999 +
0
21
0
Mengurangi Penggunaan Tisu? Lakukan 3 Cara Ini!
2 weeks 'ago'

penggunaan tisu

Ilustrasi. Foto: freepik

Tahukah kamu, untuk memproduksi satu bungkus tisu berisi 20 lembar ternyata harus menebang satu pohon? Sungguh disayangkan bila satu pohon harus hilang hanya untuk aktivitas manusia yang tidak terlalu penting seperti mengeringkan tangan atau menyeka keringat. Belum lagi sifat tisu yang anorganik, dimana sukar diurai di dalam tanah dan memakan waktu yang cukup lama untuk mengurainya. Padahal satu pohon mampu menghasilkan oksigen untuk tiga orang.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh WWF Indonesia bekerja sama dengan creative agency Hakuhodo memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia yang hidup di kota besar memiliki kebiasaan menghamburkan tiga lembar tisu hanya untuk mengeringkan tangan. Bisa dibayangkan jika sebanyak 54% dari 255 juta penduduk Indonesia yang tinggal di perkotaan melakukan hal serupa, berapa banyak lagi pohon yang harus dikorbankan untuk ditebang?

Sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kebiasaan pemakaian tisu. Simak beberapa tips pengurangan tisu yang sudah dirangkum berikut ini.

penggunaan tisu

Ilustrasi. Foto: pixabay

1. Membawa Sapu Tangan

Sapu tangan adalah selembar kain berukuran kecil yang biasanya selalu di bawa dalam kantong celana atau di dalam tas. Sapu tangan dapat digunakan berkali-kali untuk mengusap keringat, menutupi hidung ketika sedang bersin dan mengelap benda yang basah. Membawa sapu tangan dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif untuk mengurangi penggunaan tisu.

penggunaan tisu

Ilustrasi. Foto: wikimedia commons.

2. ‘Tepuk Tangan’ Setelah Mencuci Tangan

Tahun lalu WWF Indonesia mengampanyekan gerakan #30clapschallenge yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan tisu dan penyelamatan pohon. Gerakan #30clapschallenge dilakukan dengan cara menepuk-nepuk tangan sebanyak 30 kali ketika selesai mencuci tangan. Cara ini mampu mengurangi pemakaian tisu karena mengurangi air sebanyak 80% dari tangan yang basah, sedangkan sisa air akan kering dengan sendirinya.

penggunaan tisu

Ilustrasi. Foto: wikimedia commons

3. Manfaatkan Hand Dryer 

Penggunaan mesin pengering tangan atau hand dryer dapat mengurangi pemakaian tisu. Hand dryer menggunakan udara panas untuk mengeringkan air yang menempel di tangan. Meski berfungsi untuk mengeringkan tangan, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa hand dryerberpotensi menyebarkan kuman. Apalagi, udara yang hangat dianggap sebagai tempat ideal untuk perkembangbiakan kuman. Disamping itu, memakai hand dryer terlalu lama dapat membuang listrik secara cuma-cuma.

Meski demikian, ada juga sebagian pakar yang menyebutkan bahwa mengeringkan tangan menggunakan hand dryer sebenarnya tidak menjadi masalah bagi kesehatan asalkan dilakukan dengan benar dan memastikan tangan betul-betul kering sehingga tidak perlu lagi menggunakan tisu.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow