Home » Kongkow » Kesehatan » 7 MANFAAT DAUN SALAM | DARI PARFUM TRADISIONAL SAMPAI OBAT KANKER

7 MANFAAT DAUN SALAM | DARI PARFUM TRADISIONAL SAMPAI OBAT KANKER

- Senin, 12 Agustus 2019 | 13:57 WIB
7 MANFAAT DAUN SALAM | DARI PARFUM TRADISIONAL SAMPAI OBAT KANKER

manfaat daun salam

Rasakan manfaat daun salam yang berguna bagi kesehatan dan juga keperluan rumah tangga. Siapa yang belum pernah mendengar tentang daun super satu ini? Daun yang bernama latin Syzygium polyanthum ini merupakan tanaman asli Indonesia, yang pada dasarnya digunakan sebagai rempah masakan. Akan tetapi, bukan daun salam namanya jika tidak dikenal sebagai tumbuhan serbaguna karena kandungan di dalamnya yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan dan rumah tangga. Apa saja sih kira-kira yang bisa kita atasi? Simak manfaat daun salam dan segala kebaikannya hanya di sini!

Kandungan Daun Salam

manfaat daun salam

Sebelum kita belajar manfaatnya, yuk, kenali dulu kandungan daun salam yang melimpah!

Berikut adalah daftarnya:

  • Vitamin A dan C
  • Flavonoid
  • Asam caffeic
  • Rutin
  • Fitonutrien
  • Salisilat
  • Antioksidan
  • Antibakteri
  • Parthenolide
  • Linalool
  • Katekin

Berbagai Macam Manfaat Daun Salam

1. Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Salah satu kandungan buah salam yang paling dicari-cari banyak orang adalah flavonoid-nya. Kandungan di atas merupakan senyawa yang dapat membantu mengobati penyakit hipertensi atau darah tinggi. Cara mengolah daun salam sebagai obat darah tinggi pun mudah! Cukup dengan merebus sekitar 10 lembar daun salam yang sudah dicampurkan dengan 3 gelas air lalu minum selama setiap setiap hari sampai penyakit hipertensi kamu membaik.

2. Mengobati Batu Ginjal

Beberapa studi yang dilakukan ahli kedokteran di luar negeri membuktikan bahwa manfaat daun salam dapat meluas pada pasien penderita batu ginjal. Penyakit batu ginjal terjadi karena meningkatnya urease pada tubuh manusia, yaitu enzim yang mengatalisis hidrolisis urea dan membentuk karbon dioksida juga amonia pada ginjal. Apabila tidak kita perhatikan, penyakit ini akan sangat mematikan. Minumlah rebusan air salam seperti yang diinstrusikan di atas setiap hari, tepat sebelum makan pagi. Rasakan khasiatnya setelah sebulan!

3. Mempercepat Regenerasi Kulit Ketika Luka

manfaat daun salam

Ingin luka pada tubuh kamu cepat sembuh? Gunakan daun salam! Manfaat daun salam yang satu ini sebenarnya sudah diterapkan semenjak zaman dahulu kala, dan diturunkan sampai generasi kita oleh para nenek moyang. Sifat antibakteri dan antioksidan daun salam akan membantu mempercepat proses regenerasi kulit sehingga luka cepat kering dan tidak berbekas! Tumbuk sekitar 4 lembar daun salam lalu aduk bersama dengan minyak sawit. Oleskan campuran tersebut pada luka dan diamkan sampai mengering.

4. Mencegah Kanker

Dewasa kini, radikal bebas yang bisa kita dapatkan dimana saja, menyebabkan semakin tingginya resiko tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Sel kanker tersebut merupakan hasil mutasi dari sel-sel sehat, yang terkadang tidak bisa kita hindari. Nah, kombinasi kandungan daun salam seperti katekin, parthenolide, fitonutrien, dan linalool dapat membantu mencegah tumbuhnya sel jahat. Rutinlah meminum rebusan daun salam selama dua kali seminggu dan lihat sendiri khasiatnya kalau kamu tidak percaya!

5. Mengobati Diabetes

manfaat daun salam

Selain kanker, penyakit mematikan lainnya yang dapat dicegah dan disembuhkan menggunakan daun salam adalah diabetes. Daun salam kaya akan antioksidan. Senyawa tersebut dapat membantu kamu memproduksi insulin pada tubuh untuk melawan diabetes tingkat satu dan dua serta membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula pada darah. Cukup dengan menambahkan daun salam sebagai bumbu rempah masakan, kita sudah menabung obat anti diabetes di dalam tubuh kita, lho!

6. Melancarkan Pencernaan

Bagi kamu yang sering mengalami gangguan pencernaan, coba, deh, lebih banyak mengkonsumsi daun salam. Daun super satu ini mempunyai efek yang sangat dasyat untuk sistem pencernaan kita seperti merangsang organ vital untuk buang air kecil sebagai diuretik atau merangsang muntah ketika badan kita sedang tercemar oleh racun. Senyawa aktif di dalam daun salam akan menghentikan rasa nyeri pada perut, mengurangi kerja sindrom usus, dan penyakit Celiac.

7. Mengusir Bau Tidak Sedap

Selain menjaga kesehatan organ tubuh, manfaat daun salam juga dapat kita terapkan sebagai pengharum ruangan. Kok, bisa? Ya, senyawa asam cafeic yang terkandung dalam daun salam akan menghasilkan aroma rempah-rempah yang wangi ketika dibakar. Itulah mengapa produk pengharum incense tradisional sudah banyak yang melibatkan daun salam di dalamnya sebagai bahan utama. Harumnya aroma daun salam akan mengusir bau tidak sedap dalam rumah dalam waktu kurang dari 30 menit!

Semoga bermanfaat artikelnya ya,

Cari Artikel Lainnya