999 +
0
24
0
Cara Membuat Cuka Apel Sendiri dengan Mudah
3 weeks 'ago'

Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakannya sebagai obat herbal. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membuat cuka apel sendiri di rumah. Bagaimana caranya?

membuat cuka apel sendiri

Foto: Pixabay

Siapkan bahan utamanya

Cuka apel menggunakan bahan utama, yakni buah apel. Oleh karena itu, siapkan buah apel yang akan dibuat cuka apel. Pastikan buah dalam keadaan segar agar kualitas cuka yang dihasilkan bagus. Cuci sampai bersih buahnya dan usahakan sudah tidak ada kandungan pestisida di dalamnya.

Setelah bersih, potong apel tipis-tipis tanpa dikupas kulitnya. Ikutkan juga biji apelnya, tidak masalah seberapa banyak apelnya. Sesuaikan saja dengan keinginan dan ketersediaan bahan. Jika ingin cuka cepat jadi, apel yang digunakan bisa juga diblender.

Lakukan perendaman

Apel yang sudah dipotong tadi lalu dikumpulkan pada satu wadah plastik. Usahakan cari wadah yang cukup, jangan yang terlalu kecil. Rendam di air dengan ketinggian air sedikit di atasnya.

Pastikan semua bahan utama tadi terendam di bawah air. Tambahkan juga gula pasir ke dalamnya sebanyak seperempat gelas. Setelah itu, aduk hingga rata seluruh potongan-potongan apel tadi. Atur sampai terendam semua seperti sebelumnya.

Diamkan beberapa saat

Setelah siap, rendaman apel dalam larutan gula tadi didiamkan di wadah tersebut. Diamkan kira-kira selama satu minggu atau lebih. Warna air cuka apel akan muncul, yakni berwarna kecokelatan.

Bila dalam rendaman cuka apel terdapat jamur, jangan panik, itu normal. Buang jamur sampai habis menggunakan sendok atau spatula. Usahakan membuangnya sampai bersih dan tidak tertinggal sisa jamur di sana.

Proses tahap dua

Setelah jamur dalam cuka apel dibersihkan, siapkan stoples dengan penutup. Masukkan semua cairan cuka ke stoples yang sudah disiapkan tadi. Jika Anda masih ragu ada jamur yang masuk, gunakan saringan untuk membuang jamurnya.

Pastikan semua cairan cuka masuk dalam stoples yang sudah disiapkan tadi. Tutup stoples dan diamkan selama 6 minggu. Tujuannya, agar cuka makin matang dalam proses fermentasi tahap dua ini.

Penyimpanan cuka apel

Simpan stoples tadi dalam ruang bersuhu kamar dan teduh. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan juga air hujan. Pastikan untuk menaruhnya di tempat yang aman dari jangkauan semut. Jika memungkinkan, sebaiknya taruh di rak penyimpanan bahan makanan. Tidak perlu disimpan di ruangan pendingin atau lemari es. Sebab, cuka apel tidak akan basi, jadi tidak usah khawatirkan hal seperti itu.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Arifah
80
4
Lencana
Sandrina M.Drone
Upload Kongkow Badges
Kongkow