0
23
0
WASPADA, 7 KEBIASAAN BURUK DI RUMAH INI BUAT KESEHATAN TERGANGGU!
3 weeks 'ago'

kebiasaan buruk di rumah

Ada banyak kebiasaan buruk di rumah yang tanpa sadar sering kita lakukan dan bisa membuat timbulnya perasaan kurang bergairah ataupun lemas bahkan jadi malas melakukan sesuatu. Apa kamu menyadarinya? Sering merasa tak enak badan, pegal-pegal bahkan menjadi sakit bukan berarti kamu itu kurang istirahat atau memiliki pekerjaan yang banyak.

Bisa jadi hal itu disebabkan oleh kebiasaan yang salah atau kebiasaan buruk di rumah lho! Misalnya, kebiasaan bersih-bersih, kebiasaan menyimpan pakaian, ataupun kebiasaan sederhana lainnya. Perlu kamu ketahui ternyata hal-hal tersebut itu bisa sangat berdampak pada kesehatan dan kondisi mentalmu.

Beberapa kebiasaan ataupun aktivitas buruk di rumah tersebut memang tampak sepele, namun akibat yang ditimbulkannya sangatlah besar dan akan berdampak buruk untuk tubuh kita. Sebelum terlambat, yuk perhatikan beberapa kebiasaan buruk di rumah yang perlu dihindari berikut ini.

7 Kebiasaan Buruk di Rumah yang Harus Segera Dihentikan

1. Tak Membersihkan Sudut Rumah Secara Menyeluruh

Ingin secepat mungkin membersihkan rumah! Hal itulah yang membuat kamu hanya membersihkan benda-benda yang terlihat oleh mata saja. Akibatnya, bagian-bagian seperti sudut lemari, kolong tempat tidur, bagian atas lemari ataupun kolong lemari jarang kamu bersihkan. Padahal area-area tersebut merupakan sarangnya debu bertumpuk, dan ketika kamu melakukan aktivitas seperti membuaka jendela ataupun membuaka lemariu, debu-debu yang masih menempel disana akan beterbangan. Hasilnya, debu-debu tersebut bisa menyebabkan sesak nafas atau flu.

2. Punya TV di Kamar dan Sering Menyalakan

Pasti menaruh TV di dalam kamar adalah hal yang wajib bagi sebagian masyarakat agar kamu ga perlu pindah ke ruang tv bila sudah diam dikamar. Ternyata, menurut medis hal itulah yang justru bisa mengganggu kesehatan. Hal yang sering dilakukan adalah menonton TV sambal berbaring atau tiduran di atas kasur, kan?

kebiasaan buruk di rumah

Hal itulah yang berisiko menyebabkan nyeri leher dan gangguan mata. Ternyata tak hanya itu, sinar biru TV yang masih menyala juga tak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kamu susah tidur.

3. Malas Membereskan Kasur

Nah, inilah salah satu kebiasaan buruk di rumah yang kamu pikir sederhana, namun sebenernya bisa menjadi salah satu penyebab kesehatan tubuhmu terganggu. Dampak terbesar yang akan dirasakan terutama rasa nyeri dibagian tulan belakang.

Cobalah untuk jangan terlalu malas membereskan dan merapikan kasurmu. Kamu cukup membersihkan ranjang, menjemur kasur sekaligus merapikan bentuk dan tekstur dari kasurmu. Hal ini dilakukan agar kasur menjadi nyaman kembali dan membuat bentuk kasur kembali seperti semula.

4. Menghiraukan Karpet yang Kotor

Menaruh karpet di tengah rumah pasti sudah menjadi hal yang wajib bagi sebagian keluarga. Namun, jika ditanya seringnya kamu membersihkan karpet tersebut pasti tak ingat kapan terahir kamu membersihkannya. Perlu diketahui, setiap hari kamu dan penghuni rumah selalu menginjak karpet tersebut, otomatis keringat di kaki dan sel kulit mati akan terlepas dan menempel di karpet kan.

kebiasaan buruk di rumah

Belum lagi debu-debu yang beterbangan yang juga menempel di karpetmu, alhasil karpet kotor dan menimbulkan penyakit seperti flu dan batuk. Itulah kenapa menajga kebersihan karpet juga menjadi suatu hal yang penting dan wajib untuk kamu lakukan.

5. Menaruh Tas dan Baju Kotor di Atas Ranjang

Mungkin tanpa sadar setelah berpergian kamu langsung menaruh tas ataupun baju yang telah dipakai seharian di atas ranjang, dan itu telah menjadi kebiasaanmu sehari-hari. Padahal, kebiasaan itulah yang bisa membawa kuman-kuman yang ada disepanjang jalan menempel di kasur atau di ranjangmu. Jadi jangan heran jika saat kamu bangun tidur, badan-badanmu terasa gatal dan tak nyaman ya, itu merupakan dampak yang diakibatkan kebiasaan buruk di rumah tersebut. Bila kamu tak ingin hal tersebut terjadi, sudah tentu kamu harus segera menghentikan segala kebiasaan buruk di rumah ya!

6. Tidur dengan Lampu Menyala

Setelah beraktivitas seharian, kadang-kadang yang masih merasa kesulitan untuk tidur meskipun telah berusaha keras mencobanya. Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menyalakan televisi dan lampu.

kebiasaan buruk di rumah

Meskipun hal tersebut tampak sepele, namun ternyata risikonya cukup besar bagi kesehatanmu! Cahaya biru dari teve dan cahaya terang dari lampu kamar akan menurunkan kadar melatonin, glukosa, tekanan darah, serta suhu tubuh. Jangan heran bila kebiasaan tersebut sering memuatmu merasa pusing, stres atau tak nyenyak tidur ketika bangun tidur.

7. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama nampaknya tak hanya jadi kebiasaan buruk di rumah, tapi juga kebiasaan buruk di kantor bagi banyak orang. Padahal, duduk terlalu lama justru tak dianjurkan karena membahayakan bagi kesehatan.

Beberapa dampak duduk terlalu lama yaitu bisa menyebabkan diabetes hingga penyakit serangan jantung! Untuk menyiasatinya, biasakanlah memberi jeda beberapa saat ketika duduk agar tubuh bisa lebih rileks dan bekerja dengan lebih baik.

Semoga bermanfaat, 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow