0
57
0
Softskill Yang Nggak Diajarkan Di Sekolah, Tapi Penting Buat Masa Depanmu
4 months 'ago'

Faktanya kita menghabiskan waktu sekitar 5-8 jam sehari di sekolah. Belum lagi kalau ada pelajaran tambahan setelahnya. Haduuh capek hayati, bang~ Tapi kamu tahu nggak sih dari sekian banyak waktu di sekolah, sebenarnya nggak semua materi diajarkan di sana. Nah lho, bingung nggak kamu sama kalimat itu?

Maksudnya tuh gini, ilmu-ilmu yang kamu dapetin di sekolah itu ilmu akademis, nah tapi ada juga skill yang ternyata nggak bisa kamu temui di lingkungan akademis sekolahan padahal softskill itu penting. Kebayang nggak sih tugas guru makin sulit kalau ngajarin softskill di bawah ini, misalnya:

Bikin laporan finansial

Bikin laporan finansial itu ribet, tau!

Eits tenang, bikin laporan finansial itu emang repot, tapi itu kalau kamu hidup di zaman orangtua kita dulu. Sekarang? Lain lagi ceritanya. Cukup sisihkan memori di handphone-mu untuk mengunduh aplikasi macam UangKu, FinansialKu atau Wallet. Nyatet laporan kurangan jadi gampang karena ada bantuan aplikasi-aplikasi macam itu. Nggak susah sih kalo dibayangkan, yang sulit tuh di bagian komitmen untuk mengisinya setiap hari. 

Kenapa kamu butuh banget buat bikin laporan finansial? Ya karena kamu harus tahu berapa pengeluaranmu dan buat apa aja. Bandingkan sama income biar nggak njomplang. Kalau finansialmu terkontrol kan kamu sendiri yang jadi tenang. Semangat!

Belajar bikin perencanaan yang baik dan benar

Secara nggak langsung, bikin planning sejenis sama belajar managerial buat diri sendiri. Kalo dibandingkan dengan mahasiswa atau orang yang udah kerja, kesibukanmu mungkin nggak ada apa-apanya lho. Belajar untuk mendahulukan kepentingan yang mendesak seperti kesehatan, kerjaan,keluarga atau orang-orang yang kamu sayangi, baru terakhir kepentingan yang nggak butuh-butuh amat. 

Tools yang bisa kamu gunain juga banyak; contohnya planner, baik digital atau buku beneran yang macem-macem, bisa weekly, monthly, bahkan daily. Aplikasi to-do list juga banyak banget lho, tinggal search aja di app store! Orang hebat adalah orang yang bisa menyusun kegiatannya dengan baik. Dan kalau kamu bisa belajar menyusun kegiatan mulai dari sekarang, kamu udah berada di jalan yang tepat untuk bisa jadi orang hebat!

Melatih kemampuan mengungkapkan pendapat dengan baik dan terstruktur

Mengungkapkan pendapat dengan jelas dan terstruktu itu ternyata hal yang gampang-gampang susah. Kadang kamu pengen ikut ngomong, tapi nggak jadi karena minder. Ada juga kasus yang ngomongnya A, tapi orang lain nangkepnya Z. Karena itu penting buatmu untuk melatih cara mengungkapkan pendapat dengan baik. Selain biar ide-idemu juga turut didengarkan, penting juga biar apa yang kamu ucap nggak disalahartikan. Nah zaman sekarang platform di media sosial banyak lho. Tiap platform punya target masing-masing. Kamu bisa mengungkapkan pendapatmu lewat gambar, video, foto, tulisan, bahkan cerita. Tinggal pilih, lalu sesuaikan sama kemampuan dan minatmu. Tapi ingat, tetap bijak dalam menggunakan media sosial ya.

Menjalin relasi positif dengan orang lain

Nah, ini dia softskill yang kudu wajib banget dipunyain sama anak muda. Menjalin relasi positif dengan siapapun tanpa memandang status kekayaan, tingkat kegaulan, tingkat ketampanan atau kecantikan. Walaupun teorinya gampang, emang nggak gampang nyatanya. Tapi buat apa merasa superior dibanding yang lain, atau membeda-bedakan orang dengan basis kayak gitu? Nggak ada yang tau nasib seseorang. Kamu nggak tau dari pertemanan mana yang bisa membantumu di kemudian hari. Cobalah perluas lingkungan pertemanan kamu, dan jalin persahabatan dengan orang-orang yang mungkin sebelumnya kamu merasa “nggak nyambung” padahal belum pernah coba. Bisa ikut komunitas/kepanitiaan, mencoba hobi baru, ikut jadi relawan sosial – banyak deh, caranya!

Melatih kepercayaan diri dan jadi diri sendiri

Scrolling instagram, facebook atau twitter sekarang banyak banget influencer yang kelihatannya “wow”. Nah, mungkin itu salah satu alesan kenapa kamu belum bisa percaya diri. Merasa banyak kekurangan, belum bisa membanggakan orangtua, belum terlihat sama kaya influencer di sosmed, ya ‘kan? Padahal, nggak perlu terlihat sama kaya kebanyakan orang. Lepaslah dari scrolling medsos dan membanding-bandingkan dirimu terus, dan coba lakukan sesuatu yang sesuai dengan passionmu. Jadilah dirimu sendiri dan tunjukan keunikanmu pada dunia. Go go go!

Itu tadi beberapa softskill yang nggak diajarkan di sekolah, tapi berguna banget di buat kehidupanmu nantinya. Emang kelihatannya sih sepele dan gampang dipelajarin. Tapi kalo nggak dilatih sejak dini ya sama aja, susah juga. Makanya kamu harus semangat untuk menggali potensi diri ya, Indonesia butuh orang hebat sepertimu.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow