999 +
0
51
0
8 Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Angin yang Aman Bagi Lingkungan
4 weeks 'ago'

Kasus matinya listrik di kawasahan Jabodetabek beberapa waktu yang lalu menuai banyak sekali masalah. Itu artinya manfaat energi listriksangat penting dan memang sudah menjadi kebutuhan primer atau kebutuhan yang utama saat ini. Tanpa listrik kehidupan sehari-hari bisa sangat terganggu. Saat ini kebanyakan sumber listrik di Indonesia masih banyak yang menggunakan energi tidak terbarukan dan kalaupun terbarukan lebih banyak cenderung menggunakan PLTA yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air. Saat ini banyak negara mulai melirik manfaat pembangkit listrik tenaga angin dan tidak terkecuali di Indonesia.

Apa Itu Pembangkit Listrik Tenaga Angin?

Seperti namanya, jenis pembangkit ini menghasilkan listrik dengan memanfaatkan tenaga angin yaitu dengan menggunakan generator listrik mengubah rotasi dari turbin menjadi arus listrik karena manfaat angin untuk manusia sangatlah penting. Saat ini penggunannya di dunia masih belum banyak dan aplikasinya tidak bisa dilakukan di sembarang tempat karena harus ada standar lokasi khusus seperti ketinggian, kecepatan angin dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri sudah dirintis jenis pembangkit ini yang dikenal dengan istilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu.

Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Adapun manfaat pembangkit listrik tenaga angin dibandingkan dengan pembangkit listrik jenis lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Dapat Menghasilkan Listrik Skala Besar

Sama halnya dengan jenis pembangkit listrik yang lain, pembangkit listrik tenaga angin ini dapat menghasilkan listrik dengan skala besar. Di beberapa negara sudah mulai memanfaatkan tenaga angin untuk menghasilkan listrik walaupun masih dijadikan sumber energi alternative mengingat tidak mudah membantun satu pembangkit listrik tenaga angin di suatu negara.

  1. Merupakan Sumber Energi Terbarukan

Ada banyak sekali sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk mengasilkan listrik. Dan salah satu manfaat energi angin juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Dibandingkan dengan energi berbahan dasar fosil yang tidak dapat diperbaharui, tenaga angin termasuk dalam kategori sumber energi terbarukan yang tentunya tidak akan merusak lingkungan.

  1. Teknologi yang Tidak Menghasilkan Emisi

Dibandingkan dengan sumber energi lain atau pembangkit listri yang menggunakan sumber lain, ternyata menurut penelitian penggunaan tenaga angin sama sekali tidak menghasilkan emisi karbon. Dan kalaupun ada jumlahnya tidak signifikan dan tidak akan memberikan dampak yang besar terhadap lingkungan walaupun dihasilkan dalam jangka panjang karena memang sangat kecil sekali jumlahnya.

  1. Sangat Ramah Lingkungan

Salah satu manfaat besar energi terbarukan adalah sangat ramah lingkungan. Dengan penggunaan pembangkit listrik tenaga angin Anda tidak perlu khawatir dengan masalah efek rumah kaca, emisi karbon yang dihasilkan ataupun akan kehabisan sumber energi. Karena seluruh masalah dan dampak lingkungan tersebut tidak akan menjadi masalah jika menggunakan tenaga angin sebagai pembangkit listrik karena seperti yang disebutkan di atas, teknologi ini tidak menghasilkan karbon dan merupakan energi terbarukan dengan sumber yang tidak terbatas.

  1. Space yang Diperlukan Relatif Lebih Kecil

Walaupun banyak yang masih mengeluhkan perubahan pemanfaatan lahan yang bisa dijadikan lahan pertanian dan perkebunan untuk dibangun turbin-turbin namun sebenarnya salah satu manfaat kincir angin atau turbin ini membutuhkan space yang relative kecil untuk satu turbin sehingga lahan-lahan disekitarnya sebenarnya jika dioperasikan dengan baik masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain termasuk untuk lahan pertanian dan perkebunan walaupun mungkin tidak direkomendasikan untuk dijadikan pemukiman karena putaran turbin bisa menyebabkan polusi suara dan gelombang elektromagnetiknya bisa mengganggu sinyal komunikasi, televisi dan radio.

  1. Memiliki Sumber Daya yang tIdak Terbatas

Sebagai salah satu dari energi terbarukan, pemanfaatan tenaga angin tentunya memberikan solusi energi yang tidak terbatas. Walaupun tentu saja ada standar tertentu seperti kekencangan angin, turbulensi angin juga harus menjadi perhatian utama sehingga memang pembangunan turbin tidak bisa di lakukan di sembarang tempat. Tapi setidaknya di satu negara akan ada satu lokasi yang tinggi, lapang dengan kecepatan angin yang relatif tinggi.

  1. Bisa Diaplikasi Di Seluruh Negara

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya pembangkit listrik tenaga angin bisa diaplikasikan di berbagai negara karena memang sebagai sumber energi terbarukan, angin tidak hanya menjadi sumber yang tidak terbatas tapi juga tersedia di mana saja di belahan dunia ini.

  1. Tidak Menyebabkan Polusi Lingkungan

Dengan tingkat emisi yang dihasilkan sangat rendah tentunya penggunaan pembangkit listrik tenaga angin tidak menyebabkan polusi lingkungan walaupun beberapa peneliti mengkhawatirkan akan adanya dampak ekologi tapi tidak terlalu signifikan.

Namun demikian diantara manfaat pembangkit listrik tenaga angin ada juga beberapa hal yang menjadi kritik para pemerhati lingkungan yaitu penggunaan pisau turbin yang dianggap dapat menganggu sistem ekologi suatu wilayah seperti populasi burung dan kelelawar. Selain itu juga putaran turbin juga dapat menganggu penerimaan sinyal karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkan jika letaknya terlalu dekat dengan pemukiman. Oleh karena itu masih banyak juga hal yang menjadi pertimbangan mengingat dibutuhkan lahan yang cukup luas untuk membangun turbin dengan data turbulensi angin yang harus mencukupi.

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
365
2
3
4
Lencana
Kongkow