0
65
0
Aktivitas Harian Yang Nggak Kamu Sadari Bisa Naikin Berat Badanmu Naik Secara Nggak Terkontrol
4 months 'ago'

Banyak orang yang kerap kali komplain tentang berat badan. Berat badan emang sering ada di pikiran karena hal tersebut mempengaruhi penampilan fisik, dan tentunya kepercayaan diri. Padahal, alasan terpenting memiliki berat badan sehat itu bukan untuk penampilan, tapi karena  mengontrol berat badan itu penting banget demi kesehatanmu. Tanpa mengontrol berat badan, kamu bisa terancam obesitas dan kondisi kesehatan lainnya yang membahayakan.

Percaya nggak percaya, keputusan-keputusan yang kamu ambil setiap hari bisa memepengaruhi berat badan kamu, lho. Misalnya, habis makan langsung tidur atau makan terburu-buru. Karena itu, simak lima aktivitas harian berikut ini yang menjadi penyebab berat badan naik dengan cepat supaya terhindar dari penyakit di kemudian hari.

  1. Kurang minum air putih ternyata bisa bikin berat badanmu naik nggak terkontrol lho~

Mana mungkin cuma kurang minum bisa bikin berat badan naik?

Hal tersebut karena ternyata haus diidentifikasi sebagai salah satu tanda kalau tubuhmu kelaparan. Nah rasa kelaparan itu yang bikin kamu pengen makan mulu dan berujung pada kenaikan berat badan yang nggak terkontrol. Makanya, biasakan cukupi kebutuhan air putihmu. Toh air nggak mengandung kalori sama sekali. Jadi mau minum banyak juga nggak masalah~

  1. Makan terburu-buru bisa berikan “sinyal” ke otak kalau belum kenyang

Biar bisa cepat lakukan aktivitas berikutnya, kamu kerap makan terburu-buru. Hal sepele ini malah membuat tubuh nggak diberi kesempatan untuk mengirim “sinyal” ke otak kalau sudah kenyang. Makanya kamu merasa lapar terus dan kepengen makan ini-itu.

Coba deh makannya pelan-pelan aja. Bisa dengan ngunyah lebih banyak, taruh alat makanmu saat lagi ngunyah, minum air, hilangkan distraksi kayak handphone atau TV, atau bahkan gunakan timer.  Biar tubuh pun punya waktu untuk mengirim sinyal ke otak kalau sudah kenyang. Jadi kamunya nggak gampang kelaperan.

  1. Nggak mengatasi stres dengan baik

 

Jangan anggap enteng stres ya. Stres bisa membuat kamu cari pelarian ke makanan untuk menenangkan diri sendiri. Karena stres bisa bikin kamu kepengen makan apa saja untuk menenangkan diri. Misalnya stres karena ujian atau ada lomba, lalu kamu sulit mengantisipasi perasaan cemas itu. Maka, kamu bakal makan apa saja untuk menenangkan diri. Tanpa disadari tiba-tiba berat badan naik deh. Kalau memang lagi stres dan cari makanan, mending hadapi sumber stres itu sendiri dan selesaikan masalah dari akarnya. Hindari dapur atau pantry di mana kamu tahu ada makanan. Atau kalau emang mau makan, pilihlah makanan yang sehat kayak sayur dan buah segar.

  1. Begadang membuatmu jadi lebih lapar dan senang ngemil

Nggak tidur sampai larut malam ini memang berbahaya bagi kesehatan. Nggak cuma bikin kepala pusing kalau sering begadang atau kurang tidur, tapi juga berpotensi membuat berat badanmu naik. Karena tidur larut malam membuatmu jadi pengen cemal-cemil, sedangkan kurang tidur bikin perut mudah terasa lapar, mau nggak mau jadi pengen ngunyah makanan apa saja. Makanya coba atur waktu tidurmu dengan baik ya supaya terhindar dari obesitas di kemudian hari.

  1. Senang berlama-lama di depan laptop, komputer, atau main hp melulu

Kadang ada perasaan risih saat di depan laptop, komputer, atau main hp tanpa ngemil makanan. Walau sekadar permen, snack, cokelat, atau gorengan, pokoknya harus ada yang dikunyah. Apalagi aktivitas harian ini nggak menghabiskan tenaga, maka kalori yang terbuang pun nggak banyak. Pantas deh berat badan cepat banget naik.

Aktivitas harian ini harus kamu kurangi supaya berat badan nggak cepat naik. Untuk kebanyakan orang, jauh lebih gampang untuk naik berat badan daripada turun berat badan. Mendingan jangan membahayakan kesehatan kita dengan lemak ekstra yang susah dibuangnya. Karena kalau dibiarkan terus malah bikin kamu terkena obesitas nantinya. Kalau sudah obesitas, maka berbagai penyakit berpotensi kamu derita. Beberapa di antaranya kanker, penyakit jantung, dan stroke. Yuk, atur lima kebiasaan tadi supaya berat badanmu nggak cepat naik demi kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow