0
12
0
5 Fakta Unik Overhidrasi, Keadaan Tubuh Terlalu Banyak Cairan
1 week 'ago'

Air merupakan komponen yang penting untuk memenuhi cairan pada tubuh. Itu karena pada dasarnya tubuh manusia terdiri dari 60-70 persen air. Disarankan untuk selalu minum air 6-8 gelas atau setara 2 liter setiap hari. Jika kekurangan cairan, tubuh akan dehidrasi. Akibatnya, tubuh akan lemas karena kekurangan asupan cairan pada tubuh.

Namun, bagaimana kalau tubuh seseorang terlalu banyak cairan? Cairan tubuh yang terlalu berlebihan akan menyebabkan overhidrasi. Seperti dehidrasi, overhidrasi juga tidak baik bagi tubuh.

Lalu seperti apakah bahaya yang akan ditimbulkan dari overhidrasi? Sebelum mengetahui bahaya overhidrasi, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu overhidrasi. Berikut adalah fakta mengenai overhidrasi yang perlu kamu tahu.

1. Overhidrasi umumnya terjadi akibat terlalu banyak minum air

Minum air dengan jumlah banyak dapat menyebabkan overhidrasi pada tubuh. Para pakar kesehatan menyarankan untuk minum air maksimal 8 gelas.

Kalau seseorang minum air dengan jumlah banyak, akan membuat kinerja ginjal menjadi bekerja lebih keras sehingga air tidak dapat tersaring semua. Selain itu, minum air dalam jumlah banyak dapat membuat kadar air dalam pembuluh darah meningkat. 

2. Beberapa kondisi penyakit juga dapat menyebabkan overhidrasi

Overhidrasi tidak hanya disebabkan karena terlalu banyak minum air saja. Beberapa kondisi penyakit juga dapat menyebabkan overhidrasi.

Penyakit seperti gangguan pada ginjal dapat menyebabkan tubuh mengalami overhidrasi akibat kinerja ginjal tidak berfungsi dengan maksimal. Selain itu, orang yang memiliki gangguan pada hati dan jantung dapat menyebabkan tubuh mengalami overhidrasi juga.

3. Gejala yang paling sering dialami penderita overhidrasi adalah mual

Overhidrasi memiliki beberapa gejala yang akan terjadi pada penderitanya. Umumnya, seseorang yang mengalami overhidrasi akan merasa mual karena kondisi perut terasa kembung.

Tidak hanya itu, sakit kepala juga merupakan salah satu gejala seseorang mengalami overhidrasi. Selain itu, seseorang yang mengalami overhidrasi bisa mengalami gangguan mental seperti kebingungan. Jika kondisi sudah parah, overhidrasi bisa menyebabkan seseorang pingsan bahkan hingga mengalami koma.

4. Para atlet merupakan orang yang paling berisiko terkena overhidrasi

Overhidrasi bisa menyerang siapa saja. Namun, atlet merupakan orang yang paling berisiko untuk terkena overhidrasi.

Para atlet dalam latihannya akan selalu menguras tenaga. Karena itu kebanyakan atlet akan mengonsumsi air dengan jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Namun, kondisi ini malah bisa memicu overhidrasi yang berbahaya bagi tubuh.

5. Walaupun berbahaya bagi tubuh, overhidrasi dapat dicegah

Overhidrasi memang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh. Akan tetapi, overhidrasi dapat dicegah. Salah satu cara yang paling utama untuk mencegah overhidrasi adalah dengan minum air dalam jumlah yang tidak berlebihan kecuali memang dibutuhkan.

Selain itu, minuman yang memiliki fungsi diuretik seperti kopi dan teh dapat mencegah overhidrasi. Itu karena kandungan diuretik dapat membuat seseorang sering buang air kecil sehingga cairan dalam tubuh bisa dikurangi.

Itulah fakta yang perlu kamu tahu mengenai overhidrasi. Memang cairan sangat diperlukan untuk tubuh. Namun, jika cairan dalam tubuh berlebihan, akan menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Jika kamu sudah mengalami gejala overhidrasi, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Mulai sekarang, minumlah air dengan jumlah yang cukup agar terhindar dari overhidrasi, ya.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow