Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 11 Jenis tanaman groundcover yang paling mudah tumbuh

11 Jenis tanaman groundcover yang paling mudah tumbuh

- Rabu, 10 Juli 2019 | 10:24 WIB
11 Jenis tanaman groundcover yang paling mudah tumbuh

 

tanaman penutup tanah

Didalam sebuah taman terdapat beberapa komponen dan element, yang salag satunya adalah komponen groundcover, komponen tersebut masuk dalam kategori softscape. Lalu pertanyaannya Seperti apatanaman hias ground cover? yang sebenarnya jenis tanaman groundcover memiliki arti tanaman hias penutup tanah. Secara spesifik jenis tanaman semacam ini lebih di dominasi oleh tanaman hias yang berukuran kecil. Karena poinnya ada pada ukuran tinggi maka ibad garden akan merekomendasikan beberapa referensi mengenai jenis tanaman yang biasa dipergunakan sebagai tanaman hias ground cover: berikut ulasannya:

1. Tanaman lantana

tanaman penutup tanah

Kesederhanaan taman akan membantu menampakan kesan-kesan yang baik, karena taman merupakan sedekah kepada alam yang paling sederhana, ingat rumah butuh ruang terbuka untuk menjaga alam tetap stabil. Tanaman ini adalah salah satu jenis yang paling sering dipergunakan sebagai komponen taman utamanya sebagai tanaman penutup tanah atau ground cover, yang mana penggunaan tanaman lantana untuk tanaman groundcover sangat direkomendasikan dikalangan jasa pertamanan, pasalnya tanaman ini sangat mudah untuk beradaptasi diberbagai lingkungan serta mudah untuk dirawat.

2. Kucai mini

tanaman ground cover

Kucai mini merupakan jenis tumbuhan yang berkerabat dengan alang-alang, yang mana tanamann tersebut hanya bisa tumbuh sampai dengan ketinggian maksimal 15 centi meter, sangat cocok jika dijadikan sebagai tanaman grouncover.” selain itu tanaman bergenre daun ini dapat mempertegas sebuah konsep taman

3. Tanaman Lilyday

tanaman untuk penutup tanah

Sebelum anda membuat taman maka anda wajib menentukan terlebih dahulu area penanamannya, yang mana hal tersebut merupakan langkah yang sangat penting. Fungsinya untuk menentukan kordinat penanaman yang sesuai dengan tema bangunan, agar nantinya tema taman dapat selaras dengan rumah. Sebenarnya ada beberapa jenis tanaman daylily yang telah tumbuh diindonesia, namun ada satu jenis day lily yang paling banyak direkomendasikan oleh pala desainer taman, yakni: lily day hemerocallis stella d oro yang berbentuk seperti rerumputan alang-alang yang dapat menyebar secara perlahan melalui rimpang rizoma. Serta dapat tumbuh baik di iklim tropis Indonesia. Biasanya tanaman bergenre bunga ini akan berbunga serempak pada musim panas.

4. Tanaman hingkip mirten

jenis tanaman groundcover

Tanaman mirten hanya mampu tumbuh sampai dengan ketinggian 50 cm, yang dipasaran ukuran ukuran yang tersedia hanya 7-13 cm. tanaman tersebut juga merupakan jenis tanaman lawas yang masih bertahan sampai sekarang, ini karena tanaman mirten memiliki keunggulan dari warna yang jarang di miliki oleh tanaman lain. sangar cocok jika di gunakan sebagai jenis tanaman ground cover.

5. Tanaman hymenocallis caroliniana

macam tanaman groundcover

Tanaman yang bergenre bunga ini memiliki nama ilmiah hymenocallis caroliniana yang merupakan jenis tanaman bunga yang dapat digunakan untuk tanaman pot ataupun komponen taman dengan tingkat perawatan sangat mudah. Tanaman berbunga cantik ini dapat tumbuh subur di iklim indonesia yang biasanya masa pembungaannya pada musim kemarau yang tentunya sangat cocok dijadikan sebagai tanaman ground cover.

6. Tanaman azalea

bunga penutup tanah

Ada beragam warna dan corak bunga azalea Azalea. seperti bunga azalea warna pink tumpuk non atau tumpuk, ungu, putih dan lain lain. Tanaman bergenre bunga ini merupakan jenis tanaman hias yang bisa tumbuh dengan mudah pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Walaupun tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah anda harus mengetahui. ternyata tanaman azalea dapat berbunga ketika pada saat musim panas.

7. Tanaman walisongo

bunga groundcover

Tanaman berdaun kuning ini banyak digunakan sebagai komponen taman berkategori softscape, bahkan tingkat penggunaannya bisa di atas rata-rata tanaman lain, ini karena tanaman walisongo memiliki keunggulan dari daya tahan bahkan daya tahannya dapat melampaui jenis tanaman lain.

8. Tanaman asoka

bunga groundcover

Sosoknya yang cantik menjadikan tanaman ini layak disebut ratu tanaman ground cover? mengapa tidak ! ini disebabkan pada musim kemarau tanaman soka akan mengeluarkan bunga yang sangat lebat bahkan bisa menutupi semua ranting yang menghuni tanaman tersebut.

9. Tanaman fittonia verschaffeltii

tanaman groundcover

Tanaman fittonia verschaffeltii merupakan varietas tanaman yang hanya dapat tumbuh sampai dengan ketinggian 15cm. Cara tumbuhnya merayap dengan batang ditutupi dengan bulu yang berwarna putih halus. Daun hanya memiliki panjang 5 – 10cm dengan warna hijau gelap dengan jaringan padat. Dengan kata lain tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman groundcover karena spesifikasinya sudah terpenuhi.

10. Tanaman ligustrum

tanaman penutup tanah

Namanya memang belum cukup terkenal di kalangan penghobi, tapi tidak untuk kalangan jasa pembuatan taman, ini karena tanaman yang berdaun kuning tersebut merupakan komponen taman yang sangat di rekomendasikan oleh jasa pertamanan. Alasan utamanya adalah mudahnya tanaman legistrum untuk beradaptasi di tiap tiap lingkungan dan mudah juga untuk diimprovisasi.

11. Tanaman ruellia

bunga penutup tanah

Mempunyai daya tahan terhadap serangan polusi dan suhu udara menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Tanaman ruellia ini. Dengan menggunakannya sebagai ground cover taman anda dapat sering berbunga tanpa mengenal musim, karena tanaman ini dapat berbunga tanpa mengenal musim.

Cari Artikel Lainnya