0
35
0
Meski Asli Indonesia, Apakah Kamu Tahu 5 Fakta Bahasa Indonesia ini?
4 weeks 'ago'

Sebagai warga Indonesia wajib hukumnya kalau kita harus bangga dengan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional kita. Meski seringkali disepelekan, kalau kamu tak lagi bangga dengan bahasa Indonesia, siapa lagi yang akan melestarikannya Kamu mungkin saja juga tak tahu kalau bahasa Indonesia sudah mendunia, bukan? Masih banyak fakta lain yang jarang diketahui lho, langsung saja simak berikut ini deh.

1. Masuk 3 besar bahasa terbanyak yang dipakai di WordPress
Kamu yang suka menulis mungkin tak akan asing lagi dengan blog WordPress. Situs layanan blog yang sangat populer setelah Blogspot ini mengumumkan kalau bahasa Indonesia adalah bahasa paling banyak nomer 3 yang digunakan di WordPress setelah Inggris dan Spanyol. Kamu yang biasa dan suka ngeblog dengan WordPress ini turut menjadikan bahasa Indonesia menjadi lebih dikenal dunia.

2. Bahasa kedua yang digunakan di Vietnam
Tahun 2007 Pemerintah kota Ho Chi Minh, Vietnam, resmi mengumungkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di kota Ho Chi Minh. Bahasa Indonesia ini disejajarkan dengan bahasa Perancis, Jepang, dan Inggris yang juga memiliki prioritas yang setara.

3. Lebih dari 45 negara mempelari Bahasa Indonesia
Tak hanya di Indonesia saja, tapi banyak negara yang juga menganggap bahasa Indonesia penting. Mulai dari Vietnam, Amerika Serikat, Kanada, Ukraina, Australia dan masih banyak lagi negara lain yang mempelajari bahasa Indonesia lho.

Bahkan Korea Selatan juga menganggap bahasa Indonesia penting hingga terdapat salah satu jurusan seperti yang ada di Hankuk University of Foreign Studies yang memiliki jurusan bahasa Indonesia-Melayu.

4. Bahasa Resmi ASEAN
Pada bulan September tahun 2015, bahasa Indonesia resmi ditetapkan sebagai bahasa resmi ASEAN. Hal ini tentu menjadi kelebihan dan tersendiri untuk kita dan di tingkat ASEAN sendiri lebih dari 60% yang sudah menggunakan dan mempelajari bahasa Indonesia untuk kepentingan ekonomi ASEAN.

Kamu jangan mau kalah untuk terus belajar dan melertarikan bahasa Indonesia.

5. Bahasa Indonesia pernah ikut diterbangkan ke luar angkasa
Pada tahun 1977 ketika satelit Voyager milik Indonesia diluncurkan ke luar angkasa, 
bahasa dan musik Indonesia juga ikut diluncurkan. Satelit tersebut berisi piringan emas yang menyimpan berkas rekaman berbagai potret dan suara yang ada di bumi termasuk juga rekaman gamelan dan ucapan salah dari orang Indonesia, 

Banyak negara lain yang juga mempelajari bahasa Indonesia  jadi apakah kamu mau kalah sama mereka nih?

Follow Us On :
Lencana
Kongkow