999 +
0
26
0
Tutorial Mengupas Nanas Bagi Pemula
1 month 'ago'

Terkenal karena rasanya yang manis asam, buah nanas memiliki kulit cukup tebal yang sulit dikupas. Anda memerlukan pisau yang tajam untuk mengupasnya. Cara mengupas buah nanas pun dilakukan dalam beberapa tahap.

Cara mengupas nanas

Foto: freepik

Pertama, pilih nanas yang akan dikupas. Nanas ini harus dipastikan terlebih dahulu masih dalam kondisi yang baik. Ciri nanas yang sudah matang namun belum busuk adalah tercium aroma manis dari nanas.

Jika nanas yang Anda miliki sudah berbau seperti alkohol atau cuka, sebaiknya jangan dipilih. Nanas tersebut sudah terlalu matang. Ciri lainnya juga bisa dilihat dari daun nanas. Daun yang masih hijau dan layu lebih baik dipilih. Kulit nanas yang masih baik juga akan terasa lembut.

Langkah berikutnya adalah menarik lepas satu daun nanas tersebut. Jika sudah matang, daun nanas ini akan lebih mudah dicabut. Namun bila terlalu mudah, bisa jadi nanas sudah terlalu matang atau busuk. Jika sudah menemukan nanas yang tepat, lanjutkan ke proses pencucian.

Cuci kulit luar nanas dengan air. Pencucian ini tidak perlu dilakukan hingga benar-benar bersih, hanya untuk menghilangkan kotorannya. Pencucian ini berguna agar pada saat nanas dikupas, kotoran tersebut tidak bercampur dengan daging buah.

Daun nanas memiliki tekstur yang keras, tajam, dan jumlahnya banyak. Cara memotong daun nanas ini bisa dilakukan dengan memotong bagian atas nanas. Tidurkan nanas di papan pemotongan dan potong perlahan hingga bagian atas nanas ikut terpotong sebanyak kurang lebih setengah sentimeter.

Pemotongan kemudian dilanjutkan pada bagian bawah buah nanas. Potong dengan menidurkan buah nanas pada papan, kemudian potong hingga terlihat daging buahnya. Pemotongan bagian bawah ini berguna untuk memudahkan menguliti nanas karena bagian bawahnya sudah datar dan bisa berdiri tegak.

Kuliti nanas dengan membuang bagian kulit tersebut. Namun, jangan lakukan pengupasan ini terlalu tebal. Daging nanas akan terbuang jika Anda mengirisnya hingga bagian matanya terbuang seluruhnya. Sisakan sebagian mata nanas yang masih bisa terlihat.

Langkah berikutnya adalah membuang mata nanas. Anda bisa membuang bagian ini dengan cara mengiris secara diagonal mengikuti pola mata nanas. Pemotongan seperti ini akan mengurangi risiko buah nanas terbuang. Cara ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Jika Anda kesulitan melakukannya dengan pisau biasa, kini sudah banyak tersedia di pasaran alat untuk menghilangkan mata nanas ini. Jika mata nanas sudah bersih, buah nanas dipotong dan dihilangkan bagian tengahnya berupa jantung nanas. Nanas pun siap disajikan atau diolah menjadi makanan lain.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow