0
17
0
Inilah Fakta Unik Tentang Kuku Manusia Yang Perlu Anda Ketahui
2 weeks 'ago'

Kuku merupakan bagian tubuh yang berada di ujung-ujung jari tangan dan jari kaki manusia. Kuku akan menutupi dan melindungi tangan serta kaki yang sensitif. Kuku bermanfaat untuk mengaruk dan mengambil benda-benda yang kecil. Setiap kuku terdiri dari ujung (bagian yang dipotong), badan kuku (bagian utama yang berwarna kemerahan), dan akar kuku (tertanam di kulit bagian bawah kutikula). Kuku memiliki bentuk yang keras dan perlu dibersihkan atau dipotong agar tidak tumbuh memanjang. Kaum perempuan sangat peduli dengan perawatan tubuhnya, termasuk dalam hal merawat kuku. Mereka rela membayar mahal untuk perawatan kukunya agar terlihat bersih dan indah. Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang kuku manusia yang perlu Anda ketahui

Fakta 1

Pada akar kuku, sel-sel hidup akan membelah dan mendorong, sehingga kuku dapat tumbuh memanjang.

Kuku tumbuh sekitar 5 milimeter setiap bulan. Kuku di jari tangan lebih cepat tumbuh, sekitar 3,5 mm per bulan, sedangkan kuku kaki hanya tumbuh 1,6 milimiter per bulan.

Fakta 2

Jika kuku dipotong, kita tidak merasakan sakit karena kuku terbuat dari sel-sel mati yang berisi protein karetin. Karetin ini juga merupakan bahan pembentuk rambut.

Fakta 3

Karena terdiri dari sel-sel mati, kuku tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan oksigen dari luar. Asupan oksigen yang dibutuhkan kuku diperoleh dari aliran darah.

Fakta 4

Apabila kita kehilangan kuku, maka butuh waktu sekitar 3 sampai 5 bulan agar kuku dapat tumbuh secara penuh.

Fakta 5

Perbedaan cuaca dapat memengaruhi kecepatan tumbuhnya kuku. Kuku akan lebih cepat tumbuh pada saat musim panas dibandingkan ketika musim dingin.

Fakta 6

Stress dapat juga memengaruhi pertumbuhan kuku. Ketika Anda merasakan stress, maka akan mengalihkan aliran energi dan nutrisi ke kuku, sehingga pertumbuhannya terhambat.

Fakta 7

Pertumbuhan kuku pria lebih cepat daripada wanita. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku saat wanita sedang hamil, karena pertumbuhan kuku wanita hamil akan lebih cepat. Kondisi ini juga terjadi pada orang yang berusia lebih muda, kuku mereka akan tumbuh lebih cepat daripada kuku orang dewasa.

Fakta 8

Kuku akan tumbuh lebih cepat di sisi anggota gerak yang dominan. Misalnya, jika Anda kidal, maka kuku pada tangan kiri Anda akan tumbuh lebih cepat daripada kuku yang ada di sebelah kanan.

Fakta 9

Kebiasaan seseorang yang selalu menggigit kukunya disebut dengan istilah Phaneromania. Kebiasaan suka mengigit kuku ini juga dikaitkan dengan tanda-tanda orang yang perfeksionis.

Fakta 10

Menggigit kuku merupakan kebiasaan yang buruk, akan tetapi bermanfaat untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda akan lebih kebal dengan beragam jenis bakteri yang akan masuk ke tubuh.

Fakta 11

Memijat ringan atau menekan kuku secara perlahan ternyata dapat merangsang pertumbuhan kuku.

Fakta 12

Kuku yang tumbuh paling cepat adalah kuku jari tengah, sedangkan kuku yang tumbuh paling lambat adalah ibu jari.

Demikian beberapa fakta unik tentang kuku yang perlu Anda ketahui. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Arifah
80
4
5
Lencana
Sandrina M.Drone
Upload Kongkow Badges
Kongkow