Home » Kongkow » Fotografi » Ubah Hasil Foto Jadi Karya Seni dengan Aplikasi

Ubah Hasil Foto Jadi Karya Seni dengan Aplikasi

- Jumat, 16 Agustus 2019 | 11:58 WIB
Ubah Hasil Foto Jadi Karya Seni dengan Aplikasi

Saat ini ponsel pintar sudah memiliki kamera beresolusi cukup tinggi, bahkan kualitasnya sudah menyaingi kamera saku dan mendekati hasil foto kamera profesional. Lihat saja fitur kamera ponsel yang ada, pengaturannya sudah mengadaptasi kamera profesional, seperti dapat mengatur ISO, shutter speed, hingga mengatur aperture dengan bukaan besar.

Bila Anda gemar memotret dengan kamera ponsel dan ingin mengubah hasil foto Anda menjadi sebuah karya seni, berikut beberapa aplikasi ponsel pintar yang patut Anda coba.

VSCO

Bosan dengan efek filter yang ada di kamera ponsel atau Instagram? Ubah foto Anda layaknya hasil fotografer profesional dengan aplikasi VSCO. Banyak pilihan filter menarik yang bisa Anda unduh secara gratis maupun berbayar. Efek filter pada VSCO mengusung tema-tema kromatis, minimalis, kontemporer, dan bergaya klasik sehingga hasil foto Anda terasa elegan.

Selain menawarkan efek filter, VSCO memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran foto, rotasi, pencahayaan, kontras, temperatur warna, hingga tone warna kulit. Setelah manipulasi foto selesai, Anda juga bisa langsung mengunggahnya ke Instagram dan berbagai media sosial.

Pics Art

Sesuai dengan slogannya "Everyone's creative", Pics Art merupakan aplikasi manipulasi foto yang memiliki banyak fitur menarik yang bisa Anda gunakan. Fitur-fitur terebut meliputi efek teks, kolase, pigura, pembatas, stiker, hingga grafik clipart.

Tidak terlalu sulit menjalankan aplikasi Pics Art, Anda hanya tinggal meluangkan waktu dan mencoba satu persatu efek-efek yang sesuai kebutuhan dan selera Anda. Pics Art juga menyediakan fitur explore dan My Network, melalui fitur ini Anda bisa mencari inspirasi dari karya-karya pengguna lain.

Snapseed

Aplikasi besutan Google yang satu ini sudah tidak diragukan lagi dalam mengolah gambar. Snapseed bagaikan photoshop versi mini dan memiliki fitur cukup lengkap. Beberapa fitur yang bisa Anda coba, seperti tune image, details, crop, rotate, transform, brush, selective, healing, vignette, lens blur, tonal contrast, dan saat ini Anda juga bisa menyisipkan teks pada foto dengan gaya tulisan yang beragam.

Prisma

Baru-baru ini sebuah aplikasi manipulasi foto bernama Prisma sedang digandrungi para pengguna iOs dan Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengubah foto menjadi karya seni bergaya pelukis dunia, seperti Van Gogh dan Picasso.

Untuk menggunakannya cukup tiga langkah mudah pertama ambil/pilih foto yang akan dimanipulasi, kemudian pilih 36 efek yang telah disediakan. Terakhir Anda bisa menyimpan atau membagikannya langsung ke media sosial.

Berbeda dari aplikasi manipulasi foto lain, Prisma menggunakan teknologi jaringan saraf tiruan (neural networks) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mengenali objek serta memberikan efek.

Cari Artikel Lainnya