999 +
0
40
0
Mengenal Pisang, Tanaman dengan Kandungan Buah Bervitamin Tinggi
1 month 'ago'

Mengenal Pisang, Tanaman dengan Kandungan Buah Bervitamin Tinggi

Di Indonesia, tanaman pisang dengan mudah ditemui dimana saja. Hampir di setiap pekarangan atau lahan kosong tumbuh tanaman pisang, dan dari situlah 70% produksi pisang di Indonesia dihasilkan. 

Tanaman Pisang

Sebagai salah satu daerah asal yaitu kawasan Asia Tenggara, tanaman pisang tumbuh sangat baik di Indonesia. Tanaman purba yang telah berevolusi ini, merupakan tanaman buah herbal yang ditengarai telah dibudidayakan sekitar tahun 500-600 SM.

Tanaman pisang dapat dipanen buahnya pada umur antara 12 sampai 15 bulan setelah penanaman. Tanaman pisang akan berbunga pada umur 4-6 bulan. Tannaman pisang hanya berbuah 1 kali sebelum memasuki siklus hidup kepunahan atau mati, dan bereproduksi, tumbuh kembali sebagai anakan dimulai dari mata tunas pada bonggol yang muncul dari akar.

Tanaman pisang optimal ditanam pada tanah datar pada ketinggian di bawah 500 m di atas permukaan laut (dpl) dengan keasaman tanah pada pH 4,5-7,5 suhu harian antara 25C-28C, dan curah hujan 2000-3000 mm/tahun.

Jenis-jenis Tanaman Pisang

Di Indonesia tanaman pisang terbilang mudah dibudidayakan. Cukup ditanam di daerah yang berkecukupan air, tanaman pisang yang dibiarkkan liar dapat tumbuh subur dengan kompos alami dari dedaunan sekitar yang jatuh.

Dari bermacam jenis, tanaman pisang dapat dikelompokkan menjadi empat golongan.

  1. Tanaman pisang yang buahnya dapat dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu.
  2. Tanaman pisang olahan, yaitu buahnya lebih optimal dikonsumsi setelah diolah terlebih dahulu, dikukus, digoreng, dibakar atau dibuat produk-produk lain seperti cake dan roti.
  3. Tanaman pisang berbiji. Jenis pisang ini optimal bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, tapi akan lebih optimal dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu bersama-sama dengan bahan-bahan lainnya.
  4. Tanaman pisang hias. Tanaman pisang yang difungsikan lebih sebagai tanaman hias untuk berbagai keperluan, seperti memperindah taman dan lainnya.

Varietas Unggulan Pisang dengan Kandungan Vitamin Tinggi

Tanaman pisang termasuk family Musaceae. Tanaman pisang terdiri dari berbagai varietas dengan penampilan warna, bentuk, dan ukuran yaang berbeda-beda. Varietas tanaman pisang yang diunggulkan karena buahnya yang memiliki kelezatan rasa dan kandungan banyak vitamin sehingga banyak disukai, diantaranya:

1. Pisang Ambon

Buah pisang kulitnya berwarna kuning segar atau hijau terang dan mempunyai rasa yang manis. Pisang ambon termasuk pisang yang buahnya berukuran panjang dan besar. Pisang ambon memiliki kandugan Vitamin A 146 SI yang bagus untuk kesehatan mata.

2. Pisang Raja

Pisang ini memiliki aroma yang lebih halus dibanding dengan pisang lainnya. Dapat dikonsumsi langsung atau diolah, dibuat kripik, saleh atau kue naga sari pisang ini sama enak atau baiknya. Pisang raja termasuk primadona pisang karena memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C sangat tinggi, bagus untuk kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

3. Pisang Kepok

Terkenal sebagai pisang olahan karena memiliki kandungan pati tinggi. Untuk dikonsumsi langsung pisang kapok tidak terlalu enak, akan lebih lezat jika diolah terlebih dahulu, seperti dibuat pisang goring, pisang bakar atau lainnya. Konsumsi pisang kapok dapat meredakan sakit maag, karena megandung enzim yang menghambat bakteri.

4. Pisang Mas

pisang mas

Pisang Mas. Kebu QFarm

Pisang mungil degan bentuk menarik, disukai oleh anak kecil ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Pisang mas cocok sebagai sajian buah pencuci mulut, hidangan ringan setelah makan, karena pisang mas memiliki rasa manis, lembut dan buahnya tidak besar.

5. Pisang Tanduk

Pisang dengan ukuran buah termasuk besar dan panjang ini cocoknya diolah dulu sebelum dikonsumsi. Dengan rasa yang angak asam, tekstur yang keras namun, creamy, pisang ini cocok dijadikan pisang goring, pisang bakar dengan topping tambahan susu, keju atau sejenisnya ketika dihidangkan.

6. Pisang Cavendish

Karena memiliki kulit tebal, pisang ini tidak mudah rusak walau sudah matang. Kandungan gizi pisang Cavendish cukup lengkap, yaitu riboflavin, mangan, vitamin A, vitamin B6, niacin, serat, vitamin C, protein, besi, kalium, folat dan magnesium.

7. Pisang Uli

Dengan tekstur buah yang keras, untuk konsumsinya, pisang ini banyak diolah terebih dahulu, direbus atau dijadikan pisang goreng. Selain padah buahnya, akar tanaman pisang uli juga berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut.

Pisang sebagai Konsumsi Buah Harian

Umumnya buah pisang bertekstur lembut dan memiliki rasa manis, dan mengandung kalium, kalsium, vitamin B dan vitamin C dengan kadar yang berbeda-beda. Konsumsi buah pisang sangat baik untuk pencernaan. Kandungan kalium pada pisang membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Bagi ibu hamil, konsumsi pisang juga cocok untuk meringankan morning sickness karena memiliki kandungan vitamin B6.

Sebagai sumber pangan yang ketersediaannya melimpah, kaya akan kandungan gizi dan vitamin, pisang sangat cocok untuk konsumsi buah harian, baik dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dahulu.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow