0
23
0
Banyak Hal Yang Bisa Dilakukan Dari Setetes Minyak Kelapa
4 weeks 'ago'

Indonesia merupakan negara penghasil minyak kelapa terbesar di dunia. Sebagai negara tropis, kelapa memang mudah tumbuh di daerah manapun di Indonesia. Pada tahun 2012, produksi minyak kelapa sudah mencapai 23 ton (lihat wawancara dengan Menteri Pertanian, disini).

Sayang, kita masih kurang memanfaatkan produk yang satu ini di kehidupan sehari-hari. Padahal di luar negeri minyak kelapa sudah dikenal keajaibannya untuk sebagai produk multifungsi yang bisa digunakan dalam setiap kesempatan, lho. Kali ini ada 10 cara untuk memanfaatkan minyak kelapa dirumahmu.  

1. Menjaga kesehatan perutmu

Rahasia perut rata

Mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur, walau hanya 1-2 sendok teh perhari dapat membantu pencernaanmu lebih baik.

2. Ramuan yang sama bisa kamu gunakan untuk mengusir serangga

Pengusir Serangga

Masukkan ke botol semprot, semprotkan ke badanmu untuk menghindari gigitan serangga.

3. Meredakan nyeri karena infeksi telinga

Oles dibelakang telinga

Sebelum melakukan cara ini kamu harus berkonsultasi dulu dengan doktermu untuk mendapatkan penanganan medis. Minyak kelapa yang sudah dicampur dengan minyak esensial tea tree bisa kamu gunakan dibelakang telinga untuk meredakan nyeri.

4. Mencegah mimisanMimisan

Mimisan kerap terjadi karena kondisi lubang hidung yang terlalu kering. Juga bisa disebabkan oleh iritasi didalam rongga hidung. Untuk mencegah mimisan, kamu bisa mencelupkan jari kedalam minyak kelapa kemudian mengoleskannya kedalam rongga hidungmu.

5. Mencegah Puting Payudara Lecet Saat Menyusui

Ibu menyusui

Bagi para ibu muda, minyak kelapa bisa berguna untuk mencegah puting payudara lecet karena tergesek lidah bayi yang kasar. Oleskan minyak kelapa saat mandi sebagai pencegahan.

6. Meningkatkan metabolisme

Meningkatkan metabolisme

Menambahkan minyak kelapa pada makanan dan minuman dapat meningkatkan energi dan mempercepat pembakaran lemak.

7. Mensterilkan kawat gigi dan pelindung mulut

Mensterilkan aksesori mulut

Kamu pasti sudah tahu kan kalau minyak kelapa mengandung kadar anti bakteri yang tinggi? Kamu dapat menggunakannya untuk mensterilkan kawat gigi dan pelindung mulutmu. Rendam aksesori mulutmu dengan minyak kelapa selama semalam, lalu bersihkan keesokan harinya.

8. Membersihkan Kotoran Telinga

Memberihkan telinga

Celupkan cotton bud ke dalam minyak kelapa, kemudian perlahan bersihkan telingamu. Cara ini membantumu lebih mudah mengeluarkan kotoran telinga tanpa khawatir lecet dan iritasi.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan kesehatan tulangMengkonsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan magnesium yang akan menguntungkan bagi kesehatan tulangmu.

10. Menjaga berat badan

Cewek ini teratur mengkonsumsi minyak kelapa

Secara teratur mengkonsumsi minyak kelapa dapat membantumu menjaga berat badan. Kandungan lemak sehat dalam minyak kelapa dapat mengurangi lingkar pinggang dan kegemukan di perut.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow