999 +
0
46
0
7 MANFAAT DAUN MANGGA, MENGURANGI CEMAS HINGGA MENGATASI DIABETES
2 weeks 'ago'

manfaat daun mangga

Selain rasanya yang nikmat dan kaya akan vitamin C, ternyata mangga menyimpan manfaat lain pada daunnya. Manfaat daun mangga ini disebut bisa mengatasi berbagai masalah sehari-hari mulai dari mengobati luka bakar hingga gangguan telinga. Selain masalah tersebut, kandungannya pun ternyata sangat baik untuk mengatasi diabetes awal. Dengan kata lain, daun mangga bisa dijadikan pengobatan herbal yang praktis karena bahannya bisa kamu temukan di halaman belakang rumah. Jika kamu ingin mencari tahu manfaat daun mangga lainnya, langsung saja disimak yukulasannya!

Manfaat Daun Mangga

1. Mengatasi Cemas Berlebih

Mungkin hanya segelintir orang yang tahu jika daun mangga ternyata mampu mengatasi kecemasan berlebih. Berikut adalah hal yang harus kamu lakukan untuk memanfaatkannya:

  1. Ambil segenggam daun mangga.
  2. Cuci hingga bersih dan gunting hingga ukurannya menjadi kecil.
  3. Campurkan daun yang telah digunting dengan air hangat di dalam bak.
  4. Pakai air hangat tersebut untuk berendam.

2. Mengobati Gangguan Telinga

manfaat daun mangga

Masalah yang satu ini memang cukup menjengkelkan karena bisa menghambat kegiatan sehari-hari. Untungnya, kamu bisa mengatasi hal ini dengan obat tetes yang dibuat dari ekstrak daun mangga. Inilah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  1. Hancurkan daun mangga di dalam blender dan saring ampasnya.
  2. Hangatkan ekstrak daun mangga tersebut dengan api yang kecil.
  3. Setelah memastikan suhunya aman untuk kulit, teteskan sedikit pada telinga.

Setelah melakukan hal-hal di atas, dijamin rasa sakit pada telinga akan langsung berkurang.

3. Mengatasi Diabetes

Daun mangga mengandung zat tanin dan antocyanin yang baik untuk mengatasi diabetes awal. Selain itu, daun mangga yang dibuat menjadi teh sangat manjur untuk mengatasi diabetes angiopati dan retinopati. Malah, menurut sebuah penelitian oleh dokter Eropa, teh dari daun mangga diklaim mampu memperlambat perkembangan diabetes.

4. Membantu Masalah Pernapasan

manfaat daun mangga

Jika kamu memiliki penyakit pernapasan seperti flu, bronkitis, dan asma, kamu mungkin harus mencoba pengobatan alternatif dengan daun mangga. Cukup minum rebusan daun mangga yang ditambah dengan madu dan nikmati selagi hangat. Metode ini juga bisa kamu manfaatkan saat suaramu habis atau sedang serak.

5. Menyembuhkan Luka Bakar

Selain masalah pernapasan, daun mangga pun bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka bakar. Inilah hal-hal yang harus kamu lakukan:

  1. Hancurkan daun mangga segar.
  2. Tempelkan daun yang sudah hancur pada area yang terbakar.

Dengan menggunakan metode ini, luka pada area yang terbakar akan cepat menutup dan rasa sakit yang dirasakan akan berangsur-angsur berkurang.

6. Menguatkan Perut

manfaat daun mangga

Ketika sakit perut, hal yang kamu rasakan meliputi sensasi keram, kaku, dan perasaan seperti ditusuk. Jika kamu sering mengalami hal tersebut, sudah saatnya untuk mencegah rasa sakit itu untuk kembali dengan cara memanfaatkan daun mangga. Untuk membuatnya, inilah cara-cara yang harus diikuti:

  1. Rebus daun mangga di dalam air hangat.
  2. Tutup wadah yang berisi air hangat dan daun mangga dan biarkan selama semalaman.
  3. Minum air tersebut di pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong.

7. Mengatasi Masalah Tenggorokan

Jika kamu sedang mengalami masalah tenggorokan atau cegukan, daun mangga adalah solusi praktis yang bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. Cukup bakar daun mangga dan hirup asapnya saja.

Inilah beberapa manfaat daun mangga yang harus kamu ketahui. Semoga tulisan ini bermanfaat

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow