Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Merpati Selalu Pulang ke Rumahnya Tanpa Tersasar, Kok Bisa?

Merpati Selalu Pulang ke Rumahnya Tanpa Tersasar, Kok Bisa?

- Selasa, 23 Juli 2019 | 10:21 WIB
Merpati Selalu Pulang ke Rumahnya Tanpa Tersasar, Kok Bisa?

Merpati Selalu Pulang ke Rumahnya Tanpa Tersasar, Kok Bisa?
 

Pernahkah Anda terpikir bagaimana bisa burung merpati yang dilepaskan dari jarak yang jauh bisa kembali lagi ke tempat rumahnya? Ya, merpati selalu pulang ke rumahnya tanpa tersasar atau salah tempat seperti burung-burung pada umumnya.Ini sangat mengagumkan bukan? Sungguh tajam ingatan si burung merpati itu. Namun, apakah sebenarnya hal itu memang benar karena ketajaman ingatan?

Ya, merpati merupakan salah satu jenis burung dengan kemampuan mengingat yang cukup baik. Ia dapat mengingat di mana rumahnya. Bahkan, ketika ia berada di tempat yang sangat jauh sekalipun. Ternyata, bukan hanya ingatannya yang membuatnya mudah mengenali tempat asalnya, merpati juga memiliki kemampuan visual yang hebat. Mereka mampu melihat dan mengenali dengan baik setiap bentang alam yang mereka lewati. Nah, dari situ mereka dapat memprediksikan lokasi relatif mereka terhadap rumah atau tempat asalnya.

Keahlian ini juga dilengkapi dengan kemampuan mereka mengasosiasikan suatu lokasi dengan aroma dan kondisi angin di tempat itu. Kemampuan itu sangat berguna bagi mereka untuk mengingat suatu tempat yang baru pertama kali dilalui.

Selain itu, merpati juga memiliki sistem kompas internal. Hebat! Bagaimana bisa? Merpati memiliki kemampuan untuk mengetahui arah berdasarkan posisi matahari. Akan tetapi, bagaimana jika matahari tidak terlihat, misalnya saat cuaca sedang mendung? Diduga bahwa mereka juga memiliki sistem kompas lainnya yang bisa mendeteksi posisi berdasarkan medan magnet bumi.

Terdapat beberapa titik dalam tubuh merpati yang disinyalir mengandung komponen magnetis sehingga mereka mampu mendeteksi dan menghitung posisi berdasarkan medan magnet bumi. Wah, mirip dengan kompas yang biasa kita gunakan, ya? Jadi, tidak heran kalau merpati bisa selalu pulang ke rumahnya meskipun sedang pergi jauh.

Cari Artikel Lainnya