Home » Kongkow » Inovasi » Makin Canggih! Yuk, Intip Kebun Mini Modern dalam Ruangan

Makin Canggih! Yuk, Intip Kebun Mini Modern dalam Ruangan

- Selasa, 13 Agustus 2019 | 12:04 WIB
Makin Canggih! Yuk, Intip Kebun Mini Modern dalam Ruangan

Di tengah sulitnya lahan pertanian, saat ini Anda bahkan bisa memiliki kebun mini modern dalam ruangan dengan bantuan alat canggih. inovasi berkebun ini diperkenalkan Pierre Nibart selaku CEO OGarden. Ia menghadirkan perangkat berkebun canggih yang praktis karena memakai sistem pengairan dan pencahayaan otomatis.

kebun mini modern dalam ruangan

Foto: Google Image

Perangkat bernama OGarden itu sebenarnya sudah ada sejak 2016, tapi kini seri terbarunya hadir dengan nama OGarden Smart di Kickstarter. Terciptanya perangkat canggih ini berawal dari kepedulian Nibart terhadap lingkungan.

“Kami berpikir bagaimana caranya membuat dampak positif untuk lingkungan dan akhirnya menemukan kalau kita menanam sayuran sendiri di rumah kita membuat perbedaan yang baik untuk planet. Jadi ini sangat penting,” tutur Nibart.

Ia merekomendasikan perangkat ciptaannya dipakai mereka yang tinggal di kota, yang mau berkebun tapi tak memiliki cukup lahan. Cara kerja OGarden pun terbilang mudah. Pengguna hanya perlu mengisi tangkir air seminggu sekali.

“Pilih apa yang mau ditanam seperti sayuran daun, herba, atau buah kecil seperti stroberi dan tomat ceri,” lanjut Nibart. Tanaman itu tinggal ditaruh di dalam OGarden sehingga pengguna nantinya bisa memanen hasil kebun tiap 30—40 hari.

bentuk OGarden menyerupai barel yang berputar. Ada sekitar 90 ruang untuk menaruh bibit tanaman. Bibit ini turut disediakan OGarden sehingga pengguna tak perlu repot mencari di pasaran.

Pemakaian OGarden disebut-sebut bisa menghemat pengeluaran uang hingga 80 persen untuk membeli sayur. OGarden juga menjamin tanaman yang ditanam bebas pestisida karena tanah yang dipakai menggunakan pupuk organik.

Kini OGarden dijual dalam sistem pre-order dengan harga sekitar USD 645 (Rp9.100.000) di Kickstarter. Pembeli bisa memilih warna OGarden sesuai pilihan dan mendapat 30 bibit gratis dari perusahaan.

“Masa depan berkebun adalah di dalam ruangan dan untuk individu,” pungkas Nibart. Apakah Anda tertarik memilikinya?

Cari Artikel Lainnya