Home » Kongkow » WOW » Jika Dijadikan Wisata, Ini 5 Destinasi Keren di Planet Mars

Jika Dijadikan Wisata, Ini 5 Destinasi Keren di Planet Mars

- Kamis, 01 Agustus 2019 | 15:43 WIB
Jika Dijadikan Wisata, Ini 5 Destinasi Keren di Planet Mars

Lima destinasi wisata di planet Mars ini memiliki bentuk yang sangat fenomenal.

Awan berbentuk kapas di Mars. (NASA)

Awan berbentuk kapas di Mars. (NASA)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manusia berambisi untuk menempati planet Mars. Baik NASA maupun perusahaan antariksa swasta sudah bersiap-siap dalam merencanakan perjalanan menuju Mars. Bahkan salah satu perusahaan antariksa besutan Elon Musk, SpaceX, sudah menyiapkan desain rumah dan markas manusia ketika mereka tiba di Mars. Musk mengatakan bahwa ia berencana mengirim dua pesawat BFR tak berawak pada tahun 2022. Selanjutnya, pangkalan di Mars akan diobservasi oleh robot yang dibawa oleh pesawat. Dua pesawat BFR tak berawak dan dua BFR berawak akan menyusul di tahun 2024.

Desain rumah di Mars. (AI Space Factory/ Plompmozes)

Desain rumah di Mars. (Twitter_ElonMusk)

Mars memiliki hari-hari dan musim yang sangat mirip dengan Bumi. Periode rotasi dan kemiringan sumbu rotasinya sangat mirip dengan Bumi sehingga ilmuwan sangat percaya diri bahwa manusia di masa depan dapat menempati Mars. Apabila benar-benar menmpati Mars, terdapat beberapa tempat keren yang bisa menjadi destinasi wisata baru umat manusia. Berikut lima destinasi keren untuk tempat wisata di planet Mars dikutip dari Space:

1. Olympus Mons

Ilustrasi Olympus Mons. (NASA/ MOLA Science Team)

Ilustrasi Olympus Mons. (NASA/ MOLA Science Team)

Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrem di Tata Surya. Terletak di wilayak vulkanik Tharsis, ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona, Amerika Serikat. Gunung tersebut memiliki tinggi 25 kilometer, yang membuatnya tiga kali lebih tinggi dari Gunung Everest di Bumi. Rata-rata kemiringannya hanya 5 persen dan ilmuwan yakin bahwa gunung ini bisa didaki oleh menusia. Puncaknya sangat fenomenal yaitu cekungan spektakuler dengan lebar 85 kilometer yang dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava.

2. Kumpulan Gunung Berapi Tharsis

Ilustrasi kumpulan gunung berapi Tharsis. (NASA/ JPL)

Ilustrasi kumpulan gunung berapi Tharsis. (NASA/ JPL)

Setelah mendaki dan kelelahan di Olympus Mons, kamu sepertinya tak perlu beranjak jauh dari wilayah Tharsis. Wilayah tersebut memiliki 12 gunung berapi raksasa di zona seluas 4.000 kilometer. Seperti Olympus Mons, gunung di Tharsis juga memiliki ukuran yang super besar. Terdapat tiga gunung berapi dengan tinggi lebih dari 20 kilometer seperti Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons. Itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan tinggi Everest yang "hanya" sekitar 8,9 kilometer.

3. Valles Marineris

Ilustrasi Valles Marineris dari luar angkasa, terlihat seperti goresan hitam. (NASA)

Ilustrasi Valles Marineris dari luar angkasa, terlihat seperti goresan hitam. (NASA)

Mars tidak hanya memiliki gunung berapi terbesar, Planet Merah tersebut juga memiliki ngarai raksasa. Menurut NASA, Valles Marineris mempunyai panjang sekitar 3.000 kilometer. Itu membuatnya empat kali lebih panjang dari Grand Canyon, yang memiliki panjang sekitar 800 kilometer.


4. Kutub Utara dan Selatan

Ilustrasi salah satu kutub di Mars. (NASA)

Ilustrasi salah satu kutub di Mars. (NASA)

Sama seperti Bumi, Mars juga mempunyai dua daerah es di kedua kutubnya. Selama musim dingin, suhu di dekat kutub utara dan selatan sangat dingin sehingga karbon dioksida mengembun dari atmosfer menjadi es, di permukaannya. Proses terbalik ada di musim panas, ketika karbon dioksida menyublim kembali ke atmosfer. Karbon dioksida benar-benar menghilang di belahan paling utara, meninggalkan lapisan es air.

5. Medusae Fossae

Ilustrasi Medusae Fossae. (NASA)

Ilustrasi Medusae Fossae. (NASA)

Medusae Fossae adalah lokasi paling aneh di Mars. Beberapa orang pemburu alien bahkan berspekulasi bahwa daerah itu bisa menjadi tempat UFO bersembunyi. Tempat tersebut adalah deposit vulkanik sangat besar, ukurannya mencapai seperlima ukuran Amerika Serikat. Terdapat formasi batuan yang indah sebagai akibat dari letusan gunung berapi yang dipercaya terjadi pada 500 juta tahun lalu.

Itulah tadi tempat keren di Mars yang bisa menjadi destinasi wisata masa depan, mana yang ingin kamu kunjungi?

Cari Artikel Lainnya