Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 4 Teknologi yang terinspirasi dari alam

4 Teknologi yang terinspirasi dari alam

- Jumat, 12 Juli 2019 | 10:10 WIB
4 Teknologi yang terinspirasi dari alam

Setelah 3,5 miliar tahun evolusi, sejauh ini alam merupakan inovator paling canggih dan kuat. Melalui seleksi alam, alam telah mampu menemukan solusi kreatif untuk mendukung kehidupan di Bumi. Dengan mengamati dan mempelajari bentuk, perilaku, gerakan, kemampuan adaptasi dan lain sebagainnya, manusia mulai mengembangkan teknologi baru dan mengoptimalkan yang sudah ada.

Source: www.gwentwildlife.org

Berikut empat inovasi teknologi yang terinspirasi oleh alam yang dapat menjadi pengubah permainan di sejumlah bidang, termasuk robotika industri, manufaktur, pemeliharaan, pemberian layanan kesehatan, energi bersih, bahan bangunan, bahkan lompatan manusia untuk bintang-bintang.

1. Pesawat terbang

Tanpa ada gambaran makhluk hidup yang bisa terbang, sulit kiranya bagi manusia untuk membayangkan sesuatu bernama terbang. Manusia menirunya dengan membuat sayap seperti burung, namun belum bisa membuat manusia terbang.

Source: www.absolutemagazine.co.uk

Dengan teknologi terus maju, pengembangan teknologi pada pesawat makin canggih… tapi harapan untuk bisa terbang secara mandiri seperti burung masih menjadi angan penting dalam diri kita. Penyempurnaan terus dilakukan, dan wujud burung yang tepat untuk manusia adalah pesawat seperti yang kita kenal saat ini.

2. Lengan robotik

Lengan robot adalah salah satu terobosan terbesar di abad ke-21.  Penemuan ini juga mendorong era otomisasi dalam teknologi industri.

source: www.aranca.com

Sebenarnya awal dari pemodelan berbentuk tangan ini banyak mengalami tantangan diantaranya. Model ini terbuat dari bagian kaku yang membatasi pergerakan. Ukuran lengan yang besar juga membuat pengguna harus dilindungi dengan hati-hati untuk mencegah tabrakan. Kemudian muncul Bionic Handling Assistant yang meniru model belalai gajah tidak hanya menyelesaikan masalah ini tetapi juga membuka berbagai peluang pengembangan. Dengan cakram berbahan plastik dan menggunakan udara terkompresi untuk menekuk dengan cara apa pun seperti belalai gajah dan teknologi FinGripper yang dapat digunakan untuk mengambil benda lunak atau berbentuk aneh serta mengurangi dampak yang merugikan bagi manusia.

3. Kecerdasan buatan

Kecerdasan buatan merupakan kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah

Kecerdasan buatan ini berawal dari keinginan untuk meniru kinerja saraf pada otak manusia dan hewan, yang kemudian diadaptasi menjadi program-program komputer. Dalam perkembangannya pemanfaatan kecerdasan buatan tidak hanya terbatas pada aplikasi dalam bidang komputer, namun juga digunakan dalam bidang ekonomi, sains, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer dan video game. 

4. Pengelolaan limbah

Pengolahan limbah, atau pengolahan air limbah domestik, adalah proses penghilangan kontaminan dari air limbah dan limbah rumah tangga, baik limpasan maupun domestik Hal ini dapat meliputi proses fisika, kimia, dan biologi untuk menghilangkan kontaminan fisik, kimia dan biologis.

Image result for waste

source: www.spectro.com

Pada awalnya teknologi pengelolaan limbah yang ada, berawal dari inspirasi daur ekosistem di alam yang mampu mengelola limbah dan mengembalikan kondisi alam seperti sedia kala.

 

Cari Artikel Lainnya