0
87
0
10 Istilah Bahasa Arab yang Sering Diucapkan Saudara-saudara Muslim, Sudah Tahu Maksudnya?
4 months 'ago'

Sebagai negara yang memiliki penduduk muslim terbanyak di dunia, wajar jika ada beberapa istilah berbahasa Arab yang sering kita dengar atau ucapkan. Istilah bahasa Arab ini biasanya muncul di beberapa aktivitas seperti saat sedang bersilaturahmi, menjenguk orang sakit, maupun saat datang ke pernikahan baik secara langsung maupun lewat pesan singkat.

Memang nggak semua orang mengucapkannya, tapi biar kamu nggak salah tafsir, akan lebih baik jika kamu juga paham artinya. Berikut beberapa istilah bahasa Arab yang sering diucapkan dan didengarkan beserta artinya.

1. Saat tengah menyambut kedatangan seseorang, kamu bisa menggunakan istilah ‘Ahlan wa Sahlan’ yang berarti ‘selamat datang’

Sebenarnya, arti ‘Ahlan wa Sahlan’ lebih dari sekadar selamat datang. Dilihat dari arti harfiahnya, ahlanberasal dari kata ahlun yang berarti ‘keluarga’. Sementara, sahlan berasal dari kata sahlun yang didefinisikan sebagai ‘mudah’. Jadi, Ahlan wa Sahlan bisa berarti: kami menerimamu sebagai bagian dari keluarga kami dengan mudah (tanpa mempersulit urusan-urusanmu).

2. Sering dipakai dalam percakapan sehari-hari, istilah ‘Insya Allah’ memiliki arti ‘jika Allah menghendaki’

Kata ini sering digunakan ketika seseorang diminta melakukan sesuatu atau menghadiri suatu acara, namun masih ragu dan belum tahu jawaban pastinya. Faktanya, istilah ini justru berarti 99,9% yakin lo! Jadi, jangan sembarangan ketika menggunakan kata ini. Pun tagih temanmu yang memberi pernyataan ini padamu.

3. ‘Barakallah Fikum’ yang artinya semoga Allah memberimu berkah sering diucapkan ke orang yang sedang berulang tahun

Ada juga yang mengucapkan ‘Barakallah Fii Umrik’ yang berarti semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu. Selain ulang tahun, ‘Barakallah Fikum’ ini juga bisa diucapkan ketika seseorang sedang mendapati hari bahagia di hidupnya.

4. ‘Samawa’ merupakan singkatan dari ‘Sakinah Mawaddah Warahmah’ yang berarti ‘damai, tenang dan tentram dalam rajut cinta dan kasih sayang nan sejuk dan abadi’

Kata ini biasa diucapkan seseorang ketika datang ke pernikahan saudara atau teman. Biar nggak cuma ngucapin aja, kan lebih afdal kalau tahu artinya juga~

5. Saat menjenguk kerabat yang sakit, kamu bisa mengucapkan kata ‘Syafakillah’ atau ‘Syafakallah’ yang berarti ‘semoga Allah menyembuhkanmu’

Syafakillah digunakan ketika yang sedang sakit tersebut adalah perempuan, sedangkan syafakallah diucapkan kepada laki-laki.

6. Terkadang saudara-saudara Muslim juga mengucapkan kata ‘Syukron’ untuk berterima kasih ke orang lain

Istilah syukron ini bisa digunakan kapan pun ketika kamu ingin memberi ucapan terima kasih kepada orang lain.

7. Bisa juga dengan ‘Jazakallahu Khairan’ atau ‘Jazakumullahu Khairan’ yang berarti ‘semoga Allah membalasmu dengan kebaikan’

Kalimat Jazakallah Khairan digunakan sebagai bentuk rasa terima kasih seorang Muslim terhadap sesama Muslim lainnya yang telah melakukan suatu kebaikan. Jazakallahu Khairan digunakan untuk laki-laki, sedang Jazakillahu Khairan dipakai untuk perempuan.

8. Ketika kamu melakukan kesalahan, jangan ragu untuk mengucapkan ‘Afwan’ yang berarti ‘maaf’

Kata Afwan ini bisa kalian ucapkan baik untuk perempuan maupun laki-laki.

9. Ketika kamu sudah memasrahkan keadaan, kamu bisa mengucapkan ‘Wallahu a’lam’ yang berarti ‘Allah-lah yang Maha Tahu’

Ini biasanya diucapkan oleh seseorang ketika ia tengah berpasrah diri kepada segala putusan Allah.

10. ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minkum’ yang sering diucapkan saat Lebaran memiliki arti ‘semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan’

Supaya kata Minal Aidzin Wal Faizin yang berarti ‘Semoga kamu termasuk orang-orang yang kembali (ke jalan Tuhan) dan termasuk orang yang menang (melawan hawa nafsu) makin afdal, kalian bisa menambahkan kalimat ‘Taqabbalallahu Minna wa Minkum’ ini di kartu ucapan hari raya Idulfitri.

Istilah bahasa Arab yang telah dijabarkan di atas adalah yang sering diucapkan di kehidupan sehari-hari untuk mengungkapkan sesuatu. Nggak harus hafal dan mengucapkannya di tiap kesempatan kok, setidaknya kamu paham maksudnya. Sehingga ketika ada orang yang mengucapkan demikian kepadamu, kamu pun bisa menimpalinya dengan balasan yang sesuai.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow