0
15
0
5 Penyebab Bangun Malam Ini Bisa Ancam Kesehatan, Sudah Tahu?
1 week 'ago'

Mendapatkan tidur yang berkualitas bagi sebagian orang memang merupakan hal yang sulit, apalagi bila sering terbangun di malam hari yang akhirnya kualitas tidur pun menjadi buruk.

Tidur yang berkualitas memang ada hubungannya dengan kesehatan karena semakin nyenyak maka tubuh pun akan semakin fit dan bugar keesokan harinya. Berikut lima penyebab tidurmu tidak nyenyak dan terbangun di malam hari, bisa mempengaruhi kesehatanmu, lho!

1. Sedang alami gangguan kecemasan

Tidur akan memburuk saat kamu memiliki gangguan kecemasan. Biasanya orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan akan bangun secara tiba-tiba di malam hari dan menyebabkan sulit untuk tidur kembali. Apalagi bila masalah yang dimiliki selalu saja dipikirkan sampai berlarut-larut. Alhasil kualitas tidur pun menjadi buruk dan esok hari pun pastinya tubuh menjadi kurang fit. Gangguan kecemasan ini harus segera diatasi karena kalau tidak pastinya masalah kesehatan pun hadir termasuk kualitas tidurmu menjadi menurun.

2. Sleep apnea

Gangguan ini biasanya menyebabkan si penderita tidak bisa bernapas beberapa detik selama tidur sehingga akhirnya penderita akan bangun dan sulit untuk tidur kembali. Beberapa gejala seseorang memiliki sleep apnea adalah seringnya mendengkur, insomnia, bernapas dengan tergesa-gesa saat tidur dan tidak bisa bernapas beberapa detik ketika tertidur. Gangguan tidur ini berbahaya bila dibiarkan apalagi bila tanpa sadar kamu kesulitan bernapas dan pastinya kualitas tidurmu menjadi buruk. Segera konsul ke dokter ya sebelum makin memburuk!

3. Kurang makan

Perut yang tidak terisi penuh memang kerap akan merasakan lapar kembali dan hal ini pun bisa terjadi saat tidur. Ketika lapar biasanya kamu akan bangun pada malam hari padahal makan saat malam hari itu kurang bagus apalagi bila kamu langsung tertidur kembali tanpa mengizinkan perut untuk mencernanya. Pastikan bila perutmu memang sudah cukup terisi tiga jam sebelum tidur agar kualitas tidurmu tidak terganggu. Apalagi bila kamu merupakan orang yang tidak bisa tidur pulas lagi saat terbangun pada malam hari. Otomatis hal seperti ini harus kamu minimalisir.

4. Banyak minum

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kita memang harus banyak minum sebanyak 2 L per hari. Namun alangkah lebih baiknya konsumsi air putih bukan saat menjelang tidur tetapi saat kamu tengah beraktivitas. Minum menjelang tidur akan menyebabkan kandung kemihmu penuh dan kamu bisa terbangun saat malam hari. Nah jangan sampai kualitas tidurmu menjadi buruk ya karena hal-hal yang sepele!

5. Kondisi kamar tidak mendukung

Pastikan saat hendak tidur setting-lah kondisi kamar senyaman mungkin. Keadaan kamar yang terlalu panas atau dingin bisa merusak kualitas tidur karena kamu pasti terbangun pada malam hari. Apalagi bila kamu merupakan orang yang sulit tidur nyenyak otomatis kondisi kamar yang tidak nyaman bisa mempengaruhi jam tidurmu.

Jangan menganggap tidur itu adalah hal yang sepele, karena saat tidur tubuh sedang memperbaiki diri dan meregenerasi diri agar esoknya kamu kembali bugar dan fit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow