0
31
0
7 Cara Efektif untuk Lawan Kantuk Gak Tertahankan di Siang Hari
2 weeks 'ago'

Merasa lesu dan mengantuk di siang hari dapat memperlambat rutinitas kamu. Sebagian besar orang menghadapi masalah ini. Alasan-alasan seperti jam kerja yang tidak biasa, stres, depresi, gangguan tidur, dan nyeri tubuh dapat membuat perasaan mengantuk dan lesu di siang hari.

Kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lain untuk mencegah masalah ini. Tapi, apakah aman sering mengonsumsi minuman berkafein? Tidak, kamu dapat merusak kesehatan. Nah, berikut beberapa cara efektif yang dapat  gunakan untuk melawan kantuk secara alami.

1. Tidur yang cukup secara teratur

Kamu harus mengikuti jadwal tidur rutin atau lebih awal untuk tetap enerjik sepanjang hari. Tidur yang tidak terganggu dan cukup di malam hari dapat membuat kamu merasa segar kembali. Kamu perlu tidur setidaknya 7 hingga 9 jam per hari untuk mencegah kantuk di siang hari. 

2. Melakukan olahraga atau aktivitas fisik

Aktivitas fisik atau olahraga memainkan peran penting dalam menjaga kamu tetap energik sepanjang hari. Kurangnya aktivitas fisik juga merupakan salah satu alasan utama kita dapat mengantuk. Berolahragalah setiap hari selama setengah jam agar tetap bersemangat. Olahraga seperti berjalan, jogging, berenang, berlari, yoga atau aerobik dapat dipilih untuk mendapatkan tidur berkualitas terbaik di malam hari.

Jika berolahraga di malam hari sebelum waktu tidur, aktivitas fisik ini dapat memperlambat tidur. Ini bisa menghasilkan rasa mengantuk pada hari berikutnya.

3. Jangan lewatkan sarapan

Sarapan secara teratur di pagi hari adalah sebuah hal yang penting. Melewatkan sarapan dapat menurunkan tingkat energi. Ini, pada gilirannya, membuat kamu merasa mengantuk selama bekerja.

Tapi, kamu tidak disarankan mengonsumsi makanan berlebih saat sarapan. Kamu disarankan mengonsumsi sarapan seimbang. Sarapan yang baik dapat terdiri dari sereal, kacang-kacangan, protein tanpa lemak dan buah-buahan. Semua makanan ini membantu kamu mendapatkan energi yang cukup dan bekerja sebaik mungkin sepanjang hari tanpa merasa mengantuk.

4. Mengkonsumsi air yang cukup

Dehidrasi dapat membuat kamu merasa lelah. Akibatnya, keletihan akan membuat kamu merasa mengantuk. Karenanya, kamu perlu minum banyak air sepanjang hari. Jika tidak dapat mengkonsumsi jumlah air yang cukup, maka kamu perlu menggantinya dengan minuman sehat lainnya seperti air kelapa, teh herbal, jus seperti jus semangka, jus tomat, jus mentimun dan lain-lain.

5. Menghindari makan siang berlebihan

Sebaikanya kamu perlu menghindari makan siang berlebihan yang akan membuat merasa mengantuk. Demikian juga, kamu perlu menghindari makanan pedas dan berlemak. Selain merusak kesehatan, makanan ini juga berperan aktif dalam membuat mengantuk. Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah dan biji-bijian utuh juga patut dicoba.

6. Berhenti mengkonsumsi alkohol dan merokok

Fakta menyatakan bahwa konsumsi alkohol dan merokok dapat mempengaruhi tubuh dengan serius. Kedua hal itu juga dapat mempengaruhi kualitas tidur di malam hari. Ketika tidak bisa tidur di malam hari, itu secara otomatis  berefek buruk pada siang hari. Itu berarti kamu akan merasa mengantuk di siang hari. Karenanya, cobalah berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol sesegera mungkin.

7. Membuat lingkungan sekitar menarik

Jadikan lingkungan sekitar tempat kerja menarik. Ketika merasa mengantuk, kamu dapat melihat hal-hal menarik yang membuat bersemangat. Misalnya, kamu dapat menyimpan foto orang yang dicintai di meja. Saat melihat foto-foto itu, kamu akan otomatis memikirkannya. Kamu juga dapat memilih untuk menggantung gambar-gambar yang paling indah seperti bunga, pemandangan, dan mobil-mobil yang menarik di sekitar tempat kamu bekerja.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow