999 +
0
28
0
Tidak Rumit, Yuk Pelajari Cara Menentukan pH Suatu Larutan
2 weeks 'ago'

Kamu harus tahu jika di dunia ini ada banyak sekali larutan asam yang juga sangat berbahaya dicoba dengan indera pengecap. Bahkan beberapa cairan asam ada yang sangat berbahaya seperti asam sulfat (H2SO4) yang menjadi bahan utama aki. Bisa membayangkan dong kalau cairan asam sulfat masuk ke tubuh? Untuk itulah kamu wajib tahu bagaimana cara menentukan pH suatu larutan.

Seperti Inilah Cara Menentukan pH Suatu Larutan Lewat Rumus

Besarnya H+ dalam sebuah larutan adalah tolak ukur untuk menentukan derajat keasamannya alias pH. Sehingga dari fakta ini, diperoleh jika besaran pH sama dengan -log (H+). Agar kamu bisa melakukan perhitungan, kamu wajib tahu terlebih dulu besar konsentrasi H+. Supaya makin paham, seperti inilah contoh perhitungan soalnya:

Ada larutan HCl 0,1 M, kamu wajib tahu cara menentukan pH suatu larutan ini. Sebelum menghitung, wajib diingat bahwa HCl alias asam klorida adalah jenis asam yang sangat kuat sehingga wajib menggunakan persamaan:

Tidak Rumit, Yuk Pelajari Cara Menentukan pH Suatu Larutan

Jika pada larutan HCl memiliki ion H+ berjumlah 1, ini perhitungannya:

Tidak Rumit, Yuk Pelajari Cara Menentukan pH Suatu Larutan lewat rumus

Ada larutan asam kuat lainnya yakni asam sulfat atau H2SO4 0,1 M. Kamu wajib menghitung pH-nya dan karena sama-sama asam kuat, persamaan untuk menghitung konsentrasi H+ sama dengan soal sebelumnya. Sekedar informasi untuk asam sulfat, H+ memiliki jumlah dua. Berikut ini perhitungannya:

Tidak Rumit, Yuk Pelajari Cara Menentukan pH Suatu Larutan menggunakan rumus

Untuk soal ketiga, larutan asam yang wajib dihitung pH-nya adalah asam lemah HCN 0,15 M dengan besaran Ka = 5.10-10. Karena merupakan larutan asam lemah, maka perhitungan persamaan sekaligus rumusnya adalah:

Cara Menentukan pH Suatu Larutan

Maka besaran pH-nya menjadi:

Cara Menentukan pH Suatu Larutan

Bagaimana? Sudah cukup pusing untuk memahami rumus perhitungan pH suatu larutan? Tenang saja, Anda yang tak ingin dirumitkan dengan rumus, ada kok cara menentukan pH suatu larutan dengan lebih mudah.

Cara Menentukan pH Suatu Larutan Dengan Peralatan

Wajib diketahui bahwa tidak semua orang memang memiliki keterampilan dalam menghitung rumus reaksi kimia. Beruntung, saat ini sudah diciptakan berbagai alat yang memudahkan siapapun termasuk kamu dalam mengetahui derajat keasaman sebuah larutan. Berikut ini adalah beberapa alat yang bisa kamu gunakan:

pH Meter

Seperti namanya, pH meter adalah sebuah alat pengukur khusus yang bisa memperlihatkan derajat keasaman larutan. Kamu tinggal memasukkan saja bagian indikator pH meter ke dalam larutan dan dalam sekejap pH bakal diperlihatkan melalui layar yang tertera. Jika larutan itu bersifat asam, pH-nya akan kurang dari 7. Sementara jika larutannya basa, pH-nya di atas 7.

Indikator Kertas

Sama seperti pH meter, indikator kertas adalah alat sederhana yang juga bisa menentukan pH. Ada tiga jenisnya yakni kertas lakmus, indikator kertas universal dan indikator kertas stick. Dari semuanya, yang lazim dipakai anak-anak sekolah menengah adalah kertas lakmus berwarna biru dan merah.

Larutan Indikator

Metode terakhir yang bisa digunakan sebagai cara menentukan pH suatu larutan adalah dengan larutan indikator. Bisa memakai larutan indikator alami yang berupa ekstrak buah, sayuran atau tanaman dan larutan indikator buatan yang berupa cairan kimia.

Ternyata ada cukup banyak bukan cara menentukan pH suatu larutan? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu tinggal memilih ingin menggunakan yang mana sesuai dengan kemampuan. Nanti setelah pH sebuah larutan ditemukan, kamu tentu akan berhati-hati saat ada larutan dengan derajat keasaman super tinggi menyentuh kulit lantaran sangat berbahaya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow