999 +
0
104
0
Melancarkan Kunci yang Macet Sampai Pengharum Ruangan, ini 9+ Kegunaan Lain Sabun Batang
5 months 'ago'

Featured Image

kegunaan sabun batang selain untuk mandi via https://www.scienceabc.com

Di kehidupan sehari-hari, ada dua jenis sabun yang biasa digunakan, yakni sabun cair dan sabun batang. Nah, semenjak kemunculan sabun cair yang dinilai lebih praktis, sabun batang mulai banyak ditinggalkan oleh penggunanya. Padahal, banyak hal yang jadi lebih mudah untuk dilakukan dengan menggunakan sabun batang lo! Selain digunakan untuk mandi, sabun batang juga bisa digunakan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan dalam rumah lo! Penasaran untuk apa saja? Simak ulasan  berikut.

1. Pintu dan jendelamu susah dibuka? Gosokkan saja sabun batang di kusen jendela atau jalur pintumu

untuk pintu dan jendela via id.pinterest.com

Jangan langsung diganti, pintu dan jendela yang macet bisa kamu benahi dengan sabun batang lo. Sabun batang akan membuat sudut pintu dan jendela kembali licin sehingga kedua benda ini jadi mudah dibuka kembali.

2. Nggak perlu ke tukang jahit, ritsleting yang susah ditutup juga bisa dibenahi dengan sabun batang lo!

jadi nggak macet lagi via jadiberita.com

Jangan paksakan ritsleting untuk menutup secara penuh ketika macet, yang ada nanti malah rusak. Oleskan sabun batang dalam kondisi kering ke ritstletingmu, maka ritsleting akan kembali lancar. Iya, fungsinya sama kayak lilin gitu.

3. Saat pengharum ruanganmu habis, kamu bisa menggunakan sabun mandi sebagai pengganti pengharum ruangan sementara

sebagai pewangi via imggram.org

Pilihlah aroma sabun batang sesuai dengan seleramu dan letakkan di bagian-bagian yang membutuhkan aroma segar. Gunakan kain tipis atau kertas khusus untuk membungkus sabun mandi supaya lebih rapi, lalu gantung di posisi yang strategis agar terpapar oleh angin.

4. Bekas lubang paku di dinding rumahmu bisa kamu tutupi menggunakan sabun batang lo!

bekas lubang paku via www.africanlens.com

Tembok yang dipasang paku biasanya akan meninggalkan lubang kecil yang kemudian membuat ruangan jadi jelek. Kamu bisa menggosokkan sabun batang pada lubang hingga tertutup dan nggak kelihatan lagi. Pilih warna sabun yang sesuai dengan tembok rumahmu supaya senada.

5. Jika kunci rumahmu macet, gunakanlah sabun batang untuk membuat kunci kembali lancar

supaya kunci nggak macet lagi via www.youtube.com

Jika minyak dan oli terasa merepotkan karena berupa cairan, kamu bisa memilih sabun batanguntuk bikin kuncimu yang macet kembali lancar. Gosokkan kunci ke sabun batang sampai semua tertutup sabun. Kemudian, masukkan kunci ke dalam lubang, dan kunci pun bisa kembali berputar dengan lancar.

6. Ketika mandi air hangat, kaca kamar mandi pun seringnya tertutup uap, bukan? Hilangkan saja dengan sabun batang!

kaca berembun via www.idntimes.com

Saat cermin masih dalam keadaan kering, gosokkan sabun mandi batang di permukaan cermin. Sabun mandi juga harus dalam keadaan kering. Dijamin cerminnya nggak akan berembun ketika kamu mandi pakai air hangat.

7. Kalau kamu punya kolam renang kecil dari plastik dan bocor, sabun batang bisa digunakan untuk untuk mencari kebocoran bannya lo!

mencari kebocoran via www.youtube.com

Kalau kolam anakmu bocor, coba gosokkan sabun batang di area yang kamu curigai bocor. Nantinya, sabun mandi akan mengeluarkan gelembung di area yang bocor tersebut sehingga kamu bisa membenahi kolam plastik yang bocor deh!

8. Supaya jarum pentulmu nggak hilang, sabun batang bisa kamu digunakan untuk menancapkannya

untuk jarum pentul via www.pinterest.ca

Selain tetap menjaga jarum tidak berceceran dan membahayakan orang lain, tekstur sabun yang licin bisa memudahkanmu mengambil jarum. Jarum pentul juga lebih mudah diaplikasikan.

9. Noda membandel di bajumu bisa kamu hilangkan dengan menggosokkan sabun batang pada bercaknya

bisa menghilangkan nodanya via siraplimau.com

Nggak perlu pusing mencari detergen khusus untuk menghilangkan noda, ternyata sabun batang juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan bercak kotor di bajumu lo! Cukup oleskan sabun batang dan diamkan sementara, maka kotoran di baju akan hilang.

10. Sabun  batang yang kamu oleskan di furniturmu akan membuat hewan peliharaanmu nggak mau mendekati dan mengigitnya

sofa jadi aman via review.bukalapak.com

Jika kamu punya hewan peliharaan seperti anak kucing atau anjing yang suka menggigit perabotan di rumah, kamu bisa gunakan sabun batang untuk melindungi furniturmu, seperti sofa misalnya. Gosokkan sabun batang di kaki furnitur, maka peliharaanmu akan malas mendekatinya.

Nggak disangka, sabun batang ternyata punya kegunaan lain disamping untuk membersihkan tubuh. Tuh, kalau kamu masih punya sabun batang di rumah dan nggak terpakai karena kamu lebih senang menggunakan sabun cair, manfaatkan saja untuk keperluan-keperluan ini, ya!

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow