999 +
0
34
0
Mari Mengenal Beragam Jenis Teks Pidato dan Pengertiannya
4 weeks 'ago'

Pidato adalah cara untuk menyampaikan ide/gagasan dalam bentuk kata-kata, dibalut dengan ekspresi wajah, intonasi suara, dan gestur tubuh. Beberapa jenis teks pidato; pidato impromtu, pidato manuskrip, pidato memoriter, pidato ekstempore.

pidato sering dikait-kaitkan dengan momen-momen penting di berbagai acara, perayaan, upacara, dan lain sebagainya. Memiliki kemampuan dasar berpidato sangatlah penting. Kemampuan berbicara di depan umum mau tidak mau akan kamu alami, sekarang ataupun di kemudian hari. Untuk itu, kamu wajib mengetahui apa itu pidato dan paling tidak memahami pidato dan segala teknis serta teorinya.

Pengertian Pidato

Pidato merupakan sebuah cara yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan melalui ungkapan kepada siapapun yang hendak menyaksikan.Nah, pidato sendiri disampaikan dalam bentuk kata-kata, namun yang patut diperhatikan saat berpidato adalah ekspresi wajah, intonasi suara dan gestur yang kamu tunjukkan harus diperhatikan dengan baik. 

Oleh karena itu, orang yang menyaksikan tidak hanya akan mendengarkan suara kamu yang berpidato, tetapi juga melihat secara jelas bagaimana ekspresi wajah dan gerak-gerik yang kita tunjukkan. Seperti pada saat seseorang berpidato di pemakaman. Untuk menunjukkan empati, seseorang yang berpidato harus menunjukkan gestur kesedihan dan empati yang mendalam, agar mereka yang mendengarnya dapat merasakan lebih dalam perasaan keluarga dan kerabat yang tengah berduka.

Jenis-jenis Teks Pidato

Nah, agar kamu dapat lebih mengerti apa saja jenis-jenis pidato, dan beberapa teori tentang pidato lainnya, di bawah ini adalah jenis-jenis teks pidato yang perlu kamu ketahui.

1. Pidato Impromtu

Pidato impromtu merupakan jenis pidato yang dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya. Apabila kamu sedang menghadiri sebuah acara pertemuan, tiba-tiba kamu atau ada orang lain yang tiba-tiba dipanggil untuk menyampaikan pidato, maka pidato yang kamu atau orang lain lakukan disebut impromtu.

Melakukan pidato impromtu memiliki beberapa keuntungan seperti:

  • Impromtu lebih kepada mengungkapkan perasaan pembicara yang sebenarnya, karena pembicara tidak memikirkan lebih dulu pendapat yang disampaikannya. Bisa juga dibilang ini merupakan pidato yang jujur.
  • Gagasan dan pendapat pembawa pidato datang secara spontan, sehingga tampak hidup dan bikin kamu untuk terus berpikir.

2. Pidato Manuskrip

Pidato manuskrip merupakan teks pidato dengan menggunakan naskah, di mana juru pidato membacakan naskah pidato yang telah disiapkan dari awal sampai akhir. Istilahnya, kita menyebutnya ”membacakan pidato” bukan “menyampaikan pidato”.

Meskipun terkesan memiliki risiko yang tinggi dalam menyampaikan pidato manuskrip, namun pidato jenis ini juga memiliki keuntungan seperti berikut: 

  • Kata-kata dalam pidato manuskrip dapat dipilih dengan baik sehingga juru pidato dapat menyampaikan arti yang tepat dan pernyataan yang jelas.
  • Pernyataan dapat dihemat, karena manuskrip dalam bahan pidato dapat disusun kembali.
  • Kefasihan bicara dapat dicapai dan diatur, karena kata-kata sudah disiapkan sebelumnya.
  • Hal-hal yang menyimpang dapat dihindari.

3. Pidato Memoriter

Pidato memoriter merupakan pidato yang ditulis dalam bentuk naskah lalu setelahnya dihafalkan kata demi kata. Pada pidato jenis memoriter seperti ini, yang penting kamu memiliki kemampuan menghafalkan teks pidato dan mengingat kata-kata yang ada di naskah pidato dalamnya dengan baik. Keuntungannya (jika hafal), pidato kamu akan lancar, tetapi kerugiannya kamu akan berpidato secara monoton, sehingga kemungkinan besar kamu tidak mampu menarik perhatian hadirin.

4. Pidato Ekstempore

Nah, kalau pidato ekstempore bisa dibilang adalah jenis pidato yang paling baik dan paling sering digunakan oleh juru pidato yang berpengalaman dan mahir. Untuk menyampaikan pidato jenis ekstempore, juru pidato harus menyiapkan garis-garis besar (outline) dan pokok-pokok bahasan penunjang yang dibutuhkan (supporting points) saja. 

Tetapi, dalam konteks ini, pembicara tidak berusaha mengingat atau menghafalkan kata demi kata. Outline hanya merupakan pedoman untuk mengatur gagasan yang ada dalam pikiran kita. Keuntungan pidato ekstempore ialah komunikasi pendengar dan pembicara lebih baik karena pembicara berbicara langsung kepada pendengar atau khalayaknya, pesan dapat fleksibel untuk diubah sesuai dengan kebutuhan dan penyajiannya lebih spontan. 

Contoh Teks Pidato

Berikut ini adalah salah satu contoh teks pidato tentang kebersihan.

Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang kami hormati,

Serta teman-temanku sekalian yang saya cintai

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini. 
Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminkan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu. 
Lingkungan sekolah seharusnya selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk sehingga kita pun dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa sudah memiliki jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.
Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Anda harusnya bisa belajar taat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.

itulah beberapa jenis pidato yang patut kamu ketahui. Dari beberapa jenis pidato di atas, manakah yang menurut kamu paling nyaman untuk digunakan dalam berpidato di hadapan publik? 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow