikan dengan baik.

Memiliki Sikap dan Perilaku Baik

Siswa Berprestasi

pixabay.com

Pada umumnya, guru cenderung lebih tertarik dengan siswa yang memiliki sikap dan perilaku yang baik. Mengapa hal ini berpengaruh terhadap prestasi siswa? Karena sikap dan perilaku juga termasuk ke dalam unsur penilaian pendidikan. Oleh karena itu cobalah untuk menjadi siswa dengan sikap dan perilaku yang baik.

Memiliki Tekad Berprestasi

Siswa Berprestasi

pixabay.com

Kebanyakan anak yang berprestasi memiliki tekad yang kuat untuk mencapai hasil terbaik. Oleh karena itu, siswa akan berusaha keras belajar agar mendapatkan hasil maksimal. Prinsip anak dengan mental unggul adalah “hari ini adalah harus lebih baik dari hari kemarin”. Dengan prinsip ini, siswa akan berusaha untuk terus menjadi lebih baik setiap harinya.

Taat Beribadah

Siswa Berprestasi

pixabay.com

Tidak hanya hal-hal akademik saja yang perlu Anda persiapkan untuk bisa menjadi siswa berprestasi. Ketaatan dalam beribadah juga penting untuk mendukung kesuksesan belajar. Oleh sebab itu, Anda harus taat beribadah agar selalu diberikan kemudahan, kelancaran, dan juga kesuksesan dalam menuntut ilmu.

Jadi, itulah beberapa tips menjadi siswa berprestasi di sekolah yang bisa Anda terapkan. Semoga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

Cari Artikel Lainnya