Home » Kongkow » Kesehatan » TERKUAK! INI 7 RAHASIA MADU HITAM DI BALIK RASA PAHITNYA

TERKUAK! INI 7 RAHASIA MADU HITAM DI BALIK RASA PAHITNYA

- Senin, 12 Agustus 2019 | 13:38 WIB
TERKUAK! INI 7 RAHASIA MADU HITAM DI BALIK RASA PAHITNYA

manfaat madu hitam

Madu hitam merupakan salah satu varian madu yang unggul sebagai obat tradisional alami yang dipercaya memiliki manfaat hingga berkali lipat lebih baik dibanding madu biasa. Benarkah? Secara tampilan dan rasanya, madu hitam memang cukup berbeda bila dibandingkan dengan madu biasa. Hal itu karena proses pengolahannya pun berbeda. Madu ini diproduksi oleh lebah liar yang suka menghisap berbagai jenis tanaman pahit seperti singkong karet, pelawan, kaliandra, dan juga mahoni. Akibat proses dan sumber bahan baku yang berbeda, madu yang dihasilkan pun berbeda dari jenis madu lainnya. Madu pahit yang sering disebut sebagai propolis di Indonesia ini banyak dijumpai di kawasan hutan di wilayah Kalimantan, Bangka Belitung, hingga Sumbawa. Kandungannya yang sangat baik juga memiliki banyak rahasia bermanfaat dan membuat harga madu hitam jauh lebih mahal dari pada biasanya. Namun, harga madu hitam yang mahal tersebut sebanding dengan khasiat dan kandungan yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa rahasia madu hitam yang bisa didapatkan dari mengonsumsi madu ini secara rutin:

7 Rahasia Madu Hitam yang Mujarab

1. Sebagai Antioksidan

Dibandingkan dengan madu biasa, kandungan antioksidan pada madu pahit ini jauh lebih tinggi dan lebih baik bagi tubuh. Hal ini membuat madu hitam sangat cocok bila dikonsumsi sebagai suplemen untuk menangkal radikal bebas seperti kuman atau bakteri yang menyerang tubuh.

2. Membantu Proses Penyembuhan

Kandungan yang unik dan berbeda pada jenis madu ini di antaranya yaitu antioksidan, saponin, asam fenolat, alkaloid, serta flavonoid.

madu hitam

Zat-zat tersebut terbukti secara medis sangat bermanfaat bagi tubuh dan dapat mempercepat proses penyembuhan dari berbagai penyakit.

3. Meningatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat madu hitam berikutnya yang sangat penting yaitu sebagai tambahan zat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini dapat terjadi karena di dalamnya terdapat suatu zat yang bersifat antiinflamasi dan senyawa fenolat yang terbukti dapat meningkatkan imun tubuh.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darahmu di atas normal? Coba turunkan dengan rajin mengonsumsi madu pahit hitam! Jenis madu ini diketahui mengandung kadar gula yang lebih sedikit dibanding madu biasa. Tak heran bila madu ini terasa pahit. Oleh karena itu, madu ini juga cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

5. Menguatkan Ginjal

Sebagai organ yang sangat penting bagi tubuh, ginjal harus dirawat dengan baik dan diberi asupan nutrisi yang baik pula. Dalam hal ini, cobalah maksimalkan mengonsumsi madu hitam untuk memelihara ginjal agar tetap dapat berfungsi dengan normal dan maksimal.

6. Menyehatkan Kulit Wajah

Madu pahit ini juga sangat berguna untuk merawat dan mengencangkan kulit wajah, lho! Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cukup jadikan madu ini sebagai masker yang digunakan secara rutin setiap hari sebelum tidur.

madu hitam

Manfaat madu hitam untuk menyehatkan kulit wajah baru akan terasa bila hal ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

7. Memperlancar Diet

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, madu propolis memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibanding madu biasa. Oleh karena itu, madu hitam pahit sangat cocok untuk membantu memperlancar program diet. Harga madu hitam pun relatif lebih murah bila dibandingkan dengan jenis obat diet lainnya!

Yuk, nikmati manfaat madu propolis ini dengan memperbanyak konsumsinya! Semoga tulisan ini bermanfaat, 

Cari Artikel Lainnya