0
19
0
5 Kebiasaan Minum Air Ini Justru Berdampak Buruk Bagi Kesehatan
1 week 'ago'

Banyak saran kesehatan yang meminta setiap orang untuk minum air lebih banyak. Memang karena komposisi tubuh manusia banyak yang terdiri atas air. Namun tahukah kamu kalau banyak kebiasaan dari minum air ini ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Contohnya minum sambil berdiri justru berbahaya bagi ginjal dan paru-paru lho. Simak lima kebiasaan minum air yang gak baik buat tubuhmu.

1. Minum sambil berdiri

Praktisi kesehatan Nikita Parmar mengungkap bahwa saat minum sambil berdiri nutrisi akan terbuang sia-sia. Air yang mengalir ke tubuh pun akan sangat cepat hingga berisiko terhadap fungsi paru-paru, jantung, ginjal, dan kandung kemih. Tidak hanya itu, tingkat oksigen akan terganggu dan tubuh akan mudah merasa stres dan mengalami ketegangan.

2. Terlalu sering minum air dingin atau air es

Kebiasaan minum air dingin justru membuat tubuh rentan dan mudah terserang flu.
Sebuah penelitian di tahun 2001 menemukan bahwa kebiasaan minum air dingin dapat memicu migrain. Oleh karenanya, muncul banyak anjuran agar mulai membiasakan diri minum air hangat atau air pada suhu normal.

3. Minum secara berlebihan

Tidak hanya kurang minum, terlalu banyak minum juga dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan. Dilansir dari Business Insider pada November 2018, ginjal manusia hanya dapat memproses 800 - 1.000 ml air per jam. Kelebihan konsumsi air akan menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras hingga kadar natrium dalam darah tidak seimbang. Kondisi ini akan disebut sebagai keracunan air. Dalam kasus yang ekstrem, terlalu banyak minum akan menimbulkan kerusakan otak, koma, hingga kematian.

4. Minum air dingin setelah makan

Kebiasaan lain yang sering kita lakukan adalah minum air dingin setelah makan. Hal ini menyebabkan penggumpalan makanan dan menunda proses pencernaan. Energi yang seharusnya digunakan untuk mencerna makanan pada akhirnya akan terkuras untuk menghangatkan cairan dingin tadi. Alhasil proses pencernaan akan berjalan lebih lama dan tubuh kita akan cepat merasa lelah. Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk minum air dengan suhu normal setelah makan.

5. Minum air di sela makan

Minum di sela makan memberi pengaruh buruk terhadap proses pencernaan tubuh kita. Cairan atau minuman tadi justru akan mengencerkan enzim pencernaan dan asam lambung. Akibatnya, asam lambung akan menyebar dalam perut dan proses pencernaan akan terganggu karena makanan menjadi sulit dicerna.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan minum yang memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, mulailah memperhatikan kebiasaan sederhana kita setiap harinya. Ubah jika memang tidak membawa manfaat terutama untuk kesehatan.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow