999 +
0
18
0
5 Trik Sederhana Agar Nyala Lilin Tahan Lama, Mati Listrik Seharian Nggak Khawatir Leleh Semua
2 weeks 'ago'

Agar nyala lilin awet

Featured Image

nyala lilin tahan lama via https://coinvestasi.com

Hari Minggu lalu, gangguan SUTET yang terjadi di wilayah Ungaran hingga Pemalang menyebabkan mati listrik di wilayah Jakarta, Banten, dan Bandung, melansir dari laman Tirto. Akibatnya, warga di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya kesulitan melakukan aktivitas mereka. Kalau sudah mati listrik begini, lilin jadi barang yang paling dicari. Meski harganya cukup terjangkau, keberadaan lilin dinilai nggak cukup membantu karena cepat habis dan leleh. Sayang, ya?

Tapi tenang, masalah ini ada solusinya. Supaya nggak banyak menghabiskan lilin saat mati listrik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar nyala lilin lebih awet. Jadi siap menghadapi mati listrik dadakan nih, meski stok lilin tinggal beberapa batang.

1. Sebelum menyalakan lilin, pastikan panjang sumbu sekitar 1 hingga 1,5 cm di atas lilin yang akan dibakar

potong sumbunya via blog.scentedcandleshop.com

Bila sumbu terlalu panjang, potonglah dan singkirkan sisa lilin yang menutupi sumbu. Ini akan mencegah nyala lilin berasap, pembakaran yang nggak merata, dan nyala api yang tiba-tiba membesar.

2. Diamkan lilin dalam freezer selama tiga jam untuk membuatnya tetap awet saat dinyalakan

masukkan ke kulkas via www.glassnow.com

Kalau memang nggak ada freezer, kamu bisa memasukkan lilinmu di pintu kulkas saja kok. Usahakan untuk menyalakan lilin ketika masih dalam keadaan beku supaya lebih awet.

3. Berikutnya, kamu bisa menggosokkan permukaan lilin dengan sabun batang agar lebih awet nyalanya

gosok dengan sabun batang via www.idntimes.com

Sebelum dinyalakan, gosoklah seluruh permukaan lilin dengan sabun batang sampai rata. Diamkan lima menit, baru kemudian dinyalakan. Kamu juga bisa mencoba melapisi atau merendam lilin ke cairan sabun pencuci piring yang kental. Hanya saja, pastikan sumbu nggak ikut terkena cairan sabun, ya!

4. Untuk berjaga-jaga saat mati listrik, mulai sekarang kamu bisa merendam lilin dalam larutan garam untuk mempertahankan nyalanya

rendam air garam via www.youtube.com

Buatlah larutan air garam, boleh dari air hangat atau air dingin. Rendam lilin selama dua minggu ke dalam larutan air garam tersebut untuk membuatnya tetap awet saat menyala. Jangan lupa untuk menjemur atau mengeringkan lilin sebelum digunakan, ya!

5. Usahakan untuk nggak menyalakan lilin bersamaan dan berdekatan dengan lilin lain yang beda tingginya

jangan didekatkan dengan lilin lain yang beda tingginya via coinvestasi.com

Hal ini perlu kamu hindari karena panas yang dipancarkan oleh lilin yang lebih rendah bisa membuat lilin yang tinggi jadi cepat meleleh. Sebaiknya, nyalakan lilin satu saja atau kalau mau menyalakan lebih dari satu usahakan jaraknya agak berjauhan agar panasnya nggak mengenai lilin lainnya.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat nyala lilin tetap tahan lama. Meskipun mungkin lilin-lilin ini bisa bertahan sampai pagi, jangan lupa untuk menjauhkan lilin dari benda-benda yang mudah terbakar untuk menghindari kebakaran saat lilin sudah hampir habis sumbunya, ya. Selamat mencoba!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow