Home » Kongkow » Kesehatan » Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Itu Banyak Manfaatnya

Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Itu Banyak Manfaatnya

- Kamis, 04 Juni 2020 | 15:00 WIB
Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Itu Banyak Manfaatnya

Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Itu Banyak Manfaatnya

manfaat ngulet antara lain bisa meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh. Saat ngulet, otomatis diafragma terbuka jauh lebih lebar, maka semakin banyak pula oksigen yang masuk ke paru. Manfaat lainnya yaitu mencegah penumpukan ketegangan otot kronis. Ngulet bisa membuat otot berkontraksi, sehingga tubuh seperti di-restart jadi segar kembali.

Ngulet pada pagi hari juga bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada otot dan sendi. Menurut American College of Sports Medicine, peregangan atau ngulet juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak. Saat ngulet, tubuh memproduksi endorfin yang memicu rasa senang muncul kembali. Itulah mengapa, ketika sedang stres dan bosan akan refleks ngulet.

Ketika traveling, banyak tenaga yang kita keluarkan. Waktu tidur pun makin sedikit, sehingga ketika bangun pagi, badan terasa pegal-pegal dan kepala pusing. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mencoba ngulet atau peregangan. Ternyata, banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat ngulet. Apa aja, ya?

  1. MEMPERLANCAR ALIRAN DARAH

Ngulet bisa memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh hingga ke otak, sehingga bisa meningkatkan konsentrasi.

  1. MENAMBAH ENERGI

Ngulet juga bisa menambah energi, sehingga kamu nggak lemas ketika traveling.

  1. MEMBUAT OTOT LEBIH FLEKSIBEL

Ketika kamu tidur dengan posisi terbaring cukup lama, bisa bikin otot menjadi kaku dan tegang. Nah, ngulet bisa bikin otot fleksibel kembali. Kamu pun bisa bangun dengan lebih mudah dan semangat!

  1. MEMBUAT SENDI LEBIH FLEKSIBEL

Sendi bisa tidak fleksibel karena beberapa faktor, yaitu kelebihan berat badan, pola tidur yang buruk, pola makan yang tidak baik, dan lingkungan yang dingin. Dengan ngulet, kamu bisa kembali mengalami keseimbangan tubuh dan tidak mudah cidera.

  1. MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH

Karena otot dan sendi menjadi lebih fleksibel, postur tubuh kamu pun menjadi lebih baik.

  1. MENGHILANGKAN STRES

Otomatis, stres kamu pun bisa hilang berkat ngulet. Kamu pun siap menghadapi traveling yang penuh warna! Ternyata, ngulet bikin kondisi fisik kamu makin sehat dan traveling kamu menyenangkan, kan!

Cari Artikel Lainnya