Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Hal Yang Hanya Diketahui Oleh Pilot Pesawat

5 Hal Yang Hanya Diketahui Oleh Pilot Pesawat

- Sabtu, 27 Juli 2019 | 08:49 WIB
5 Hal Yang Hanya Diketahui Oleh Pilot Pesawat

Pilot merupakan profesi yang sangat menjanjikan, gaji yang di terima besar namun nyawa taruhannya. Menjadi seorang pilot memiliki banyak keuntungan, selain gaji yang besar mereka bisa keliling dunia secara gratis. Ada beberapa hal yang hanya diketahui oleh pilot pesawat tanpa diketahui oleh penumpang pesawatnya.

Kejadian Yang Hanya Diketahui Oleh Pilot

Memiliki profesi sebagai seorang pilot, pramugara maupun pramugari yang sudah profesional telah dilantih seperti agen khusus penyelidikan. Pilot harus memiliki insting dan indera yang sangat peka dengan kondisi pesawatnya, terhadap hal – hal kecil sekalipun para pilot harus sangat peka. Berikut ini hal yang hanya diketahui oleh pilot pesawat ketika terbang di angkasa.

  1. Adanya lapisamnes di pesawat

hal yang hanya di ketahui oleh pilot pesawat

Ketika pesawat lepas landas di udara, bagian permukaan pesawat dilapisi oleh bahan kimia khusus yang berfungsi untuk mencegah terjadinya lapisan es pada permukaan pesawat selama penerbangan. Namun jika cuaca tidak terlalu dingin penutup tersebut tidak digunakan.

Terjadinya selaput es pada bagian permukaan pesawat biasanya ketika akan mendarat, karena kekuatan mesin pesawat turun secara signifikan. Sehingga mesin tidak mampu menghasilkan energi panas yang cukup untuk mencegah terjadinya pembekuan es di permukaan pesawat.

  1. Bau yang mencurigakan tanda bahaya

hal yang hanya di ketahui oleh pilot pesawat

Pilot pesawat sangat peka terhadap hal apapun, termasuk terhadap bau pada seluruh area pesawa. Suara dan bau yang aneh adalah tanda paling jelas jika ada sesuatu yang salah pada pesawatnya.  Bau-bau tersebut sangat mudah terdeteksi oleh pilot karena area kabin memiliki bau yang khas seperti bau bahan bakar dan cairan hidrolik.

  1. Cahaya yang masuk melalui jendela

hal yang hanya di ketahui oleh pilot pesawat

Sudut cahaya dan jendela pesawat merupak salah satu tanda bagi para pilot, yang digunakan untuk mengetahui apakah mereka sudah mengubah arak terbang mereka atau belum. Ketika kondisi cuaca atau masalah teknis lain terjadi ketika sedang terbang  pilot akan merubah arah gerak tanpa diketahui oleh penumpang.

  1. Pesan tertunda

hal yang hanya di ketahui oleh pilot pesawat

Banyak alasan yang tidak diketahui oleh penumpang ketika penerbangan mereka di undur atau di tunda.namun para pilot pasti mengetahui dengan pasti alasan penerbangan yang di tunda. Anda dapat menanyakan hal tersebut kepada pramugari jika anda mengalami kejadian ini ketika bepergian.

  1. Pintu darurat pesawat

hal yang hanya di ketahui oleh pilot pesawat

Pintu darurat memang selalu ada di setiap pesawat, namun jarang sekali penumpang yang memperhatikannya. Sementara bagi para pilot jarak mereka dengan pintu darurat menjadi pertimbangan penting, karena jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan mereka bisa langsung menuju pintu darurat dan keluar.

Berikut tadi adalah 5 hal yang hanya di ketahui oleh pilot pesawat selama penerbangan berlangsung, semoga bermanfaat untuk semua orang yang hobi melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Cari Artikel Lainnya