0
31
0
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang baik dan benar
1 month 'ago'

I. Pengertian Surat Izin
1. Apa Surat Izin?
Pasti Anda pernah mendengar kata "surat izin", jenis surat ini sangat populer khususnya bagi siswa-siswi. Akan tetapi bukan semua orang sudah tahu apa itu surat izin, bagaimana cara menulisnya serta apa yang perlu perhatikan saat membuat surat izin.

Sebelumnya kita perlu tahu apa itu surat izin serta fungsinya untuk apa.

Menurut KKBI, Surat izin merujuk dari asal katanya berarti surat yang berisi keterangan bahwa pemegang surat itu diberi izin melakukan sesuatu. Artinya anda semua sebagai penulis surat akan diberi izin untuk tidak ikut melakukan suatu kegiatan dengan adanya surat izin tersebut.

2. Surat Izin Adalah Surat Resmi
Surat izin termasuk sejenis surat resmi. Adapun surat resmi adalah surat yang diperuntukan untuk keperluan yang bersifat resmi, baik, instansi, perorangan atau organisasi. Contohnya undangan, surat pemberitahuan, dan surat edaran.

Adapun ciri-ciri surat resmi :

Memakai kop surat jika dikeluarkan oleh organisasi
Terdapat nomor surat, lampiran, serta perihal
Terdapat salam pembuka dan penutup yang pantas
Penggunaan bahasa baku/resmi
Menyertakan stempel atau cap dari lembaga resmi
Mengikuti aturan/format baku yang ada
II. Cara menulis Surat Izin
1. Susunan Surat Izin
Tanggal dan tempat pembuatan surat
Alamat tujuan
Salam pembuka
Kalimat pembuka surat
Isi dalam surat
Salam penutup surat
Nama pengirim surat
2. Cara Menulis
Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini sangat gampang, asalkan kamu tahu unsur-unsur apa saja yang seharusnya harus di persiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin.

Tujuan pengiriman surat
Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

Alasan Izin
Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

Tanggal dan tempat pembuatan surat
Alamat tujuan
Salam pembuka
Kalimat pembuka surat
Isi dalam surat
Salam penutup surat
Nama pengirim surat
Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kamu ketahui dalam membuat surat izin.

3. Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Surat Izin
Meski surat izin tergolong surat semi-formal yang biasa akan tetapi ketika menulis surat izin tetaplah memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menulis surat izin. Berikut adalah point-pointnya:

Tanggal Penulisan Surat Izin
Penulisan tanggal juga termasuk point penting ketika akan membuat surat izin. Dengan adanya tanggal menjelaskan bahwa surat yang dibuat memang baru atau tidak berjeda lama dengan pengiriman surat.

Informasi Pembuat Surat Izin
Point pertama tentang hal yang harus ada dalam surat izin adalah informasi tentang pembuat surat izin. Pembuat atau pengirim surat izin ini bisa berupa perwakilan dari keluarga atau kerabat seperti orang tua atau wali. Jika surat izin berupa izin sakit buat kamu yang kebetulan kuliah atau kerja dan jauh dari orang tua, Anda bisa meminta surat keterangan dokter sebagai tambahan keterangan bahwa Anda benar-benar tidak bisa masuk kelas atau kerja.

Alasan Surat Izin

Point selanjutnya adalah mengenai alasan izin, point ini sebaiknya juga dimunculkan dalam surat izin agar pembaca bisa memahami kondisi perihal mengapa Anda menulis surat izin. Alasan bisa Anda sampaikan di awal paragraf atau bisa juga di akhir sebelum penutupan.

Sumber : https://id.123dok.com/tag/surat-izin

Follow Us On :
Lencana
Kongkow