0
16
0
5 Masalah Kesehatan Ini Ternyata Sering Dialami Pekerja Kantoran
2 weeks 'ago'

Memiliki pekerjaan adalah hal yang harus disyukuri karena merupakan impian banyak orang. Dengan bekerja, kamu dapat memenuhi kebutuhan hidupmu dan keluarga. Namun, setiap pekerjaan tentunya memiliki resiko tersendiri. Misalnya seperti resiko kesehatan.

Termasuk bagi kamu yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, yang hampir setiap hari duduk dan bekerja di depan layar komputer. Oleh karena itu, kamu sebaiknya lebih giat lagi dalam menjaga kesehatan untuk tetap bisa bekerja serta beraktivitas dengan baik. Sebab, beberapa masalah kesehatan berikut ini mungkin bisa kamu alami. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Nyeri bahu dan pinggang

Rasa nyeri pada bagian bahu dan pinggang terjadi karena posisi duduk yang dilakukan secara terus-menerus. Selain itu, fokus mata yang hanya tertuju pada layar serta letak AC yang sangat dekat bisa membuat badan terasa sakit. Sebaiknya kamu lebih memperhatikan letak AC, jangan langsung berada dalam posisi tepat di belakang tempat kamu bekerja. Lakukan juga relaksasi dengan cara berdiri selama satu jam sekali dari tempat kamu biasa duduk dan bekerja.

2. Stres

Tidak hanya pekerja kantoran, hampir semua orang dengan berbagai profesi pernah mengalami stres. Stres bisa terjadi akibat banyaknya beban pekerjaan dan tugas yang harus dilakukan, sementara kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyelesaikannya. Agar terhindar dari stres, lebih baik untuk kamu tetap santai dan tidak memaksakan diri bekerja lebih dari batas kemampuanmu.

3. Kurang tidur

Masalah kesehatan ini bisa terjadi karena pekerjaan lembur yang harus kamu lakukan. Biasanya saat kamu tidak sanggup menyelesaikan pekerjaan di kantor, maka kamu akan membawanya ke rumah dan mengerjakan tugas tersebut semalaman. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan, karena itu lebih baik bagi kamu untuk meminta bantuan dengan melakukan kerja tim saat tugas sudah terlalu banyak menumpuk.

4. Masalah pencernaan

Masalah pencernaan bisa terjadi pada para pekerja kantor karena mereka terlalu asik dengan pekerjaan sehingga lupa untuk makan. Melewatkan waktu makan, terutama bagi penderita maag bisa sangat beresiko. Lebih baik, pasang alarm di handphone atau komputer kamu untuk mengingatkan waktu makan. Ingat, untuk tidak menunda-nunda saat waktu makan telah tiba ya. Kamu juga bisa membuat bekal dari rumah agar tidak perlu keluar kantor saat jam makan siang tiba.

5. Kurang olahraga

Mungkin banyak diantara para pekerja kantoran yang sulit untuk menurunkan berat badan, dan justru malah semakin bertambah. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik yang sudah berkurang. Bekerja kantoran menuntut kamu tetap duduk dan menatap layar komputer seharian di meja kerja.

Jadi, bagilah waktu khusus agar kamu tetap bisa berolahraga, setidaknya setengah jam sehari. Gerakan olahraga yang baik dan benar, meski hanya sebentar dapat membakar kalori dan berat badan tetap stabil.

Itulah lima masalah kesehatan yang bisa dialami para pekerja kantoran. Semoga kamu bisa menghindarinya dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow