Home » Kongkow » Kuliner » Singkatan Makanan dari Aci, Jangan Ngaku Food Hunter Kalo Nggak Tahu!

Singkatan Makanan dari Aci, Jangan Ngaku Food Hunter Kalo Nggak Tahu!

- Sabtu, 14 November 2020 | 16:00 WIB
Singkatan Makanan dari Aci, Jangan Ngaku Food Hunter Kalo Nggak Tahu!

Indonesia memang selama ini kondang memiliki beragam kuliner. Hampir di setiap daerah memiliki kuliner enak. Tak hanya enak saja, kerap kali kuliner Indonesiamemiliki nama unik. Seperti halnya di Bandung, ada banyak makanan dengan rasa yang tak tanggung-tanggung nikmatnya. Contohnya saja makanan dari aci. Berikut akan dilist ragam singkatan makanan dari Aci, jangan ngaku food hunter sebelum tahu ini semua.

Cilok

Panganan pertama yang kondang hampir di berbagai tempat di Indonesia adalah cilok atau aci dicolok. Dinamakan demikian lantaran memang biasanya disajikan dengan cara ditusuk, nggak salah jika disebut dengan aci dicolok. Tidak hanya adonan aci saja, di beberapa daerah Indonesia yang dipadukan dengan daging ayam atau sapi.

Cilung

Kuliner berbahan aci selanjutnya adalah cilung atau yang memiliki singkatan aci digulung dengan memanfaatkan tusuk sate. Jika dilihat sekilas, makanan ini mirip dengan kerak telur karena setelah digulung diberi bubuk serundeng atau abon. Namun rasanya berbeda ya.

Cimin

Masyarakat Sunda memang begitu kreatif sepertinya, ada saja singkatan yang tercipta. Selanjutnya ada yang namanya cimin atau singkatan dari cilok mini. Seperti namanya, ini merupakan cilok dengan bentuk mini atau kecil.

Cilor

Ada yang namanya cilor atau singkatan dari aci telor. Bentunya adalah adonan aci dipotong kotak-kotak lalu diberi telur. Biasanya diolah memanfaatkan cetakan martabak teluk ukuran kecil. Dan biasanya disajikan dengan ragam bumbu, mulai dari jagung, asin, pedas, dan bbq.

Cibay

Jika cilok ataupun cilor terdengar familiar, lalu bagaimana dengan cibay? Ternyata ada makanan terbuat dari aci yang bernama cibay. Ini merupakan singkatan dari aci ngabarabay atau jajanan yang dibungkus dengan kulit lumpia dan diisi dengan ayam.

Cipuk

Selanjutnya adalah cipuk atau yang merupakan singkatan dari aci jeung kerupuk. Kombinasi antara aci dan kerupuk akan memberikan citarasa yang sangat berbeda. Biasanya dijadikan kudapan ataupun juga lauk. Penasaran rasanya, kan?

Cimol

Satu lagi kudapan favorit banyak orang, namanya adalah cimol. Singkatannya adalah aci digemol yang artinya aci dibuat bulat-bulat dan digoreng. Biasanya dipadukan dengan bumbu bubuk, seperti BBQ, jagung, dan lain-lain.

Cireng

Cireng merupakan salah satu camilan yang sudah populer. Ini merupakan singkatan dari aci digoreng. Bentuknya pipih dan tak jarang lonjong tidak beraturan. Biasanya dipadukan dengan bumbu cocolan berupa bumbu kacang ataupun rujak. Rasanya? tentu sama-sama enak.

Apakah ada lagi singkatan makanan dari aci?

Cari Artikel Lainnya