Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Unik Untuk Mengiris Bawang Tanpa Air Mata

Tips Unik Untuk Mengiris Bawang Tanpa Air Mata

- Sabtu, 14 Maret 2020 | 13:00 WIB
Tips Unik Untuk Mengiris Bawang Tanpa Air Mata

Tips Unik Untuk Mengiris Bawang Tanpa Air Mata

Bawang merah dan bawang Bombay dapat dikatakan sebagai beberapa bumbu dapur yang sangat sering digunakan dalam masakan Indonesia. Salah satu hal unik tentang kedua bahan/ bumbu dapur ini adalah keduanya mengandung zat yang dapat membuat mata menjadi pedih mengeluarkan air mata. Hal ini juga yang terkadang membuat cukup banyak orang yang tidak suka mengupas bawang pada saat memasak.

Berkaitan dengan hal ini, sebenarnya terdapat beberapa tips yang dapat dicoba agar mata anda tidak pedih dan berair saat mengiris bawang merah ataupun bawang Bombay. Berikut adalah beberapa tips tersebut yang dikutip dari halaman stylecraze. Check this out.

  • Tips pertama yang dapat anda coba untuk mencegah mata anda terasa pedih dan berair selama mengiris bawang adalah dengan menyalakan lilin di sekitar tempat anda mengiris bawang merah atau bawang Bombay. Lilin yang dinyalakan di sekitar anda yang tengah mengiris bawang akan menyerap gas yang dikeluarkan oleh bawang yang dapat membuat mata menjadi pedas serta berair.
  • Tips kedua yang dapat dicoba untuk mencegah mata berair saat anda mengiris bawang di adalah dengan mengiris bawang di dalam air. Meskipun memang terbilang cukup merepotkan, namun cara ini cukup efektif untuk mencegah anda menangis selama mengiris bawang. Air yang digunakan akan mencegah kandungan sulfat yang keluar dari bawang mencapai mata dan menyebabkannya terasa pedih. Namun untuk hal ini, anda juga harus berhati-hati, jangan sampai pisau yang anda gunakan untuk mengiris bawang tergelincir, sehingga mengiris jari anda.
  • Masih bicara mengenai tips mengiris bawang tanpa air mata, cara mengiris bawang selanjutnya yang dapat dicoba adalah memasukan bawang ke dalam freezer sebelum diiris. Menyimpan atau memasukan bawang ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menitan dipercaya dapat mengurangi gas yang keluar dari bawang yang menyebabkan mata terasa pedih.
  • Tips lainnya yang juga dipercaya dapat mengurangi rasa pedih pada mata selama mengiris bawang adalah dengan mengiris bawang secara perlahan. Mengiris bawang secara perlahan dipercaya dapat mengurangi gas yang dikeluarkan oleh bawang yang menyebabkan mata menjadi terasa pedih
  • Untuk tips selanjutnya, tips kali ini dapat dikatakan cukup unik. Untuk mengurangi gas air mata yang keluar dari bawang ketika diiris, menggigit roti di ujung gigi adalah salah satu tips yang dapat dicoba. Dengan melakukan hal ini, kandungan gas sulfur yang keluar dari bawang yang diiris akan diserap oleh roti, sehingga gas tersebut tidak mencapai mata dan membuat mata anda terasa pedih.
  • Tips terakhir agar mata anda tidak terasa pedih dan berair saat mengiris bawang adalah dengan menggunakan air lemon. Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan air lemon ke pisau yang akan anda pergunakan untuk mengiris bawang.

Itulah beberapa tips mengiris bawang tanpa membuat mata menjadi terasa pedih dan berair, semoga tips tersebut dapat meringankan pekerjaan dapur anda. Selamat mencoba..

Cari Artikel Lainnya