0
27
0
4+ Jenis Minyak Zaitun (Lengkap Dengan Pengertian & Manfaatnya)
4 weeks 'ago'

jenis minyak zaitun

Jenis Minyak Zaitun – Hampir semua orang tahu tentang puluhan manfaat yang terkandung didalam minyak zaitun, baik digunakan untuk dikonsumsi secara langsung, maupun digunakan untuk diluar tubuh, yaitu dioleskan pada kulit atau rambut. Namun, apakah anda tahu? ternyata minyak zaitun memiliki jenis yang berbeda-beda, mari pahami jenisnya sebelum anda membelinya.

Tentang Minyak Zaitun

jual minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari proses ekstrasi buah dari tanaman zaitun (Olea europaea), tanaman ini memiliki populasi yang cukup luas di daratan Mediterania dan Timur Tengah. Untuk proses mengekstraksinya menggunakan teknik centrifugation  yaitu pengekstrakan menggunakan bantuan mesin press.

Dari hasil ekstraksi tersebut terbuatlah berbagai macam minyak zaitun seperti extra virgin olive oil, virgin olive oil, pure olive oil dan light olive oil. Setiap jenis minyak zaitun diolah dan di proses secara berbeda antara satu dengan yang lainnya. Meskipun prosesnya berbeda namun secara fungsi minyak zaitun hampir sama yaitu sebagai bumbu masakan atau sebagai sumber vitamin.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun Beserta Kegunaannya

manfaat minyak zaitun

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa minyak zaitun memiliki variasi yang berbeda-beda baik dari proses pembuatannya hingga prioritas penggunannya, untuk lebih jelasnya, mari lihat penjelasannya di bawah ini :

Extra Virgin Olive Oil

Extra virgin olive oil (EVOO) adalah jenis minyak zaitun yang memilik kualitas terbaik dibandingkan dengan jenis minyak zaitun lainnya, hal ini dikarenakan EVVO merupakan minyak zaitun yang dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun, selain itu EVOO merupakan minyak zaitun murni tanpa ada bahan tambahan lain apapun.

Jenis minyak zaitun ini tergolong sangat mahal, namun meski harganya yang cukup tinggi hal tersebut sebanding dengan kandungan yang ada di dalamnya, kandungan vitamin dan nutrisi pada EVOO lebih tinggi dibandingkan dengan minyak zaitun lainnya.

Selain dari perasan pertama EVOO juga dalam memilih buah zaitun dipilih dari buah yang memiliki kualitas terbaik, hal tersebut yang membuat kadar keasaman hanya sekitar 0,8 peresen sehingga kurang cocok jika digunakan untuk memasak untuk api besar.

Jika anda menginginkan minyak zaitun dengan kualitas tertinggi maka belilah EVOO, khususnya jika anda menginginkan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Untuk mendapatkannya anda bisa langsung membeli ke yang jual minyak zaitun.

Virgin Olive Oil

Sama halnya dengan EVOO jenis virgin olive oil ini juga menggunakan teknik cold press dalam mengekstrak buah zaitun. Namun dalam prosesnya melalui dua tahap penyaringan sehingga kadar keasamannya tergolong tinggi dan nutrisinya sedikit lebih rendah.

Pure Olive Oil

Banyak orang yang terkecoh dari penamaan minyak zaitun satu ini. Arti pure disini bukanlah menunjukan murni, melainkan minyak yang terbuat dari campuran sesama minyak zaitun, yaitu virgin oilive oil dengan refined olive oil. Sehingga kandungan vitamin yang ada di dalamnya tidaklah terlalu tinggi.

Pomace Olive Oil

Untuk minyak zaitun satu ini berbeda dalam pemrosesannya dengan minyak zaitun sebelumnya, jika EVOO dan Virgin olive oil merupakan perasan pertama sedangkan pomace olive oil adalah perasan minyak dari ampas sisanya.

Minyak zaitun pomace ini kemudian diproses dengan mencampurkan beberapa bahan kimia dengan virgin olive oil untuk memperkuat aromanya. Jenis minyak zaitun ini biasa digunakan untuk bahan kosmetik seperti sabun, shampo, dan masih banyak lagi.

Demikian pembahasan tentang berbagai jenis minyak zaitun, dengan mengetahui jenis diatas anda tentu sekarang tidak bingung lagi bukan?. belilah minyak zaitun sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
365
2
3
4
Lencana
Kongkow