Home » Kongkow » Kesehatan » Ngemil 7 Makanan ini Setelah Jam 8 Malam Nggak Bakal Bikin Melar. Statusnya: Aman

Ngemil 7 Makanan ini Setelah Jam 8 Malam Nggak Bakal Bikin Melar. Statusnya: Aman

- Senin, 08 Juli 2019 | 14:54 WIB
Ngemil 7 Makanan ini Setelah Jam 8 Malam Nggak Bakal Bikin Melar. Statusnya: Aman

Banyak yang berpikir bahwa menjalani diet sama dengan menghindari makan malam. Namun ada kalanya, perut nggak bisa kompromi saat malam tiba. Padahal jika mengonsumsi makanan yang kurang tepat, kemungkinan besar akan berpotensi berat badan naik dan kesulitan tidur.

Sebenarnya, sah-sah saja makan saat malam hari khususnya di atas jam 8 malam bagi para pelaku diet. Karena ternyata, asupan nutrisi di malam hari ternyata dapat membantu metabolisme tubuh lebih baik.

Nah, beberapa makanan ini aman untuk dikonsumsi pada malam hari bagi kamu yang sedang menjalani diet. Asal porsinya pas dan nggak berlebihan, ya!

1. Kacang-kacangan rendah kalori, sahabat diet tanpa menyiksa diri sendiri

Beberapa jenis kacang-kacangan punya kalori yang rendah, serta kaya akan nutrisi dan serat. Makanan ini dapat mengenyangkan perut dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Selain mencegah perut kelaparan di malam hari, kacang juga membantu tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Kamu bisa konsumsi kacang almon, kacang walnut, mete, brazil atau kacang hazelnut.

2. Sebagai pengganti nasi, gandum yang kaya serat dan bernutrisi cocok buat kamu yang lagi diet

oatmeal aja bisa kelihatan enak banget gini

Hal ini sangat baik bagi kamu yang sedang menjalani diet, karena makanan ini dapat meningkatkan kadar triptofan, salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang juga mendorong produksi serotonin. Zat ini membuat kita tidur lelap dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Kalau kamu bosan mengkonsumsi gandum, kamu juga bisa mengkonsumsi nasi merah.

3. Nggak hanya jadi makanan utama, sayuran juga bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan atau camilan

Kandungan air dalam sayuran selain mengenyangkan juga dapat mencegah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri adalah proses terpenting dalam menjalani diet.

4. Popcorn yang berasal dari jagung mengandung karbohidrat kompleks, aman dikonsumsi asal jangan tambahkan mentega dan gula

Pilih popcorn mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Masak dalam panci atau microwavebersama minyak tanpa menambahkan bahan apa pun, seperti karamel ataupun mentega (hewani). Jika suka pedas, kamu bisa menambahkan sedikit bubuk cabai. Popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

5. Buah-buahan berair yang rendah karbohidrat bisa jadi pilihan camilan malammu, baik untuk detoks dan memerangi kolesterol jahat

Buah-buahan berair dibutuhkan pencernaan untuk sebagai sekresi racun yang efektif, sehingga membantu detoks dan penurunan berat badan. Buah-buahan ini contohnya semangka, melon, blewah, apel, dan pepaya.

Mengonsumsi buah-buahan ini dapat menghidrasi tubuhmu dan memberikan energi secara instan. Selain itu juga membantu mengusir kolesterol jahat dan menyediakan energi yang diperlukan sistem kardiovaskular serta saraf agar berjalan secara optimal.

6. Asal diolah dengan tepat dan tanpa gula, agar-agar bisa jadi menu makan malam yang sehatnya jangan ditanya

agar-agar buah

Selain memiliki kandungan kalori yang rendah yaitu hanya 10 kalori saja, makanan camilan ini mudah dibuat. Agar-agar hanya akan menjadi 70-80 kalori saja meski ditambah dengan buah, gula dan susu. Mengonsumsi makanan ini juga menjadikan pencernaanmu lancar karena kandungan serat alaminya.

7. Kalau kamu malas mengunyah, smoothies dan milkshake juga bisa dijadikan minuman sekaligus makanan ringan

milkshake pisang

Smoothies dan milkshake dapat dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan karena teksturnya yang lebih kental dari jus dan minuman lain pada umumnya. Kamu bisa mencobanya dengan memblender pisang matang bersama dengan susu rendah lemak.

Nah, makanan-makanan tadi nggak bakal bikin berat badanmu bertambah asalkan dikonsumsi dengan porsi yang sesuai. Jadi, nggak perlu lagi nahan lapar dan takut gemuk lagi deh 

Cari Artikel Lainnya