999 +
0
23
0
Tips Menulis Artikel dalam 20 Menit
4 weeks 'ago'

Apakah bisa saya menulis sebuah artikel dalam 20 menit? Bagaimana sih caranya? Supaya Anda dapat menulis artikel dengan cepat dan mudah tanpa menghabiskan waktu yang lama. Tidak perlu lagi menghabiskan waktu lebih dari 20 menit dalam sehari untuk menulis sebuah artikel. Bahkan bisa kurang dari 20 menit untuk menulis artikel.

Tulisan offline maksudnya tulisan-tulisan yang ditulis pada buku diari atau buku jurnal Anda sehingga banyak tulisan yang nantinya bisa menginspirasi Anda juga. Atau Anda sedang menulis untuk sebuah buku, yang mungkin Anda akan mempublikasikan di berbagai penerbit. Tulisan Online maksudnya Anda ingin menulis untuk blog Anda baik itu untuk tujuan internet marketing seperti bisnis online, promosi, seo, dan lainnya. Atau Anda memang ingin berbagi ilmu yang pernah Anda dapatkan sebelumnya ataupun pengalaman Anda sendiri. Sehingga bisa bermanfaat juga buat orang lain.

Tips menulis cepat ini tetap menampilkan tulisan yang berkualitas. Akan tetapi kalau Anda masih dalam tarap belajar menulis cepat, jangan terlalu menghiraukan tulisan Anda agar berkualitas, untuk mencapai hal itu butuh proses dan waktu. Paling utama adalah Anda tetap berusaha dan selalu bersabar dalam menulis. Tuangkan saja semua ide dan inspirasi dalam sebuah tulisan. Insya Allah Anda pun akan menunjukkan kualitas Anda dalam menulis suatu saat nanti. Berikut ini tujuh tips menulis artikel dalam 20 menit, silahkan Anda baca dan simak dengan seksama:

1. Simpan daftar ide-ide Anda

Kenapa ide harus disimpan? Terkadang anda mendapatkan sebuah ide itu susah dan membutuhkan waktu sehingga membuat satu artikel pun menjadi terhambat. Nah, ketika inspirasi berdatangan pada Anda, segera untuk menuliskan pada buku catatan atau file word. Terkadang bagi kebanyakan blogger dan pembuat konten, menemukan topik untuk ditulis, menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Dengan menyimpan daftar ide memungkinkan Anda bergerak untuk membuat posting baru dengan cepat ketika Anda sudah siap untuk menulis. Jadi, menyimpan daftar ide ini akan membantu Anda dalam menulis artikel-artikel selanjutnya.

2. Biarkan ide-ide Anda menetas

Filosopi ini diambil dari telur yang mau menetas, jika telur-telur yang dierami oleh induknya dengan memakan waktu yang cukup maka telur pun akan menetas. Kita terapkan filosopi ini dengan menulis sebuah artikel. Jika anda mencoba untuk memaksa diri anda datang dengan dukungan informasi untuk ide anda yang cemerlang dengan segera, hal itu akan menghabiskan waktu yang lama. Biarkan topik yang anda dapatkan untuk disimpan selama beberapa hari, dan anda dapat menambahkan ide-ide baru. Dan ketika anda sudah siap untuk menulis, anda akan siap memiliki semua dukungan info yang diperlukan dari info-info yang telah anda simpan sebelumnya.

3. Edit sebelum Anda mulai

Apakah ini memakan waktu lama lagi kalau diedit? Maksudnya, Anda mungkin telah mendapatkan dua kali dari banyak ide yang Anda perlukan pada poin ini, Anda bisa baca kembali ke poin no.2, jadi ini waktunya untuk lebih ketat. Buang beberapa ide pendukung yang tidak sesuai dengan topik utama dari artikel. Ingat, kita sedang membicarakan tentang bagaimana cara menulis artikel dalam 20 menit, bukan sebuah epik. Anda dapat selalu menggunakan ide-ide yang Anda tidak perlukan untuk posting berikutnya.

4. Gunakan poin-poin

Seringkali kita membaca artikel yang menggunakan poin-poin seperti artikel ini. Poin-poin, atau penomoran dengan Angka dapat membuat tulisan sebuah artikel jauh lebih sederhana dalam hal penyusunan karena anda tidak lagi harus mencari tahu perpindahan dari satu ide ke selanjutnya. Sisi manfaat yang besar adalah bahwa pembaca menyukai daftar-daftar; mereka lebih mudah untuk matanya mengikuti. Jadi, ketika anda membuat sebuah artikel, buatlah poin-poin untuk memudahkan juga pembaca artikel Anda.

5. Tetap singkat

Jika anda ingin menyelesaikan artikel tersebut dalam 20 menit, buatlah artikel di bawah 500 kata. Tapi tetap fokus dengan konten yang berkualitas juga. Biarpun tulisan anda hanya berkisar 500 kata tetapi padat akan informasi itu sangat bagus. Buatlah setiap hitungan kata dan anda akan menghemat waktu tanpa kehilangan kualitas artikel Anda.  Jadi, jangan terlalu khawatir dengan jumlah kata tetapi informasinya yang disampaikan tetap singkat, padat, jelas dan tetap berkualitas.

6. Kembali lagi nanti

Jika anda sedang mandek, jangan coba untuk memaksa kata-kata untuk datang. Simpan artikel dan kerjakan untuk hal yang lain sementara waktu.  Jika inspirasi berdatangan, buka dokumen itu lagi. Anda bahkan dapat beralih dari satu posting blog ke yang lain, menghabiskan beberapa menit masing-masing ketika ide-ide datang pada anda. Hal ini akan menghemat banyak waktu.

7. Tidak pernah menyimpan sebuah ide brilian

Kadang kala Anda tergoda dengan ide yang Anda pikir bahwa ide-ide tersebut akan lebih mudah ditulis. Sehingga Anda tidak menyimpan ide brilian tersebut lain waktu. Ide tidak dengan mudah datang pada Anda. Jika Anda tidak pernah menyimpan sebuah ide brilian, Anda akan kehilangan waktu terbaik Anda. Jadi, pergunakanlah waktu dengan sebaik mungkin.

Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Arifah
80
4
Lencana
Sandrina M.Drone
Upload Kongkow Badges
Kongkow